Home / News

Kamis, 30 Juni 2022 - 09:00 WIB

RI Imbau Malaysia Perbaiki Rumah Penahanan Imigrasi, Buntut Meninggalnya 18 WNI

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia mengimbau pihak Imigrasi Malaysia untuk memperbaiki kondisi rumah penahanan imigrasi, terutama soal akses kesehatan dan sanitasinya, menyusul laporan bahwa 18 warga negara Indonesia yang meninggal dunia di fasilitas tersebut.

Dalam pertemuan dengan Pengarah Imigresen Wilayah Sabah dan Jabatan Kesihatan Negeri Sabah (JKNS) Malaysia, Kementerian Luar Negeri RI serta perwakilan RI di Malaysia, juga meminta agar proses pemulangan para WNI yang akan dideportasi dapat segera dilakukan, karena risiko pandemi sudah rendah.

“Di lain pihak, KJRI dan KRI di Sabah juga akan meningkatkan intensitas kunjungan pemantauan, bantuan logistik pakaian, makanan, obat-obatan, alat-alat kesehatan, dan tes PCR dalam proses pemulangan,” demikian isi keterangan tertulis Kemlu RI, Rabu (29/6/2022).

Dari pertemuan dengan Imigresen Malaysia tersebut, diperoleh data WNI yang meninggal dunia di Depot Tahanan Imigresen (DTI) di Sabah.

Baca juga   Bebas dari Ancaman Hukuman Gantung, KJRI Kuching Pulangkan WNI

Pada 2021, warga negara Indonesia yang meninggal sejumlah 18 orang, dan periode Januari hingga Juni 2022 sejumlah tujuh orang.

Data tersebut sama dengan data yang dimiliki perwakilan RI yang berisikan nama dan penyebab kematian berdasarkan hasil pemeriksaan (post-mortem) dari otoritas rumah sakit setempat.

“Penyebab utama tingginya kematian itu adalah karena keterlambatan pemulangan para deportan akibat pembatasan perjalanan selama pandemi,” ujar Kemlu.

Dalam waktu dekat, duta besar RI untuk Malaysia akan mengunjungi Sabah dan bertemu dengan pihak terkait guna segera mematangkan langkah-langkah tersebut.

Sebelumnya, Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB) melaporkan 18 WNI meninggal dunia di Depot Tahanan Imigrasi Tawau, Sabah, Malaysia sejak Januari 2021 hingga Maret 2022.

Baca juga   Jateng Ekspor 60 Ton Kacang Tanah ke Malaysia

Laporan KBMB mengungkapkan bahwa para WNI itu meninggal dunia antara lain karena diduga mengalami penganiayaan. Sejumlah WNI yang akan dideportasi juga diduga menerima bentuk hukuman yang tidak manusiawi serta penyiksaan.

Sementara itu, Koordinator Fungsi Konsuler KJRI Kota Kinabalu, Yusuf Suryanegara, mengatakan pihaknya selalu memantau keadaan WNI di tiga depot tahanan imigresen yang berada di wilayah kerjanya, yaitu di Kota Kinabalu, Papar, dan Sandakan.

KJRI Kota Kinabalu mengupayakan pemulangan WNI segera setelah proses hukum dan masa hukuman selesai, kata Yusuf.

Menurut Yusuf, tercatat sekitar 230 WNI yang berada di tiga depot imigresen yang keadaannya akan terus dipantau KJRI dan akan difasilitasi proses pemulangannya, termasuk terkait pelaksanaan verifikasi dan pemberian dokumen perjalanan.

(EB/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto ilustrasi. Vaksinasi yang masif ini membantu kita tidak sampai bergejala berat saat terinfeksi virus Covid-19. (Foto: Kemenkes)

News

Jadi Syarat Mudik, Angka Vaksinasi Covid-19 Terus Meningkat
Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa. (Foto:Farhan/MC Kota Palembang)

News

Pemkot Palembang Buka Posko Bantuan bagi Korban Erupsi Gunung Semeru
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Balai Kota Yogya Jadi Kawasan Wajib Masker dan Vaksin
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan Baznas Award dan meresmikan Gerai Baznas pada Kamis (24/3/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Dekatkan Layanan Zakat Kepada Masyarakat, Baznas Buka Gerai di MPP
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Hamongan Laol. (Foto: ANTARA)

News

Menkumham: Parpol Tak Aktif Berpotensi Ganggu Demokrasi
Penerbangan lampion pada perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE dari Candi Borobudur Magelang, Senin (17/5/2022). Foto: Ist/beritamagelang

News

Sebanyak 2022 Lampion Diterbangkan Saat Perayaan Waisak 2566 BE/2022
Foto Ilustrasi. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie (kiri), mendampingi seorang anak yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Selasa (1/3/2022). Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, hingga 1 Maret 2022 cakupan vaksinasi anak di Provinsi Gorontalo mencapai 53,15 persen untuk dosis pertama dan 18,46 persen untuk dosis kedua. Total sasaran vaksinasi anak di Gorontalo sebanyak 116.800 orang. (MC Prov.Gorontalo/Salman/Haris)

News

Vaksinasi Covid-19 untuk Kelompok Rentan Tetap Jadi Prioritas
Liga Mahasiswa Muslim Yogyakarta (LMMY) Turun ke Jalan Gelar Aksi Kecam Diskriminasi Apartheid Israel dengan menyebarkan infografis mengenai apartheid kepada pengguna jalan, di perempatan Jalan Jenderal Sudirman, Yogyakarta, kemarin (24/5/2021). FOTO : nyata.com/istimewa

News

Liga Mahasiswa Muslim Yogyakarta (LMMY) Turun ke Jalan Gelar Aksi Kecam Diskriminasi Apartheid Israel