Home / News

Senin, 27 September 2021 - 16:46 WIB

Ribuan Warga Lereng Merapi Antusias Ikuti Sewu Vaksin Covid-19

Lebih dari 1.000 orang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Desa setempat bersama Kodim 0705 Magelang diminati warga Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Lebih dari 1.000 orang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Desa setempat bersama Kodim 0705 Magelang diminati warga Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Ribuan warga Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemerintah Desa setempat bersama Kodim 0705 Magelang, Senin (27/9/2021).

Vaksinasi di Desa Sewukan berbeda dari tempat yang lain karena tidak ditawarkan, namun warga harus inisiatif mendaftar terlebih dahulu melalui perangkat desa setempat.

Dari daftar yang masuk ke pihak Pemerintah Desa, jumlah warga Sewukan yang ingin mengikuti Program Serbuan Vaksinasi Kodim 0705 Magelang sangat tinggi, lebih dari target awal yakni 1.000 dosis.

Tingginya minat masyarakat itu membuat Pemerintah Desa Sewukan meminta tambahan jumlah vaksin.

“Program sewu (seribu) vaksin untuk Sewukan, tapi di akhir pendaftaran jumlahnya melonjak. Jadi kami siapkan 1.300 untuk cadangan,” kata Kepala Desa Sewukan, Yeyen Rifai di sela kegiatan tersebut.

Vaksinasi massal ini digelar di halaman kantor Desa Sewukan. Guna menghindari kerumunan, warga dari sejumlah dusun ini datang sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia.

Baca juga   Gereja St Yohanes Rasul Pringwulung Gelar Vaksinasi Belarasa Covid-19

Dijelaskan Yeyen, karena memang saat ini vaksin begitu menjadi kebutuhan masyarakat. Selain untuk kesehatan, vaksinasi juga menjadi salah satu syarat untuk masuk sejumlah tempat yang menerapkan Prokes ketat diantaranya sudah memiliki sertifikat vaksin.

Lebih lanjut ditambahkan Yeyen, sasaran vaksinasi kali ini khusus untuk semua warga yang berusia di atas 12 tahun. Sementara program vaksinasi di Desa Sewukan sementara ini baru menyentuh lansia dan kader Posyandu.

Bagai gayung bersambut, di saat banyak warga Desa Sewukan yang menunggu program vaksinasi, Kodim 0705 Magelang membuka peluang itu. Program Serbuan Vaksinasi ini tentu diharapkan dapat menambah angka warga yang tervaksinasi.

Jumlah warga Desa Sewukan terdiri dari 6 Dusun, mencapai 2.500 jiwa. Sedangkan jumlah warga di atas usia 12 tahun sekitar 1.300 orang.

Baca juga   Sampai Hari ini Sudah 60.579 Pasien Covid-19 Sembuh di DIY

“Jumlah warga yang divaksinasi baru 20an persen. Dengan sasaran hari ini harapannya nanti sesuai anjuran pemerintah sampai 70 persen,” ungkap Yeyen.

Selain kebutuhan, vaksinasi ini juga sebagai upaya membentuk herd imunity komunal atau kekebalan warga Sewukan dalam mengantisipasi bahaya erupsi letusan dari Gunung Merapi. Apabila Merapi sewaktu-waktu mengharuskan warga mengungsi maka tidak menimbulkan rasa khawatir terpapar Covid-19 saat berada di pengungsian.

Mengingat berada di kawasan rawan bencana Merapi, Pemerintah Desa Sewukan bertekad menuntaskan vaksinasi untuk semua warganya hingga akhir tahun ini.

“Setelah ini kita evaluasi berapa jumlah warga yang sudah dan belum tervaksinasi. Untuk menentukan langkah lanjutan,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Warga Wadas, Bener, Purworejo pendukung proyek nasional Bendungan Bener gelar aksi bentuk perlawanan atas tindakan teror yang diterimanya. (Foto: dokumentasi LBH Nyi Ageng Serang)

News

Nyatakan Sikap Melawan Segala Tindak Intimidasi dan Teror, Warga Wadas Gelar Aksi Solidaritas
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat mengunjungi dan memberikan bantuan kepada salah satu guru MTs Al Muttaqin Desa Rengging yang terpapar Covid-19. (Foto:Diskominfo Jepara)

News

23 Siswa Selesai Isoman, MTs Rengging Akan PTM Kembali

News

Pagi Tadi, Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas
Kadarmanta Baskara Aji. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Selama PPKM Darurat, Pemda DIY Targetkan Penurunan Mobilitas Minimal 30%
Bupati Klaten dalam sebuah kesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi. Dalam waktu dekat pihaknya akan menyasar anak usia 12 - 18 tahun untuk divaksin. (Foto: Humas Klaten)

News

Jaga Imunitas, Klaten Targetkan 20.000 Vaksinasi Tiap Hari
Visual Gunung Merapi Selasa (22/6/2021) pukul 03.38 WIB. (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Semburkan Awan Panas
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gereja Katolik Pugeran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Libatkan Gereja, Pemkot Yogya Terus Genjot Vaksinasi Covid-19
Serbuan Vaksin Nasional di Salatiga yang dipantau Presiden Jokowi secara virtual. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Dipantau Jokowi, Ribuan Siswa di Salatiga Ikuti Serbuan Vaksin Nasional