Home / Peristiwa

Minggu, 10 Oktober 2021 - 18:37 WIB

Rumah Peninggalan Jenderal Gatot Subroto Kini Disulap Jadi Museum

Rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran disulap menjadi sebuah museum. (Foto: MC Kab Semarang)

Rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran disulap menjadi sebuah museum. (Foto: MC Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Sebuah rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran disulap menjadi sebuah museum.

Peresmian museum pribadi itu ditandai pemotongan untaian pita oleh Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, Minggu (10/10/2021) siang.

Acara dihadiri beberapa cucu dan cicit pejuang kemerdekaan RI, serta sejumlah tamu undangan diantaranya Danrem Makutarawa Kolonel (Arm) Putranto Gatot Sri Handoyo, Wakil Bupati Semarang H Basari, Ketua DPRD Bondang Maruto Hening dan Forkompimda serta undangan lainnya.

Salah seorang cucu Gatot Subroto, Indriani Sunarjo berharap museum akan menjadi sarana penting mengenang perjuangan Wakasad periode 1956-1962. “Nilai-nilai perjuangan yang dilakukan kakek kami semoga dapat memberi manfaat bagi generasi muda,” ujarnya.

Baca juga   Tangkap 4 Pelaku, Polda Jateng Tertibkan 34 Pinjol Ilegal

Museum pribadi yang terletak di dekat Benteng Willem II itu menyimpan berbagai barang pribadi. Menurut Lawrence Locsin Sardjono selain puluhan pakaian dinas, juga ada topi dan tongkat komando.

Ada pula koleksi pipa cangklong, pisau berburu dan kacamata. “Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu diantaranya dalam kondisi rusak,” kata cucu sang jenderal ini.

Terdapat juga dua tempat tidur pribadi yang terawat baik. Di beberapa bagian dinding rumah, terpampang puluhan foto pria kelahiran Banyumas itu semasa berdinas sebagai tentara.

Baca juga   Paguyuban Wehrkreis Daerah Perlawanan III Yogyakarta Peringati Peristiwa Jogja Kembali ke-72

Meski museum pribadi, Lawrence menyilakan warga melihat langsung koleksi pribadi kakeknya itu dengan syarat dan siap menjadi nara hubung di nomor 081310119533.

Keberadaan museum pribadi Jenderal Gatot Subroto ini tak menutup kemungkinan akan dijadikan museum terbuka atau bangunan cagar budaya.

Sementara itu Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Brigjen Rimbo Karyono menghargai langkah keluarga besar Jenderal Gatot Subroto yang menghadirkan museum ini.

“Saya berharap melalui museum ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu,” tegasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Pemkot Surakarta kembali dapat bantuan oksigen dari PT Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Kembali Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Prajurit Kopassus BKO Kodim Yogya evakuasi warga terpapar Covid ke Isoter Asrama UNY. (Foto : dokumentasi Kodim Yogya)

Peristiwa

Kopassus Evakuasi Pasien Isoman ke Isoter Asrama UNY
Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang, Tri Bakdo S, mengutarakan, Narkoba bisa disalahgunakan oleh siapa pun. Maka pelaku seni yang dianggap dekat dengan penyalahgunaan Narkoba digandeng BNN untuk bersama-sama melakukan pencegahan. (Foto:MC Kab Batang)

Peristiwa

Rangkul Pelaku Seni, BNNK Batang Sosialisasi Bahaya Narkoba

Peristiwa

Tertarik Bisnis SPKLU? Ini Sejumlah Insentif yang Ditawarkan PLN
Petani di Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang melakukan okulasi tanaman jeruk untuk meningkatkan kualitas. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kualitas Pertanian Eduwisata, Petani Borobudur Okulasi Tanaman Jeruk Non Biji
Siswanto menunjukan tanan tembakau tumpang sari. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Antisipasi Gagal Panen, Tembakau Ditanam Tumpang Sari
Kapolres Magelang AKBP Ronald Purba memberikan bantuan sembako kepada pedagang kaki lima. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Peristiwa

PPKM Level 4, Patroli Skala Besar Digelar di Magelang
Distanpangan Kabupaten Magelang mendampingi Bupati Garut Rudy Gunawan saat melihat tanaman kentang di Dusun Kenangkan Desa Kragilan Kecamatan Pakis. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Peristiwa

Petani Kragilan Sukses Budi Daya Kentang Citra