Home / Peristiwa

Minggu, 1 Agustus 2021 - 11:21 WIB

Ritual Miwiti Panen, Petani Kopi Bagikan Nasi Tumpeng Pada Warga Isoman

Khidmat doa mengawali tradisi Miwiti kopi Desa Krinjing Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. (Foto: Humas Magelang)

Khidmat doa mengawali tradisi Miwiti kopi Desa Krinjing Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. (Foto: Humas Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Masyarakat di Dusun Desa Krinjing Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang menggelar tradisi Miwiti yang menandai permulaan panen raya kopi dan palawija.

Kepala Dusun Krinjing, Nasopi mengatakan kopi dan palawija sebagai penghasilan utama masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian petani dan berkebun. Masyarakat di Dusun Krinjing Kajoran berjumlah 40 kepala keluarga hampir semua hidup dengan berkebun kopi.

Keberadaan kopi dari desa berhawa sejuk lereng Gunung Sumbing ini terkenal karena aroma dan rasanya yang khas. Tidak hanya menjadi sumber ekonomi, tanaman kopi juga menjadi simbol gotong royong warga dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Sehingga tradisi miwiti/ prosesi permulaan masa panen kopi ini sudah berlangsung sejak zaman nenek moyang yang masih dilakukan sampai sekarang,” ucap Nasopi, Sabtu (31/7/2021).

Baca juga   Peringati 1 Muharram 1445 H, Masjid Al Falaah Gelar Pengajian

Karena pandemi dan masih dalam suasana PPKM maka tradisi yang biasa digelar setiap tahun ini dikemas dalam suasana sederhana. Jika biasanya tradisi miwiti dilakukan dengan kirab slametan oleh seluruh warga masyarakat, dengan membawa nasi tumpeng, sego megono dan ingkung (nasi khas selametan dan ingkung ayam). Semua kelengkapan upacara tradisi itu diarak dari kampung ke kebun kopi untuk didoakan.

Sebagai puncak ritual adalah prosesi kembul bujono (makan bersama) di tengah-tengah perkebunan kopi milik warga.

Namun, untuk kali ini, lanjut Nasopi, prosesi kembul bujono diubah dengan melakukan sedekah di posko PPKM oleh perwakilan sebagian masyarakat dengan tetap protokol kesehatan. Sedangkan sego megono serta ingkung diberikan kepada warga masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri.

“Tradisi ini tetap dilaksanakan meskipun situasi sedang dalam pembatasan. Tumpeng megono serta ingkung dianter ke rumah warga yang sedang isolasi mandiri karena terpapar Covid-19,” papar Nasopi.

Baca juga   Ribuan Jemaat Antusias Rayakan Natal, Ganjar: Terima Kasih Bisa Tertib

Dikatakan Nasopi, tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi warga yang sedang menjalankan isoman dan bisa membangkitkan semangat kembali agar bisa segera sehat dan memanen hasil kopi miliknya.

Meski sederhana, prosesi sakral petani kopi ini berlangsung secara khidmat. Tak lupa pula dalam lantunan doa bhumi, para perwakilan warga yang hadir ini secara khusus memohon agar masyarakat Indonesia diberi kesehatan dan pandemi Covid-19.

“Wabah semoga segera sirna segera pulih kembali dan warga Krinjing semua segera sehat dan kopi yang dihasilkan bisa manfaat menjadi penyokong utama penghasilan warga seperti di tahun-tahun sebelum ada pandemi,” harapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Warga mencari warga lain yang diduga terjebak di reruntuhan masjid akibat gempa di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa berkekuatan magnitudo 6,2 di Pasaman Barat dan sekitarnya itu mengakibatkan tujuh warga meninggal dunia. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.)

Peristiwa

Dilalui Patahan Sesar Semangko, Sumbar Rawan Diguncang Gempa
Paguyuban Gerobak Sapi "Guyub Rukun" menggelar acara ulang tahunnya yang ke-7 di Lapangan Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul pada Minggu (28/11/2021). (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Paguyuban Gerobak Sapi “Guyub Rukun” Lestarikan Budaya dan Aset Pariwisata
Berkat kesigapan pemilik rumah dibantu Tim Pemadam kebakaran dan sejumlah relawan juga warga, api dapat segera dijinakkan. Foto: Ist

Peristiwa

Rumah Milik Sulistiyaningrum di Cokrodiningratan Terbakar
Bupati Kustini Sri Purnomo meresmikan lima pelayanan kesehatan baru di RSUD Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Peringati HUT ke-44, RSUD Sleman Luncurkan 5 Layanan Kesehatan
Gudang perabotan rumah tangga yang menjadi tempat terduga teroris, di Jalan Margomulyo Indah Permai Blok A Nomor 44, Surabaya. Foto: selalu.id

Peristiwa

Polisi Geledah Gudang Tempat Bekerja Terduga Teroris di Surabaya
Foto: Humas Bakamla RI

Peristiwa

Bakamla RI Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna Utara

Peristiwa

Gebyar Foto dan Pameran Keris Warnai Perayaan HUT ke-266 Kota Jogja
Serka Lantari mendatangi lokasi bencana tergerusnya jalan akibat aliran air deras dampak hujan lebat. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Dilapori Warga, Babinsa Respon Cepat Datangi Lokasi Bencana Alam