Home / News

Jumat, 2 Juli 2021 - 09:35 WIB

RS Darurat Covid-19 Klaten Resmi Beroperasi

RS PKU Muhammadiyah Prambanan siap dioperasikan menjadi RS Darurat Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

RS PKU Muhammadiyah Prambanan siap dioperasikan menjadi RS Darurat Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Prambanan resmi dioperasikan sebagai RS Darurat khusus pasien Covid-19 di Kabupaten Klaten yang siap menunjang kebutuhan penanganan Covid-19 di Kota Bersinar.

Pihak RS PKU Muhammadiyah Prambanan menyediakan 50 unit tempat tidur pasien isolasi Covid-19. Tiga di antaranya merupakan tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) yang dilengkapi dengan ventilator.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Prambanan, Dien Kalbu mengatakan guna menunjang layanan, saat ini terdapat 22 orang perawat yang bersiaga. Selain itu, fasilitas lain seperti unit radiologi dan laboratorium juga siap digunakan.

“Pembangunan RS PKU Muhammadiyah Prambanan baru selesai kurang lebih satu bulan. Namun fasilitas yang dibutuhkan untuk penanganan dan perawatan pasien Covid-19, sudah tersedia dan siap digunakan. Secara umum, kami sudah siap beroperasi sebagai RS Darurat Covid-19,” ungkapnya dalam keterangan pers Diskominfo Klaten, Kamis (1/7/2021).

Baca juga   Tangani Covid-19, Anggaran Reguler DIY Capai Rp242 Miliar

Menurutnya dalam melayani pasien Covid-19, RS PKU Muhammadiyah Prambanan juga menyiapkan dua unit ambulans, satu di antaranya merupakan ambulans gawat darurat, dengan fasilitas penanganan pasien selama perjalanan serta tim pemulasaraan jenazah pasien Covid-19.

Dien menambahkan pihaknya juga ditunjang tenaga kesehatan yang bersiaga dari RS PKU Muhammadiyah Delanggu.

“Karena beroperasi sebagai RS Darurat, kami berada di bawah tanggung jawab RS PKU Muhammadiyah Delanggu. Jadi selain nakes yang bersiaga di Prambanan, kami juga mendapat back up dari RS PKU Muhammadiyah Delanggu,” katanya.

Baca juga   Biaya Swab PCR Turun, Kualitas Hasil Dijamin Sama

Bupati Klaten, Sri Mulyani hadir langsung untuk memastikan kesiapan RS Darurat Covid-19 di Kabupaten Klaten. Keberadaan RS khusus ini dinilai sangat membantu penanggulangan Covid-19, mengingat saat ini kondisi bed occupancy rate (BOR) RS rujukan Covid-19 di Klaten mencapai 100 persen.

“Selain 50 tempat tidur yang sudah disiapkan, namun jika ada kondisi yang darurat, kami harap fasilitas yang ada di RS PKU Muhammadiyah Prambanan dapat digunakan secara maksimal. Tentu kami juga berharap agar kurva cepat melandai dan terkendali,” ungkapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Kudus Akhirnya Keluar dari Zona Merah
RSUD Temanggung. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Antisipasi Lonjakan Kasus, RSUD Temanggung Tambah Tempat Tidur
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Magelang Terus Berkurang
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi Covid-19 di SDN Tegalrejo I. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Vaksinasi Warga Hasil Penyisiran Data
Mobil vaksinasi Pemkot Yogyakarta siap layani warga hingga tingkat RT/RW. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Jangkau RT/RW, Pemkot Yogya Siapkan Mobil Layanan Vaksinasi
Perwakilan Noken Solutions Community berikan laptop di Asrama Papua Kemasan. (Foto: dokumentasi Noken Solutions Community)

News

Berbagi Kasih di Masa Pandemi, Noken Solutions Community Bantu Laptop Gereja Injil Indonesia
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Kereta Bandara YIA Beroperasi, Yogya-YIA Hanya 40 Menit
Paku Alam X saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kulonprogo. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Wagub DIY: Partisipasi Perempuan untuk Vaksin Masih Kurang