Home / News

Jumat, 20 Agustus 2021 - 22:48 WIB

RSUP Sardjito Didorong Jadi RS Terkemuka Asia Tenggara

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie. (Foto: Humas Pemda DIY)

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Usai mendampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dilantik sebagai Dewan Pengawas (Dewas) RSUP Sardjito, Sleman, Jumat (20/8/2021), Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan pelayanan RSUP dr. Sardjito harus mengampu RS lainnya.

“Sebenarnya yang sedang dikuatkan tentang teledemedicine. Jika telemedicine bisa berjalan optimal maka bisa menjadi salah satu capaian kinerja RSUP dr. Sardjito dalam membina RS daerah maupun swasta di DIY,” terang Pembajun.

Selanjutnya, terkait penelitian, RSUP dr. Sardjito bersama Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM telah menjadi salah satu laboratorium yang dipercaya untuk memeriksa Genome Sequencing Covid-19 sehingga bisa ditemukan varian Delta.

“Saya pikir itu adalah salah satu start atau awal yang baik, sehingga kita sekarang juga menghimpun teman-teman semua sampel hasil tracing yang masuk dalam kriteria dalam penelitian itu maka kita arahkan ke Sardjito. Kita bangga tidak harus dibawa ke Jakarta, ke Sardjito sudah bisa.”

Baca juga   BST Segera Turun Lur, Segini Jumlahnya

Terkait harapan untuk menjadi RS terkemuka Asia Tenggara, dr. Sardjito dan FK UGM itu mempunyai daerah binaan di NTT dan Papua.

“Sardjito telah diberikan sertifikat internasional alias sudah go international ini terus bisa kawal bersama-sama. Itu lengkap dan pelayanannya, cuma Sardjito harus memilih klien mana yang akan difokuskan supaya bisa menjadi RS terkemuka di Asia Tenggara. Kita selalu bekerjasama dan mendukung mereka,” katanya.

Pembajun juga menyikapi rencana percepatan vaksinasi Covid-19 di DIY. Ia mengatakan bahwa tugas tersebtu bukan hanya menjadi tugas pemerintah, RS atau Fasyankes termasuk RSUP dr. Sardjito saja, melainkan perlu dukungan berbagai pihak.

“Kita tidak hanya dengan G2G tapi harus menggerakan semua termasuk TNI dan Polri hanya perlu dikuatkan kordinasinya. Pemda DIY siap berkolaborasi dengan TNI dan Polri lalu kita buat strategi bagaimana membagi tugas,” ujar mantan Kepala RSJ Ghrasia, Sleman ini.

Baca juga   Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng

Pada kesempatan yang sama, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan bahwa Gubernur DIY sebagai Dewas harus dapat mendorong RSUP. Dr. Sardjito menjadi RS Rujukan terkemuka di Asia Tenggara seperti ditargetkan Menkes.

“Dari RS yang ada terutama RSUD itu harus bisa dikembangkan RSUP supaya bisa menjadi RS yang baik seperti RSUD Wates dan sebagainya supaya bisa dibina RSUP,” ujar Aji.

Aji melanjutkan bahwa RSUP Sardjito diharapkan bisa menjadi RS Rujukan di Jawa Tengah (Jateng) dan DIY sekaligus mendukung terjaminnya tempat untuk pelayanan kesehatan masyarakat DIY.

“Ketersediaan anggaran dari pemerintah pusat ditambah dengan jumlah pasien yang cukup banyak akan memberikan kontribusi dalam pendapatnnya juga. Jika pendapatan cukup, maka kelas-kelas bisa ditingkatkan layanan supaya masyarakat bisa mendapatkan layanan yang makin baik seperti subsidi silang,” tutupnya. (*)

Share :

Baca Juga

Vaksinasi yang digelar alumni AKPOL angkatan 1995 eks yon Patriatama di halaman parkir Unit Teater dan Pentas Ramayana Prambanan. (Foto: media_twc)

News

Vaksinasi Pelajar dan Pelaku Wisata di Prambanan Targetkan 3.000 Dosis
Siswa SMP di Kabupaten Temanggung mulai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Siswa SMP di Temanggung Mulai Divaksin Covid-19
Pasar Triwindu Solo. (Foto:nyatanya.com/Dinas Pariwisata Solo)

News

Ini 12 Pasar Tradisional di Solo yang Ditutup Selama PPKM Darurat
Di tengah masyarakat berat jalani hidup di tengan pandemi, Pemkot Yogyakarta kembali menghapus sanksi denda tunggakan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. (Ilustrasigrafis: Pemkot Yogya

News

Asyiiik! Pemkot Yogya Hapus Sanksi Denda Tunggakan PBB
Drg. Yuli Kusumastuti, M.kes. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Kasus Covid-19 Melonjak, Keterisian BOR di DIY Ikut Meningkat
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Bupati Brebes Idza Priyanti foto bersama Wapres KH Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Istana Wakil Presiden. (Foto: Dok Humas Jateng)

News

Raih Penghargaan Produktivitas Tertinggi, Gus Yasin Apresiasi Cilacap dan Brebes
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Zona Merah Covid-19 di Jateng Turun
nyatanya.com

News

Pemkab Purworejo Luncurkan Aplikasi ‘Jalan Aman’