Home / Olga

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 10:58 WIB

Sabtu 2 Oktober 2021, Klaster Mimika Tetap Gelar Pertandingan

NYATANYA.COM, Mimika – Klaster Kabupaten PON XX Papua tetap menggelar pertandingan pada Sabtu (2/10/2021), meski mayoritas klaster lain seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Merauke tidak menggelar pertandingan cabang olahraga (cabor) hari ini berkenaan dengan persiapan upacara pembukaan yang akan dilakukan Presiden Jokowi malam ini.

Di Klaster Mimika, dijadwalkan berlangsung pertandingan pada dua cabor yakni aerosport disiplin pertandingan terbang layang dan judo.

Judo, cabor beladiri yang mengedepankan teknik bantingan itu masih menyisakan dua hari lomba. Terdapat delapan nomor lagi yang memperebutkan emas.

Untuk Sabtu (2/10/2021) hari ini akan mempertandingkan nomor Nage no Kata dan Ju no Kata. Kemudian nomor -73 kg, -90 kg, +90 kg putra, dan -57 kg, -70 kg, +70 kg putri, pada Minggu (3/10/2021).

Dari arena matras judo di GOR Neme Yauware, para judoka Pulau Dewata, Bali, tampil paling kuat. Mereka memimpin klasemen sementara perolehan medali judo PON Papua dengan lima emas dan enam perunggu.

Baca juga   Capaska 2021 Jalani Latihan Gabungan Bersama Paspampres

Klasemen Sementara Medali PON XX

Di klasemen medali, DKI masih memimpin perolehan medali, sedangkan Papua berada di urutan kedua.

Atlet-atlet dari kontingen ibu kota, seperti tak terbendung meraih keping demi keping medali dalam perhelatan PON XX 2021 di Papua. Hasilnya mulai tampak ketika DKI makin kukuh di puncak klasemen perolehan medali.

Hingga Sabtu (2/10/2021) pukul 07.00 WIT, DKI bertengger di posisi teratas dengan raihan total 62 medali. Dengan rincian, 28 emas, 14 perak, dan 20 perunggu. Salah satu tambahan emas DKI dihasilkan dari arena sepatu roda nomor bergengsi, maraton putri.

Naura Rahmadija Hartanti berhasil menyentuh garis akhir paling depan dalam laga yang digelar di Bumi Perkemahan Waena, Jembatan Merah, Kota Jayapura, Jumat (1/9/2021).

Atlet berusia 15 tahun ini mencatat waktu tercepat 1 jam 19 menit 13,01 detik setelah menempuh jarak melelahkan sejauh 42.000 meter. Ini adalah emas keempat yang disumbangkan Naura bagi kontingen DKI dalam laga perdananya di ajang pesta olahraga multicabang empat tahunan nasional terbesar.

Baca juga   Klasemen Sementara PON XX - Jabar Makin Tak Terbendung, DIY Posisi 16

Di urutan kedua, kontingen tuan rumah membayangi DKI. Atlet-atlet Bumi Cenderawasih sukses memborong 17 emas, 5 perak, 13 perunggu. Sumbangan emas Papua dalam laga Jumat (1/10/2021) dihasilkan dari cabang dayung.

Stevani Maysche Ibo merebut emas di final nomor kano K-1 200 meter putri di Arena Dayung Teluk Youtefa, Kota Jayapura. Di arena yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Sabtu (2/10/2021) ini, Stevani mencatat waktu terbaik 42,486 detik.

Ini menjadi emas kedua atlet dayung nasional tersebut yang ia setorkan bagi Papua. Sebelumnya ia sudah finish terdepan pada nomor kano K-1 500 meter.

Sementara itu dua kontingen Jawa Barat dan Jawa Tengah saling bersaing di empat besar klasemen medali sementara. Kedua provinsi hanya selisih pada torehan perunggu.

Jabar, juara bertahan PON 2016, bertengger di posisi ketiga dengan 11 emas, 25 perak, 25 perunggu. Kemudian Jateng membuntuti dengan torehan 11 emas, 25 perak, dan 8 perunggu. (*)

Share :

Baca Juga

Atlet paralimpik Kabupaten Semarang dilepas untuk mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua 2021. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Olga

Atlet Paralimpik Semarang Optimis Raih Medali Emas Peparnas Papua
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi secara simbolis memberikan tali asih kepada atlet PON Papua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Pemkot Yogya Beri Tambahan Uang Saku Atlet dan Pelatih PON Papua
Windy Cantika Aisah. (Foto:nyatanya.com/Kemepora RI)

Olga

Viral! Windy Cantika Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade 2020
Danrem 072/ Pamungkas olahraga bersama anggotanya. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Olga

Danrem 072/ Pamungkas Olahraga Bersama Anggota
Atlet 110 Meter Gawang Putra 304 RIO MAHOLTRA (BIRU) asal Sumatera Selatan berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 14.11 mengungguli Hirzan Rahmadon (14.33) diposisi 2. 304 RIO MAHOLTRA (BIRU) berhasil meraih medali emas di lari 110 meter gawang putra. Timika. (Foto: Humas PPM/ Fernando Rahawarin)

Olga

Rio Maholtra Pecahkan Rekor Lari Gawang 110 Meter
Priscillia Gunawan. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Olga

PON XX Papua, Pengabdian Terakhir Priscillia Gunawan
Melani/Mutiara berusaha tampil all out. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Atlet Rowing Melani/Mutiara Berebut Ranking Final C
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali emas kemenangannya di Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto: @Kemenag_RI)

Olga

Indonesia Jago! Greysia Polii/Apriyani Sabet Emas Olimpiade 2020