Home / Peristiwa

Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:16 WIB

RSUD Nyi Ageng Serang Kini Produksi Oksigen Sendiri

RSUD Nyi Ageng Serang Kulonprogo kini memiliki unit generator oksigen sendiri. (Foto: Humas Kulonprogo)

RSUD Nyi Ageng Serang Kulonprogo kini memiliki unit generator oksigen sendiri. (Foto: Humas Kulonprogo)

NYATANYA.COM, Kulonprogo – Guna mengatasi kebutuhan oksigen yang sebelumnya mengalami kelangkaan dan menghambat pelayanan kesehatan, RSUD Nyi Ageng Serang kini memiliki unit generator oksigen sendiri.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Sri Budi Utami, M.Kes menyampaikan, pengadaan instalasi oksigen ini atas dasar kebutuhan oksigen yang mendesak dampak dari pandemi Covid-19 serta guna meningkat pelayanan kesehatan di wilayah Kulonprogo.

“Salah satu kendala yang sempat terjadi beberapa waktu yang lalu dikarenakan masih menggunakan oksigen tabung, jadi masih tergantung pada distributor pengisian oksigen,” kata Sri belum lama ini.

Ditambahkan Sri, dengan anggaran pengadaan generator Rp3,5 Miliar pihaknya akan memaksimalkan instalasi tersebut tidak hanya untuk kepentingan RSUD Nyi Ageng Serang sendiri, tapi kedepan menjadi pos pemanfaatan oksigen atau pengambilan oksigen untuk mendukung kebutuhan semua rumah sakit khususnya di Kulonprogo dan masyarakat.

Baca juga   Demak Gencarkan Vaksinasi Usia 12 hingga 18 Tahun

“Dikarenakan masih baru, jadi harus kita tata dulu dan akan kita maksimalkan alatnya sampai seberapa kemampuannya. Namun fokus untuk faskes dulu karena yang merawat pasien,” ungkap Sri.

Kepala Cabang Rajawali Nusindo RNI Group Fajar N. Afianto, SE selaku penyedia generator menjelaskan generator buatan dalam negeri ini mampu beroperasi selama 24 jam penuh dengan kapasitas produksi 200 liter per menit atau setara 40 tabung kapasitas enam kubik.

Baca juga   Aksi Humanis Satpol PP, Berikan Bantuan Beras untuk PKL Wirobrajan

“Namun disarankan untuk tidak melakukan pengisian secara maksimal 24 jam, harus ada waktu dua jam maintenace, untuk menjaga alat tetap terjaga dengan baik,” terang fajar.

Pengadaan unit generator oksigen di Komplek RSUD Nyi Ageng Serang ini diresmikan langsung oleh Bupati Kulonprogo Drs. H. Sutedjo, Jumat (13/8/2021).

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras melaksanakan pengadaan sarana pendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat dimasa pandemi Covid-19. (*)

Share :

Baca Juga

Baznas Kabupaten Semarang menyalurkan bantuan kursi roda kepada Sadali, warga Dusun Ngasem Desa Jetis, Bandungan. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Baznas Siapkan Dana Pendidikan Anak Yatim Covid-19
Seorang petani di Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang membersihkan abu vulkanik Merapi pada daun tembakau. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Distan Pangan Antisipasi Dampak Hujan Abu Vulkanik Merapi
Bupati H. Sunaryanta meninjau paviliun Wanagama. (Foto:nyatanya.com/Humas Gunungkidul)

Peristiwa

Wanagama Kembali Digunakan untuk Karantina Pasien Covid-19
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Bupati Klaten saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Mapolres Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kasus Corona Masih Tinggi di Klaten, Polda Jateng Terapkan Manajemen Kontigensi
Ganjar Pranowo saat berbincang dengan pengurus Indonesiapersada.id. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Indonesiapersada.id Dinahkodai Ganjar, Radio TV Daerah Siap “Rebranding”
Ilustrasi pelaku ekonomi sudah diizinkan membuka lapaknya selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Izinkan Pelaku Ekonomi Buka Selama PPKM Level 4
Setiap pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah setidaknya memperoleh bantuan logistik selama 10 hari. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pelaku ‘Gandeng Gendong’ Cukupi Kebutuhan Permakanan Pasien Isoman Kota Yogya
Wakil Walikota Yogyakarta meninjau kegiatan vaksinasi yang dikhususkan untuk warga disabilitas Kota Yogyakarta yang digelar di Taman Pintar. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyandang Disabilitas Ikuti Vaksinasi di Taman Pintar