Home / Peristiwa

Minggu, 8 Januari 2023 - 20:49 WIB

Ribuan Siswa Katolik Tingkat SD se-Kabupaten Sleman Ikuti Bina Iman di Seminari Tinggi Santo Paulus

Misa Raya dalam rangka Perayaan Natal tahun 2022 yang diprakarsai Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Katolik (KKG PAKat) Sekolah Dasar/SD Kabupaten Sleman. Foto: Ist

Misa Raya dalam rangka Perayaan Natal tahun 2022 yang diprakarsai Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Katolik (KKG PAKat) Sekolah Dasar/SD Kabupaten Sleman. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Sleman – Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko didampingi Pastor Adrianus Maradiyo, Pr (Vikep Kevikepan Jogja Timur) dan Pastor Paulus Erwin Sasmita, Pr (Staf Seminari Tinggi Santo Paulus) memimpin Misa Raya bagi siswa Katolik dari berbagai Sekolah Dasar Negeri dan Yayasan di Kabupaten Sleman.

Ribuan siswa hadir dalam Misa Raya dalam rangka Perayaan Natal tahun 2022 yang diprakarsai Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Katolik (KKG PAKat) Sekolah Dasar/SD Kabupaten Sleman.

Misa Raya dengan tema ”Berjalan dan Bertumbuh Dalam Kasih Kristus” dilaksanakan di kompleks Seminari Tinggi Santo Paulus, Jalan Kaliurang Kentungan Sleman, Sabtu (7/1/2023).

“Dalam kerangka pembinaan iman, siswa perlu diberi kesempatan untuk dapat saling berkomunikasi, mengalami kebersamaan antar teman sebaya, dan mengenal Uskup Keuskupan Agung Semarang,” jelas Albertus Sudarto, selaku Ketua Panitia.

Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko memimpin Misa Raya bagi siswa Katolik di Kabupaten Sleman. Foto: Ist

Mgr. Robertus Rubiyatmoko berdialog dengan para siswa. Uskup Keuskupan Agung Semarang mengungkapkan, “Luar biasa yang hadir di Kapel Seminari Tinggi Santo Paulus ini. Bagaimana perasaan anak-anak bertemu dengan teman sebanyak ini? Semua bersukacita?”

Baca juga   Mardiharto Tak Bersalah, Polda DIY Terbitkan SP3

Lebih lanjut, Mgr. Robertus Rubiyatmoko mengatakan, “Kita bersama Gereja Katolik merayakan Penampakan Tuhan (Epifani) kepada Orang dari Timur.”

Mgr. Robertus Rubiyatmoko juga bertanya jawab dengan anak-anak tentang siapa nama tiga orang majus dari Timur, apa yang dibawa dan dipersembahkan tiga orang majus dari Timur untuk kanak-kanak Yesus.

Dialog antara Uskup dengan siswa Sekolah Dasar Negeri dan Yayasan di Kabupaten Sleman semakin meriah dan semarak ketika Uskup membagikan bingkisan kepada para siswa.

“Mari kita mencari Tuhan dalam segala hal yang baik, termasuk belajar dengan tekun, berdoa, bersyukur dan membantu orangtua,” pesan dalam khotbah Mgr. Rubiyatmoko.

Rangkaian Misa Akbar dilanjutkan dengan dialog antara Uskup Keuskupan Agung Semarang dengan Pembimas Katolik Kementerian Agama DIY, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, perwakilan Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Katolik, Biarawan dan biarawati serta Kepala Sekolah dari Sekolah Yayasan Katolik.

Kristoforus Sinselius, Pembimas Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, menyampaikan, “Kegiatan bina iman Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Sleman ini sangat menarik.”

Baca juga   Ganjar Bonus, Pemkab Sleman Sambut Kedatangan Atlet PON Papua XX

Para siswa antusias bertemu dan berdialog dengan Uskup dan tentu menjadi kesan tersendiri ketika mereka bisa berjumpa dengan Uskup Keuskupan Agung Semarang.

“Acara ini bisa menjadi contoh dan dilaksanakan di kota dan kabupaten lain,” ujarnya.

CB. Ismulyadi, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman menyampaikan situasi kependidikan, secara khusus terkait Guru Pendidikan Agama Katolik di wilayah Kabupaten Sleman.

Menurut CB Ismulyadi, Guru Pendidikan Agama Katolik tingkat Sekolah Dasar yang menginduk pada Kementerian Agama berjumlah 21 guru.

“Guru Pendidikan Agama Katolik tingkat Sekolah Dasar yang menginduk pada Kementerian Agama berjumlah 21 guru.

Guru Pendidikan Agama Katolik tingkat Sekokah Dasar yang menginduk pada Dinas Pendidikan Kabupaten berjumlah 6 guru.

“Sedangkan Guru Pendidikan Agama Katolik berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 1 guru, dan Guru Pendidikan Agama Katolik bukan PNS sebanyak 26 guru,” bebernya.

Yang menjadi persoalan, menurut CB Ismulyadi, Guru Pendidikan Agama Katolik pun setiap tahun akan semakin berkurang karena memasuki masa purna karya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Tangkapan Layar Youtube

Peristiwa

Hari Perempuan Internasional: Tumbuhkan Keberanian Lawan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan
Foto: ANTARA

Peristiwa

Gunung Merapi Alami 154 Gempa Guguran, Status Masih Siaga
Selain berkeliling ke sejumlah gereja di Kota Semarang, Ganjar menyempatkan bersilaturahmi ke kediaman Uskup Agung Semarang Romo Rubiyatmoko di kawasan Gereja Katedral Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Hangatnya Pertemuan Uskup Agung Semarang dan Ganjar Pranowo
Foto: Diskominfo Kab.Sukoharjo

Peristiwa

Diskominfo Sukoharjo dan The Park Mall Solo Baru Gelar Workshop Digital Anantara
Olimpiade Pancasila yang terwujud dengan Lomba Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila tingkat SMA/SMK/ MA se-Kabupaten Bantul bertempat di aula Bank Bantul, Kamis (2/12/2021). (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Olimpiade Pancasila, Bentuk Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila
Sejumlah pecinta binatang dan pengelola destinasi Argo Bumi Desa Samiran, Kecamatan Selo melepasliarkan puluhan hewan. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Satwa Endemik Merapi-Merbabu Dilepasliarkan
Polisi melakukan oleh TKP kejahatan jalanan klitih di Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Dibacok Cah Klitih di Jalan Gedongkuning Jelang Sahur, Pelajar Asal Kebumen Meninggal
Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Ponirah Sumringah, Rumahnya yang Rata dengan Tanah Dibantu Ganjar Bangun Rumah Baru