Home / Peristiwa

Minggu, 10 Oktober 2021 - 18:37 WIB

Rumah Peninggalan Jenderal Gatot Subroto Kini Disulap Jadi Museum

Rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran disulap menjadi sebuah museum. (Foto: MC Kab Semarang)

Rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran disulap menjadi sebuah museum. (Foto: MC Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Sebuah rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran disulap menjadi sebuah museum.

Peresmian museum pribadi itu ditandai pemotongan untaian pita oleh Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, Minggu (10/10/2021) siang.

Acara dihadiri beberapa cucu dan cicit pejuang kemerdekaan RI, serta sejumlah tamu undangan diantaranya Danrem Makutarawa Kolonel (Arm) Putranto Gatot Sri Handoyo, Wakil Bupati Semarang H Basari, Ketua DPRD Bondang Maruto Hening dan Forkompimda serta undangan lainnya.

Salah seorang cucu Gatot Subroto, Indriani Sunarjo berharap museum akan menjadi sarana penting mengenang perjuangan Wakasad periode 1956-1962. “Nilai-nilai perjuangan yang dilakukan kakek kami semoga dapat memberi manfaat bagi generasi muda,” ujarnya.

Baca juga   Terapkan Prokes Ketat, Artos Mall Dibuka dengan Pembatasan

Museum pribadi yang terletak di dekat Benteng Willem II itu menyimpan berbagai barang pribadi. Menurut Lawrence Locsin Sardjono selain puluhan pakaian dinas, juga ada topi dan tongkat komando.

Ada pula koleksi pipa cangklong, pisau berburu dan kacamata. “Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu diantaranya dalam kondisi rusak,” kata cucu sang jenderal ini.

Terdapat juga dua tempat tidur pribadi yang terawat baik. Di beberapa bagian dinding rumah, terpampang puluhan foto pria kelahiran Banyumas itu semasa berdinas sebagai tentara.

Baca juga   Bulan Dana PMI Terapkan Pembayaran Digital

Meski museum pribadi, Lawrence menyilakan warga melihat langsung koleksi pribadi kakeknya itu dengan syarat dan siap menjadi nara hubung di nomor 081310119533.

Keberadaan museum pribadi Jenderal Gatot Subroto ini tak menutup kemungkinan akan dijadikan museum terbuka atau bangunan cagar budaya.

Sementara itu Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Brigjen Rimbo Karyono menghargai langkah keluarga besar Jenderal Gatot Subroto yang menghadirkan museum ini.

“Saya berharap melalui museum ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu,” tegasnya. (*)

Share :

Baca Juga

DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Magelang menggelar audensi dengan Pengadilan Negeri Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (22/3/2022). (Foto: MC TMG)

Peristiwa

Tingkatkan Layanan Hukum, Peradi Magelang Jalin Sinergitas dengan PN Temanggung
Warga terdampak banjir di dua kelurahan Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, masih memilih bertahan di rumah. Genangan banjir dilaporkan telah mengalami penurunan pada Sabtu (9/4/2022). Foto: BPBD Kota Medan

Peristiwa

Banjir Landa Kota Medan, Warga Memilih Bertahan di Rumah
Ilustrasi: Foto udara kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Kementerian ESDM mencatat realisasi bauran energi baru dan terbarukan (EBT) nasional pada tahun 2021 mencapai 11,5 persen yang sedikit mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan posisi bauran EBT per akhir 2020 lalu yang sebesar 11,2 persen. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/YU)

Peristiwa

Presidensi G20, Peluang Tarik Investor Kembangkan EBT di Indonesia
Ilustrasi, mencapai kesetraan gender dan memberdayakan kaum perempuan (Dok : Kemen PPPA)

Peristiwa

Kemen PPPA Terbitkan Publikasi Data Gender dan Anak 2021
Hujan dengan intensitas tinggi serta aliran drainase yang tidak mampu menampung debit air menyebabkan Tembok Penahan Tanah (TPT) longsor dan merusak tiga unit rumah. Foto: BPBD Kabupaten Bogor

Peristiwa

Curah Hujan Tinggi, Kabupaten Bogor Dilanda Bencana Hidrometeorologi Basah
Aktivitas Gunung Merapi yang fluktuatif memaksa warga sekitar memasang sikap waspada penuh. Tiga desa di lokasi terdekat yakni Balerante, Sidorejo dan Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten memilih mengaktifkan ronda malam guna memantau gunung teraktif di dunia itu. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pantau Aktivitas Merapi, Tiga Desa di Kemalang Klaten Rutinkan Ronda Malam
Sri Sultan HB X dan Komisi IV DPR RI menanam pohon rehabilitasi lahan di Kawasan Bukit Menoreh, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Jumat (4/2/2022). (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Tinjau Embung Tonogoro, Sri Sultan HB X: Jangan Ada Hotel di Kawasan Hutan
Selain mengamankan pelaku, dan sejumlah senjata tajam, banner bertuliskan WKC ukuran 2×2 meter juga disita petugas. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Meresahkan! Polres Kulon Progo Tangkap Anggota Geng Wates Kota Crew