Home / Peristiwa

Jumat, 11 November 2022 - 21:30 WIB

Ribuan Orang Saksikan Kirab Budaya Ruwat Bumi Parakan HUT ke-188 Kabupaten Temanggung

Kirab Budaya Ruwat Bumi Parakan, 1.000 Tumpeng dan Serah Terima Songsong Djojonegoro dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung. Foto: MC Kab.TMG

Kirab Budaya Ruwat Bumi Parakan, 1.000 Tumpeng dan Serah Terima Songsong Djojonegoro dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung. Foto: MC Kab.TMG

NYATANYA.COM, Temanggung – Ribuan orang tumpah ruah ke jalan menyaksikan Kirab Budaya Ruwat Bumi Parakan, 1.000 Tumpeng dan Serah Terima Songsong Djojonegoro dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung.

Kirab dimulai dari depan Masjid Al Barokah Jetis Parakan, didahului dengan penyerahan pataka, Rabu (9/11/2022).

Mengenakan beskap Jawa, Bupati Temanggung HM Al Khadziq bersama Eni Maulani Saragih, Ketua DPRD Yunianto dan Ratna Ardian, berjalan mengelilingi Kota Parakan.

Mereka diiringi bergada prajurit dan kesenian melakukan Kirab Boyong Menoreh dan 1.000 tumpeng menuju gedung eks-Kawedanan Parakan.

Adapun rute yang dilalui adalah jalan samping dan depan Pasar Legi Parakan, Jalan Kosasih, Kemalangan, Masjid An Najah, dan berhenti di gedung eks-Kawedanan Parakan.

Masyarakat pun tampak antusias menyambut kirab ini dengan memadati sepanjang jalan protokol di kota yang dahulu merupakan pusat atau ibu kota Kabupaten Menoreh ini.

Baca juga   Viral Driver Ojek Food Jadi Korban Klitih di Blimbingsari, Ternyata Cuma Apus-apus

Bupati HM Al Khadziq mengatakan, kirab ini merupakan bagian dari peringatan HUT ke-188 Kabupaten Temanggung dan merupakan sebuah rekonstruksi perpindahan ibu kota dari Parakan ke Kota Temanggung, yang dahulu sebelum ada perpindahan bernama Kabupaten Menoreh.

“Boyong Menoreh ini adalah perpindahan ibu kota, perpindahan pusaka-pusaka kabupaten dan para pejabat kabupaten, dari ibu kota lama di Kota Parakan ke ibu kota baru di Kota Temanggung,” katanya sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Parakan, atas dilaksanakan Grebeg Parakan. Yaitu sebuah perayaan berisi aneka pertunjukkan seni dan budaya, dan aneka kegembiraan masyarakat untuk bersukaria merayakan ulang tahun ke-188 Temanggung.

Ia mengatakan, salah satu keunggulan dari Kota Parakan yang menjadi ciri khas adalah semua elemen masyarakat lintas agama, lintas golongan, lintas etnis, bisa bersatu bersama-sama untuk hidup berdampingan dengan sangat baik.

Baca juga   Meski Surut, Wilayah Terdampak Banjir Cirebon Masih Berpeluang Banjir Susulan

“Partisipasi masyarakatnya luar biasa bagus, luar biasa besar, semua segmen masyarakat, semua golongan masyarakat, semua golongan agama, semua golongan etnis, semuanya juga ikut berpartisipasi, berbaur,” katanya.

Ketua DPRD Yunianto menuturkan, Boyong Menoreh merupakan suatu peristiwa bersejarah pada tahun 1834 sampai 2022 ini.

Para leluhur dulu berjuang, khususnya Kanjeng Adipati Djojonegoro sebagai bupati pertama di Temanggung. Maka, generasi saat ini harus meneruskan perjuangannya.

“Kita sebagai masyarakat ini meneruskan perjuangan beliau sampai dengan hari ini, sudah terhitung 188 tahun. Bahwa pusat pemerintahan yang dulu berada di Kota Parakan, karena suatu hal dan ini semua demi kebaikan Kanjeng Adipati Joyonegoro memindahkan ibu kota, termasuk songsong Joyonegoro dipindahkan ke Pendapa Kabupaten Temanggung,” katanya.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Festival Siji-siji Dadi Nyawiji. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Unjuk Potensi Kemantren Mergangsan Lewat Festival Siji-Siji Dadi Nyawiji
Bencana hidrometeorologi yaitu banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat menerjang enam desa di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur pada Jumat (7/10/2022) pukul 04.00 WIB. Foto: BPBD Kabupaten Trenggalek

Peristiwa

Bencana Hidrometeorologi Basah Terjang 6 Desa di Trenggalek, Begini Penjelasan BNPB
Kondisi Gedung Bappelitbang Kota Bandung saat kebakaran pada Senin (7/11/2022) sekitar pukul 10.00 WIB. Foto: Humas Bandung

Peristiwa

Polisi Masih Dalami Penyebab Kebakaran Gedung Bappelitbang Kota Bandung
Petugas mengevakuasi angkot yang ditabrak truk dalam kecelakaan di Balikpapan, Jumat (21/1/2022). (Foto: Antara)

Peristiwa

Kemenhub Mitigasi Kecelakaan Maut di Simpang Rapak Balikpapan
Bupati Kulon Progo Sutedjo mengambil sumpah 357 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), di Aula Adikarta kompleks kantor Bupati Kulon Progo, Rabu (2/2/2022). (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

Peristiwa

357 CPNS Formasi Tahun 2019 Kabupaten Kulon Progo Resmi Diangkat Jadi PNS
Ganjar Pranowo saat melakukan sidak di wilayah Banjarnegara, menyatakan akan segera membangun jembatan penghubung Desa Jebenplampitan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo dengan Desa Larangan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, yang rusak akibat diterjang banjir pada akhir 2021 lalu. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tertunda Bupati di-OTT KPK, Ganjar Segera Bangun Jembatan Jebenplampitan yang Rusak Diterjang Banjir
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Mahasiswa Unpad Tewas Ditusuk Temannya Sendiri, Kurang dari 24 Jam Pelaku Dibekuk Polisi
Pemerintah Kab Sukoharjo saat melakukan pengecekan harga pangan di pasar. (Foto: istimewa

Peristiwa

Dikeluhkan Warga Sukoharjo, Harga Daging dan Telur Masih  Tinggi