Home / News

Jumat, 5 Agustus 2022 - 17:43 WIB

Ribuan Pelajar Temanggung Gelar Aksi Massal Cuci Bendera Merah Putih

ribuan pelajar di Kabupaten Temanggung menggelar aksi mencuci bendera merah putih secara massal, di Taman Kota Parakan, Temanggung, Kamis (4/8/2022).

ribuan pelajar di Kabupaten Temanggung menggelar aksi mencuci bendera merah putih secara massal, di Taman Kota Parakan, Temanggung, Kamis (4/8/2022).

NYATANYA.COM, Temanggung – Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, ribuan pelajar di Kabupaten Temanggung menggelar aksi mencuci bendera merah putih secara massal, di Taman Kota Parakan, Temanggung, Kamis (4/8/2022).

“Kenikmatan untuk merayakan kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, maka hari ini kita tandai untuk bersemangat bersama-sama mencuci Bendera Merah Putih, bendera yang sangat kita banggakan. Bendera yang diraih oleh pahlawan, dengan segala perjuangan, mengorbankan harta, jiwa, dan raga,” kata Kepala Dindikpora Kabupaten Temanggung, Agus Sujarwo.

Baca juga   Tingkatkan Keterampilan, Dharma Wanita Persatuan Temanggung Ikuti Pelatihan Shibori

Menurut Agus, kegiatan ini diikuti 3.432 siswa SD, SMP, MTs, MA, SMA, dan SMK Bhumi Phala Parakan.

Air yang digunakan untuk mencuci bendera merah putih diambil dari tujuh sumber mata air, yaitu dari Sendang Situk, Tuk Budaya, Liyangan, Tuk Pringapus, Sendang Sidukun, Umbul Jumprit, dan Tuk Mulya.

Prosesi pencucian bendera merah putih juga dihadiri perwakilan Forkompimda, Forkopimcam Parakan, lurah dan kepala desa se-Kecamatan Parakan, kepala sekolah, guru dan siswa, serta tamu undangan.
Dimeriahkan pula pagelaran seni dari siswa-siswi sekolah yang berpartisipasi di kegiatan ini.

Baca juga   Wujudkan Temanggung Bebas Sampah, Pemkab Luncurkan "Masjchun Sofwan Awards"

Anggota DPRD Kabupaten Temanggung, Riyadi Kaunaen mengatakan, pihaknya sangat mendukung serta mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Tahun 2045 adalah tahun generasi emas, kegiatan ini merupakan satu tonggaknya, dan harus dimulai dari sekarang. Generasi kita harus tahu sejarah dan wajib mengenang jasa pahlawan bangsa Indonesia, terutama sejarah adanya Bendera Merah Putih. Harapannya akan tumbuh spirit, optimisme, nasionalisme yang tinggi di hati dan jiwa anak-anak kita,” tandasnya.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih bersama Kepala OJK DIY, Parjiman melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kalurahan Muntuk, Kapanewon Dlingo. (Foto: Humas Bantul)

News

OJK DIY Gelar Vaksinasi untuk 4.000 Warga Bantul
Sebanyak 404 KK terdampak banjir di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin (6/12/2021), pukul 07.00 waktu setempat. (Foto:BPBD)

News

Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir di Lombok Barat, 404 KK Terdampak
Sejumlah pekerja sedang mempersiapkan perlengkapan dan panggung di taman Kenari Candi Borobudur, yang akan digunakan sebagai kegiatan Detik-detik Waisak 2556 BE/2022. (Foto: ist/beritamagelang)

News

Detik-Detik Upacara Waisak, Candi Borobudur Tetap Buka untuk Wisatawan
Pemkab Sleman selenggarakan baksos di Kantor Kalurahan Sumbersari, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman pada Minggu (24/4/2022). Foto: Humas Sleman

News

Peringati Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman, Pemkab Selenggarakan Baksos
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengumumkan penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) DIY 2022. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

UMP DIY 2022 Naik 4,30%, Pengusaha Dilarang Lakukan Penangguhan Pembayaran
Rakor pembahasan penyusunan konsep penanganan terpadu hulu Sungai Progo, yang diselenggarakan Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air Balai Besar Sungai Wilayah (SDA BBSW) Serayu Opak. (Foto: MC Temanggung)

News

Dukung Penataan Hulu Sungai Progo, Temanggung Siap Fasilitasi Lahan
Para pelanggar yang terjaring pengawasan protokol kesehatan langsung mendapat peringatan dari petugas Satpol PP Kota Yogyakarta. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Ratusan Pelanggar Prokes Dirazia Satpol PP
Ribuan pelajar di Kabupaten Magelang disasar vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

9.000 Pelajar dan Santri Magelang Jadi Sasaran Vaksinasi BIN