Home / News

Senin, 25 Maret 2024 - 20:42 WIB

Ribuan Rumah Rusak, BPBD dan Para Pihak Lakukan Penanganan Darurat Gempa di Jatim

Tim Gabungan memonitoring dan lakukan assesment di lokasi terdampak gempa Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Sabtu 23 Maret 2024. (Foto: Dok BPBD Prov Jatim)

Tim Gabungan memonitoring dan lakukan assesment di lokasi terdampak gempa Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Sabtu 23 Maret 2024. (Foto: Dok BPBD Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Surabaya – Gempa dengan magnitudo (M) 6,5 yang mengguncang Tuban pada Jumat (22/3/2024) berdampak pada kerusakan bangunan.

Kerusakan menyasar rumah warga dan gedung fasiltias publik di beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Ribuan tempat tinggal masyarakat mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim merilis per hari Senin (25/3), pukul 06.00 WIB, total rumah rusak berjumlah 4.679 unit. Rincian berdasarkan Tingkat kerusakan sebagai berikut rumah rusak berat (RB) 774 unit, rusak sedang (RS) 1.332 dan rusak ringan (RR) 2.573.

“Dari total jumlah tersebut, kerusakan terbesar berada di Kabupaten Gresik, Provinsi Jatim,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keterangan dikutip Senin (25/3/2024).

Kerusakan rumah warga di kabupaten Gresik diantaranya, rumah RB 772 unit, RS 1.330 dan RR 2.554.

Sedangkan kerusakan lain terjadi di Kabupaten Tuban, Lamongan, Sidorajo, Pamekasan dan Kota Surabaya.

Selain bangunan tempat tinggal, bencana geologi ini juga mengakibatkan kerusakan pada bangunan fasilitas publik, seperti tempat ibadah, sekolah, kantor dan rumah sakit.

Baca juga   Harga Minyak Goreng Masih Tinggi Meski Distributor Jual Murah, Ganjar: Problemnya di Tengkulak

Total kerusakan pada bangunan fasilitas publik yaitu tempat ibadah 183 unit, sekolah 91, kantor 24 dan rumah sakit 5.

Kerusakan terbesar untuk fasilitas publik tersebut berada di Kabupaten Gresik, dengan rincian sebagai berikut tempat ibadah 181 unit, sekolah 88, kantor 19 dan rumah sakit 1.

Petugas BPBD masih melakukan asesmen tingkat kerusakan pada fasilitas tersebut.

Data BPBD Provinsi Jatim per Senin (25/3/2024), pukul 06.00 WIB, total warga mengungsi berjumlah 33.535 jiwa. Untuk orang dewasa 18.531 jiwa, anak-anak 10.109 dan lansia 4.895.

Dari total jumlah pengungsian, sebaran warga mengungsi di Kabupaten Gresik berada di Kecamatan tambak, dengan rincian dewasa 9.131 jiwa, anak-anak 7.060 dan lansia 2.454.

Sedangkan di Kecamatan Sangkapura dewasa 9.400 jiwa, anak-anak 3.049 jiwa dan lansia 2.451.

“BPBD kabupaten, kota dan Provinsi Jatim yang didukung berbagai pihak melakukan upaya penanganan darurat sejak dini,” ujar Muhari.

Para pemangku kepentingan yang membantu pemerintah daerah antara lain dari BNPB, Basarnas, BMKG, TNI, Polri, organisasi perangkat daerah di lingkungan kabupaten dan provinsi.

Baca juga   Presiden: IKN Berkonsep Indonesia Sentris untuk Pemerataan Pembangunan

Sementara itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi Jatim dan Kabupaten Gresik telah mendirikan tenda keluarga, di antaranya Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura.

Di samping itu, personel TRC juga melakukan asesmen dampak dan kebutuhan di lokasi terdampak.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim menyampaikan asesmen bertujuan untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan penanganan darurat.

Gempa bumi mengguncang wilayah Jatim pada Jumat (22/3/2024), pukul 11.22 WIB.

Pusat gempa berada di laut 132 km timur laut Tuban dengan kedalaman 10 km. BMKG merilis skala MMI gempa tersebut di wilayah Tuban IV – V MMI, III – IV Bawean, II – III MMI Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, dan beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah.

Guncangan juga dirasakan wilayah Yogyakarta dan Kalimantan Selatan.

Selanjutnya gempa dengan kekuatan M6,5 menyusul pada pukul 15.52 WIB. Pusat gempa berada di laut 130 km timur laut Tuban dengan kedalaman 10 km.

Menurut pantauan BPBD Provinsi Jatim, gempa susulan atau aftershock terekam sebanyak 256 kali hingga Senin (25/3/2024), pukul 06.00 WIB. (N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo mengecek sejumlah jalur mudik di Jawa Tengah untuk melihat persiapan menyambut pemudik pada Lebaran tahun ini. (Foto: Humas Jateng)

News

Begini Persiapan Jalur Mudik Jateng di Kalikangkung dan Alas Roban yang Dicek Ganjar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

News

Kapolri Instruksikan Jajarannya Kawal Unjuk Rasa dengan Humanis
RSUD Budi Rahayu jadi rumah sakit rujukan menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

News

Gantikan RS Darurat, RSUD Budi Rahayu Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19
Foto Ilustrasi: Warga Negara Asing (WNA) berjalan melintasi papan jadwal informasi penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (29/11/2021). Pemerintah memberlakukan larangan WNA dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong untuk masuk ke wilayah Indonesia guna mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron dan mewajibkan karantina selama 14 hari bagi penumpang yang berkunjung dari negara tersebut, sedangkan penumpang dari selain negara tersebut wajib karantina selama tujuh hari. (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)

News

Waspadai Lur, Hoaks Covid-19 Varian Baru Omicron
Membantu petani di saat harga anjlog, ASN di Kabupaten Magelang gelar aksi borong cabai dan sayur petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

ASN Magelang Ramai-ramai Borong Cabai dan Sayur, Ada Apa?
Foto: InfoPublik.id

News

Pengguna KRL Meningkat, KAI Commuter Tambah Operasional Perjalanan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc

News

Foto: Mudik Gratis Khusus Sepeda Motor
Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Mendagri Ingatkan APDESI Tidak Terlibat Politik Praktis