Home / Peristiwa

Kamis, 22 Juli 2021 - 09:54 WIB

Ribuan Ton Beras Didistribusikan untuk Warga Kurang Mampu di Kebumen

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara simbolis menyerahkan beras bantuan kepada masyarakat terdampak PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kebumen)

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara simbolis menyerahkan beras bantuan kepada masyarakat terdampak PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kebumen)

NYATANYA.COM, Kebumen – Pemerintah Kabupaten Kebumen membagikan 1.088 ton beras kepada warga, di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Selasa (20/7/2021). Bantuan dari Bulog tersebut diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Bantuan Sosial Tunai (BST), dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menyampaikan, pemberian bantuan sosial tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri, yakni pemerintah daerah harus bergerak cepat tanpa perlu menunggu pemerintah pusat dalam pemberian bantuan.

“Kemarin alhamdulillah Kabupaten Kebumen mendapatkan bantuan beras dari Bulog sebesar 1.088 ton beras. Saya minta secepatnya hari ini juga untuk bisa disalurkan ke masyarakat. Jadi tidak perlu menunggu lama-lama, bantuan harus cepat sampai ke masyarakat,” ujar Arif saat penyerahan simbolis bantuan di pendapa rumah dinasnya, Selasa (20/7/2021).

Baca juga   Langgar Aturan Selama PPKM Darurat Bakal Ditindak Tegas

Bupati menyebutkan, ribuan ton beras tersebut diberikan kepada 66.545 orang penerima manfaat PKH dan 42.263 orang penerima BST. Setiap keluarga memperoleh 10 kilogram beras.

“Untuk memastikan bahwa bantuan ini tepat sasaran, kita masih mengacu pada DTKS yang ada di desa. Data ini yang kemudian diserahkan ke Dinas Sosial, lalu kita bagikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Baca juga   Asah Kemampuan, Polres Blora Gelar Latihan Bongkar Pasang Senjata

Arif menyampaikan, selain bantuan beras, pemerintah juga segera mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga, melalui PT Pos Indonesia.

Salah seorang penerima bantuan, Nur Kholifah, menyatakan, bantuan beras tersebut sangat bermanfaat baginya di tengah masa PPKM Darurat.

“Saya ini ibu rumah tangga, suami saya kerjanya tukang bengkel sepeda di Selang. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati karena sudah diberikan bantuan beras. Harapan saya semoga Covid-19 bisa cepat berakhir. Jujur saja pemasukan kita sekarang berkurang, sementara kebutuhan jalan terus, malah bertambah,” ucapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi apotek di Pekalongan. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Timbun Tabung Oksigen dan Obat, Terancam Pidana
Edotel Klaten mulai difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat bagi ibu hamil dan menyusi. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Klaten Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Khusus Ibu Hamil dan Menyusui
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi membuka puncak acara peringatan Hari Anak Nasional 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Predikat Yogya Kota Layak Anak Utama Jadi Kado HAN 2021
Sudah saatnya BUMDes merambah ke dunia e-commerce untuk memasarkan produk-produknya. Saat ini ada sudah 1.852 Badan Usaha Milik Desa yang merambah ke e-commerce. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Ribuan BUMDes Kini Andalkan e-Commerce untuk Pasarkan Produk
Para pekerja seni di Grobogan menerima bantuan sembako. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jika Diizinkan Manggung, Pekerja Seni Grobogan Siap Jalankan Prokes Ketat
Upacara Perayaan HUT ke-75 Pemkot Surakarta berlangsung khidmad dan segerhana. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Gibran Rakabuming Raka, Pimpin Upacara Hut ke-75 Pemkot Surakarta
Selain kampanye di sekolah, sosialisasi Gemarikan juga dilakukan kepada ibu nelayan di Demak. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Cegah Stunting, Demak Gencar Kampayekan Program Gemarikan
Pelatihan peningkatan kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) di TEA Tanjung Muntilan, Jumat (15/10/2021) yang digelar BPBD Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kapasitas, BPBD Magelang Gelar Pelatihan Tim Reaksi Cepat