Home / Panggung

Jumat, 24 September 2021 - 22:48 WIB

RUMAKET Gelar Workshop “Dibalik Proses Kreatif Fotografi Wayang”

Workshop

Workshop "Dibalik Proses Kreatif Fotografi Wayang" dengan menghadirkan sejumlah narasumber. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Ruang Masyarakat untuk Bertemu (RUMAKET) sebagai sebuah wadah bertemu pelaku pelestari Warisan Budaya Tak Benda di Kota Yogyakarta di Hotel The 101 Yogyakarta, Jumat (24/9/2021)

Workshop ini mengambil tema ‘Dibalik Proses Kreatif Fotografi Wayang’. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan RUMAKET yang merupakan bentuk Perayaan Warisan Budaya Tak Benda khususnya wayang.

Dipilihnya Wayang adalah sebagi bentuk kecintaan warisan sejak dahulu hingga sekarang dan juga merupakan warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 yakni sebagai ‘Masterpiece Of Oral and Intangible Heritage of Humanity’ dan sebagai upaya pelestarian Warisan Budaya Tak Benda di Kota Yogyakarta.

Workshop ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti, Fotografer Risman Marah, Fotografer Johny Hindarta, PEPADI Kota Yogyakarta Faisal Nur Singgih, Fotografer Fauzie Helmy serta dipandu oleh moderator Sekar Sari.

Baca juga   Walikota se-Indonesia Hadiri Indo Smart City Forum & Expo di Yogya

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi sangat mendukung kegiatan rangkaian RUMAKET tersebut.

“Pemaknaan terhadap sebuah tokoh dalam wayang pastinya memiliki arti. Saya berharap melalui kegiatan ini tokoh-tokoh wayang terus berkembang walau adanya perbedaan jaman namun tidak meninggalkan nilai sejarahnya. Namanya dunia seni harus ada penyegaran terhadap interpretasinya,” ungkap Heroe.

Heroe berharap, nantinya semua masyarakat ikut melihat dan mengamati hasil karya fotografer profesional yang mengemas foto berisikan gambaran sejarah mengenai wayang dan Kota Yogyakarta.

“Semoga masyarakat Kota Yogyakarta dengan adanya RUMAKET ini dapat menambah kecintaannya terhadap wayang dan diharapkan masyarakat ikut berperan aktif dalam menggali penginggalan budaya di Kota Yogya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti mengatakan, workshop ini membicarakan seputar kolaborasi tiga fotografer dan tiga dalang Faisal Nur Singgih, Fani Rickyansyah, Bayu Aji Nugroho berkaitan dengan proses kreatif fotografi wayang di berbagai lokasi lima cagar budaya di Kota Yogyakarta yakni Fotografer Risman Marah, Fotografer Johny Hindarta, dan Fotografer Fauzie Helmy.

Baca juga   Prambanan Jazz Festival 2021, Lagi-lagi Digelar Secara Virtual

Menurut Yetti Martanti, kegiatan ini dapat menjadi sebuah wadah bagi pelaku seni budaya serta para pemangku kepentingan untuk bertemu dan berinteraksi membangun jejaring sehingga menjadi manfaat dalam proses kolaborasi seni budaya.

“Dengan adanya acara ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai tujuan dari penyelenggaraan RUMAKET. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan karya luar biasa yang sarat filosofi jawa yang kental dengan nilai budaya masyarakat jawa khususnya di Kota Yogyakarta,” tambahnya. (*)

Share :

Baca Juga

Anggun Pramudita. (Foto:instagram anggunpramudita30)

Panggung

Perlahan Tapi Pasti, Anggun Pramudita Andalkan Single ‘Tumbak Cucukan’
Nella Kharisma. Foto: nyatanya.com/ Instagram

Panggung

Nella Kharisma Kuat-kuatan Ati dengan Dory Harsa
Highlight Alamanda Music Corner. (Foto: Dokumentasi FKY 2021)

Panggung

Pertunjukan Highlight FKY 2021, Mereka Alasan Bertemu
Via Vallen dan Chevra Yolandi. (Foto: Instagram @viavallen)

Panggung

“Agakugu Cigintaga Kagamugu”, Via Vallen Pamer Kemesraan
Dari kiri ke kanan, perwakilan seniman Kelompok YOS, Dra. Y Eni Lestari Rahayu dan Bapak Dunadi berbincang mengenai karya kelompok YOS untuk Kalurahan Margodadi. (Foto: Dok.JSSP 4)

Panggung

Pameran Maket JSSP 4 ‘Jogja Patung Publik Nyawiji’ di Pendhapa Art Space
Pameran seni rupa wayang bertajuk "Kita adalah Wayang" diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November. (Foto: Angkasa Pura 1)

Panggung

Pameran Seni Rupa “Kita Adalah Wayang” Digelar di Bandara YIA
Para peserta pameran Rupa Sastra berfoto bersama di depan karya-karya mereka. Karya puisi, cerita, dan artikel dengan polesan sedikit unsur-unsur seni rupa dihadirkan bersama hingga tersebutlah sebuah frasa indah Rupa Sastra. (Foto: Dok.Rupa Sastra)

Panggung

Pertama di Indonesia, SMSR Yogya Gelar Pameran Rupa Sastra
Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi membuka gelaran ARTJOG MMXXI. (Foto:nyatanya.com/YouTube ARTJOG)

Panggung

ARTJOG MMXXI 2021 Resmi Dibuka Sandiaga Uno