Home / Wisata

Sabtu, 9 Juli 2022 - 15:42 WIB

Ribuan Umat Buddha Ikuti Indonesia Tipitaka Chanting di Candi Borobudur

Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja 2566 Budhis Era. Foto: @media_twc

Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja 2566 Budhis Era. Foto: @media_twc

NYATANYA.COM, Magelang – Ribuan Umat Buddha dari Sangha Theravada Indonesia mengikuti Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) dan Asalha Mahapuja 2566 Budhis Era (BE) di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Kegiatan membaca Kitab Suci Tipitaka tersebut berlangsung Jumat hingga Minggu (8-10/7/2022).

Perwakilan Sangha Theravada Indonesia Bhikkhu Subhapa Mahathera mengungkapkan gelaran ITC dan Asalha Mahapuja ini adalah yang keenam kalinya sejak 2015-2019.

Pada Minggu (10/7/2022) akan dilakukan perayaan Asalha atau Asadha Mahapuja, ritual tahunan yang digelar dua bulan setelah hari raya Tri Suci Waisak.

Foto: @media_twc

Selain membaca teks-teks Tipitaka peserta Indonesia Tipitaka Chanting juga akan berdiskusi dan mendengarkan ceramah atau Dhammadesana, sehingga para peserta akan mendapat pemahaman lebih baik serta manfaat dalam mengikuti kegiatan ini.

Sebelumnya, akibat pandemi Covid-19, kegiatan ini digelar secara daring dan kini berlangsung secara langsung. Jumlah peserta ITC secara luring itu sekitar 1.200 orang.

Baca juga   Liburan Sekolah, Ini Destinasi Wisata Unggulan Rekomendasi Menparekraf

“Tapi, Asalha Mahapuja mungkin bertambah, sekitar 3.500 (peserta),” kata Bhikkhu Subhapanno di sela acara tersebut.

Bhikkhu Subhapanno menuturkan Tipitaka adalah kitab suci agama Buddha yang berbahasa Pali. Untuk kali ini Sutta Pitaka yang akan dibaca adalah Majjhima Nikaya yang berisi teks-teks khotbah Budha Gautama.

ITC ini juga menjadi sarana mengenalkan, mengajak, agar supaya umat Buddha bisa melihat ke dalam diri sendiri setelah belajar sama-sama dari membaca, mendengar uraian Dhamma (Kebenaran Mutlak), kemudian juga diskusi.

Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja 2566 Budhis Era. Foto: @media_twc

“Harapannya, setelah kembali ke tempatnya masing-masing, mereka menjadi agen-agen kebajikan untuk mengenalkan kandungan isi ajaran agama Buddha yang indah pada awalnya, pertengahannya, dan akhirnya,” jelasnya.

Baca juga   Wedang Bledeg, Ramuan Herbal yang Diburu Konsumen Saat Pandemi

Dijelaskan Bhikkhu Subhapanno, Asalha (bahasa Pali) atau Asadha (bahasa Sansekerta) Mahapuja, merupakan peringatan atas peristiwa ajaran Dhamma oleh Siddharta Gautama kepada lima murid pertamanya di Taman Rusa Isipatana, India. Para murid itu antara lain Kondanna, Bhaddiya, Vappa, Mahanama and Assaji.

Menurutnya, pada tahun sebelum pandemi, Asalha Mahapuja diawali dengan prosesi jalan bakti (Bhakti Yatra) dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

Namun karena kasus Covid-19 belum mereda, prosesi inipun ditiadakan. Sedangkan prosesi pradaksina atau mengelilingi Candi Borobudur tetap digelar dengan peserta ITC dan ribuan umat Buddha lainnya.

“Para umat dan bhikkhu akan mengelilingi candi selama tiga kali. Tapi, ada 20 bhikkhu yang akan naik ke stupa puncak,” pungkasnya.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Adila Syifa Azahra, salah seorang bocah bajang, meminta secara khusus rambut gimbalnya dipotong oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Diskominfo Jateng

Wisata

Cerita Adila, Anak Bajang yang Minta Rambut Gimbalnya Dipotong Ganjar
Foto: Humas Pemkot Yogya

Wisata

Banyak Event di Akhir Tahun, Bukti Pariwisata Yogya Kian Menggeliat
PT Pegadaian meluncurkan produk pembiayaan wisata religi Arrum Safar, yang bertujuan membantu masyarakat khususnya umat muslim, untuk menggapai mimpi beribadah ke tanah suci. (Foto: Pegadaian)

Wisata

Luncurkan Produk Arrum Safar, Pegadaian Bantu Wujudkan Mimpi Beribadah ke Tanah Suci
Taman Pintar akan menambah dua alat peraga baru yang siap dinikmati pengunjung pada libur lebaran 2024. (Dok.Taman Pintar)

Wisata

Taman Pintar Tambah Wahana Baru, Diantaranya Videobooth 360 Derajat
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Uji Trail Pola Perjalanan Super Prioritas Borobudur. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

Borobudur Travel Pattern, Terobosan Baru Paket Wisata Edukatif
Pesona Sirkuit Mandalika dari atas ketinggian Bukit Seger. (Foto:Isma/InfoPublik)

Wisata

Bukit Seger, Suguhkan Pesona Alam dan Keanggunan Sirkuit Mandalika
Candi Borobudur siap menambah jam operasional selama libur lebaran. Mulai Rabu (27/4/2022) hingga 10 Mei 2022, jam operasional dimulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Asyiiik, Libur Lebaran Candi Borobudur Buka Lebih Lama
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan kopi Magelang. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Magelang Coffee Fest Kembali Digelar di Borobudur, Ini Tanggalnya