Home / Peristiwa

Sabtu, 24 Juli 2021 - 09:45 WIB

Ribuan Paket Sembako untuk PKL Terdampak Corona Disalurkan

Penyerahan paket sembako dari Baznas secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Penyerahan paket sembako dari Baznas secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Pemerintah Kabupaten Sukoharjo merealisasikan bantuan paket sembako untuk pedagang kaki lima (PKL). Bantuan paket sembako berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebanyak 5.010 paket yang didistribusikan melalui kecamatan.

Penyerahan bantuan paket sembako dari Baznas tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani, bersama Wakil Bupati Agus Santosa, dan Ketua Baznas Sardiyono, diserahkan kepada para camat, di lobi kantor bupati, Jumat (23/7/2021).

Bupati Etik menyampaikan, bantuan sembako untuk PKL dari Baznas sebanyak 5.010 paket. Penyalurannya dilakukan melalui kecamatan karena PKL tersebar di 12 kecamatan, uang jumlahnya sekitar 2.600 PKL.

“Nantinya data PKL juga disinkronkan dengan data PKL Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM,” jelasnya.

Ditambahkan, semua PKL di Sukoharjo terdampak pandemi corona bisa menerima bantuan paket sembako dari Baznas tersebut. Selain paket sembako untuk PKL, bupati juga menyerahkan alat pelindung diri (APD), dan alat cuci tangan ke camat. Total ada 200 APD dan 150 unit alat cuci tangan yang diserahkan.

Baca juga   Pengembangan SDM dan Sektor Strategis Jadi Sasaran Pembangunan DIY 2022

“Selain paket sembako dari Baznas ini, nantinya masih ada 2.500 paket sembako yang disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan penyalurannya dilakukan secara berkala. Insyaallah pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan yang luar biasa pada masyarakat, belum lagi bantuan yang dari pusat,” kata bupati.

Menurutnya, saat ini bantuan dari pusat, yakni Bantuan Sosial Tunai (BST) bulan Mei dan Juni juga mulai dicairkan untuk 50.802 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM akan mendapat Rp300 ribu per bulan. Bupati juga mengatakan, Pemkab membuat Gerakan ASN Peduli dimana setiap ASN membantu sembako senilai Rp200 ribu dan akan direalisasikan pada 26-27 Juli ini.

Untuk paket sembako dari ASN Peduli rencananya akan didistribusikan pada warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di luar penerima PKH, BPNT, maupun BST. Ada pula bantuan beras 100 ton dari Bulog yang akan disalurkan pada masyarakat kurang mampu di luar penerima PKH, BPNT, dan BST.

Baca juga   Sempat Langka, Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman

Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa menambahkan, penerima bantuan sosial telah dipilah, baik yang menerima bantuan dari pusat maupun daerah, agar tidak terjadi tumpang tindih. Sehingga, bantuan sosial yang diberikan bisa merata.

Dikatakan, selain BST, bantuan dari pusat yang cair pada Juli ini adalah Program Keluarga Harapan (PKH) bulan Juli, Agustus dan September 2021. Untuk PKH sendiri terdapat 30.290 KPM di mana dari jumlah tersebut sudah direalisasikan pada 8.399 KPM.

“Bantuan dari APBN selanjutnya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang penyalurannya melalui e-waroeng. Jumlah penerima BPNT sebanyak 55.279 KPM, dan akan direalisasikan tanggal 27-29 Juli mendatang,” pungkas Agus. (*)

Share :

Baca Juga

Satgas Covid-19 di beberbagai wilayah di Kabupaten Sukoharjo terus gencar lakukan patroli protokol kesehatan. (Foto: Humas Pemkab Sukobarjo)

Peristiwa

Sukoharjo Terus Gencarkan Patroli Prokes
Pemenang Pati Innovation Award 2021 menerima hadiah dan penghargaan. (Foto: Diskominfo Pati)

Peristiwa

Proficiat! Ini Dia Pemenang Pati Innovation Award 2021
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

11 Warga Bandongan Sembuh Covid-19
Serma Hartono secara simbolis berikan masker kepada Ketua RT. FOTO: nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Wujud Kepedulian Babinsa, Serma Hartono Bagikan Masker
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM memantau pelaksanaan vaksinasi di Hartono Mal Solo Baru yang digelar oleh TNI-Polri. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Pantau Vaksinasi di Hartono Mal, Bupati Ingatkan Prokes 5M
Sapi bantuan Gubernur DIY untuk Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Salurkan Hewan Kurban Bantuan Gubernur
Ganjar Pranowo melihat progres pembangunan SMAN Tawangmangu. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Progres Pembangunan Sudah 15 Persen, Ganjar Berharap SMAN Tawangmangu Jadi Center of Excellence
Pameran bersama para pelaku IKM lurik, ecoprint, sibori dan jumputan di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pulihkan Ekonomi, Pemkot Yogya Fasilitasi Pameran Bersama Produk IKM