Home / News

Minggu, 8 Agustus 2021 - 21:01 WIB

Ritual Cuci Bendera Merah Putih, Tradisi Warga Sidomulyo Sambut HUT Kemerdekaan RI

Menyambut HUT RI ke-76 Karangtaruna Dukuh Beji Desa Sidomulyo melakukan tradisi cuci bendera di jalan. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Menyambut HUT RI ke-76 Karangtaruna Dukuh Beji Desa Sidomulyo melakukan tradisi cuci bendera di jalan. (Foto: Diskominfo Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Bulan Agustus merupakan bulan spesial dan sakral bagi bangsa Indonesia. Berbagai cara dilakukan warga untuk ikut memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti yang dilakukan warga lereng Merbabu di Dukuh Beji, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali yang memiliki tradisi unik setiap bulan Agustus tiba. Yakni ritual mencuci bendera merah putih.

Kepala Desa Sidomulyo, Muh. Sawali menjelaskan, tradisi warga Desa Sidomulyo setiap bulan Agustus adalah mencuci bendera merah putih yang kemudian dipasang di jalan.

Baca juga   Vaksinasi Covid-19 Tingkat Kampung Digencarkan Pemkot Yogya

Biasanya, seluruh warga desa ikut dalam kegiatan tersebut, namun karena pandemi Covid-19, hanya mengikutsertakan 30 orang anggota karang taruna dan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

“Tujuan kami adalah untuk menjaga jiwa nasionalis daripada warga kami,” ujar Sawali, Minggu (8/8/2021).

Sawali mengatakan, tahun ini pihaknya hanya mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di tingkat Desa. Sebelum pandemi, biasanya upacara diadakan di masing-masing dukuh. Selain itu, pihaknya juga meniadakan kegiatan perlombaan dalam memeriahkan acara HUT Kemerdekaan RI ini.

Baca juga   Diskominfo Jateng Gelar Lomba Film Pendek 'Kebijakan Protokol Kesehatan'

“Kami untuk saat ini hanya mengadakan upacara saja, dan itupun dengan protokol kesehatan. Dua tahun terakhir kita off, tidak ada kegiatan,” katanya.

Terpisah, salah satu warga Desa Sidomulyo, Maryani mengaku bahwa tradisi cuci bendera rutin dilakukan setiap tahun.

“Dilakukan setiap satu tahun sekali, rutin. Terus pemasangan bendera itu dari tanggal satu sampai 30 Agustus,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Jalan Pasar Kembang Yogyakarta nampak lengang selama PPKM. Kini pemerintah resmi memperpanjang PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus 2021
Wagub saat menjadi pembina upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Kantor Gubernur. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Ribuan Anak Jadi Yatim Piatu Akibat Covid, Gus Yasin Ajak Warga Jateng Jadi Orang Tua Asuh
Sebanyak 6.000 santri di bawah Yayasan Syubbanul Wathon sudah divaksinasi Covid-19 melalui program Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Ribuan Santri Ponpes Syubbanul Wathon Divaksinasi Covid-19
Tim Gabungan Satgas Covid-19 Kota Pekalongan telah menggelar tes antigen acak di sejumlah wilayah. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

News

Okupansi TT RS Turun, Pekalongan Masuk PPKM Level 2
Menko PMK Muhadjir Effendy saat kunjungannya ke Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Menko PMK Apresiasi Pemkot Yogya Tekan Kasus TB
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

1.038 Kasus Positif Covid-19 di DIY, Sembuh Hari Ini
(nyatanya.com/istimewa)

News

Indofarma Siap Produksi Ivermectin, HET Rp7.885 per Tablet
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng

News

Satgas Jogo Tonggo Diminta Dorong Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen