Home / Peristiwa

Minggu, 11 Juli 2021 - 04:53 WIB

Sah! Delapan Pasangan Nikah Siri Dilegalkan

Plt Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Budiyanto. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Plt Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Budiyanto. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) Tim Penggerak TP PKK Kota Pekalongan meresmikan status delapan pasangan nikah siri. Peresmian status pernikahan tersebut digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Budiyanto, mengungkapkan, kegiatan legalisasi pernikahan itu memang menjadi program tahunan Pemerintah Kota Pekalongan.

“Legalisasi pernikahan ini memang menjadi program pemerintah dari tahun ke tahun, karena banyak masyarakat yang melakukan nikah siri. Sampai mereka tua pun dan sudah punya anak, tetapi legalisasi pernikahan mereka belum ada,” bebernya kepada media, Jumat (9/7/2021).

Baca juga   Korea Bantu Surya Panel dan Water Purifier untuk 5 Kelurahan Ini

Budiyanto menyebutkan, selain peresmian status perkawinan, kedelapan pasangan pengantin tersebut mendapatkan berbagai fasilitasi. Antara lain, mas kawin berupa cincin emas seberat 2,5 gram, seperangkat alat salat, kompor gas, suvenir, dan sejumlah uang.

Baca juga   Bisnis Online Makin Legit, Kemenperin Pacu IKM Go Digital

Budiyanto berharap, dengan dilegalkannya status pernikahan maka pasangan suami istri tersebut akan mendapatkan buku nikah yang bisa digunakan untuk mengurus pembaruan KTP, KK. Bahkan bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan program pemerintahan, serta hak-hak waris

“Bagi yang ingin melegalisasikan pernikahannya, kami sudah koordinasi kepada kelurahan dan kecamatan, untuk menginformasikan kepada masyarakat. Masyarakat yang ingin dilegalisasikan pernikahannya silahkan bisa mendaftarkan ke Dinsos-P2KB,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Dinsos DIY menggelar kegiatan Penguatan Nilai-Nilai Kesetiakawanan Sosial melalui Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial, di Aula Kalurahan Donoharjo, Kapanewong Ngaglik, Sleman, Sabtu 9 Oktober 2021. (MC Sleman)

Peristiwa

Restorasi Sosial untuk Kembalikan Nilai Luhur Budaya Jawa
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melihat fasilitas RS Respati yang baru diresmikannya sebagai RS Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Sleman)

Peristiwa

RS Respati Sleman Resmi Menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19
Ganjar Pranowo dalam kunjungannya ke Blora. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Abdurrahman Wahid Diusulkan Jadi Nama Bandara Blora
Haryadi Suyuti saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di BPD DIY. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Tambah Gerai Vaksin di Kantor Pusat BPD DIY
Pementasan ketoprak jadi sarana untuk mensosialisasikan pengetahuan akan cukai rokok, sebagai upaya Pemkab Sleman memerangi peredaran rokok ilegal di wilayahnya. (Foto:Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Sosialisai Cukai Rokok Lewat Pentas Ketoprak
Hiu Paus (Rhincodon typus) termasuk jenis ikan Appendix II Convention of International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) dan masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) dengan status endangered (EN). (Foto: dok KKP/InfoPublik)

Peristiwa

KKP Dorong Pemda Susun Rencana Aksi Daerah Konservasi Hiu Paus
PT Angkasa Pura/AP I (persero) melalui anak usaha Angkasa Pura (AP) Logistik pada Rabu, 1 Desember 2021 meresmikan pembukaan rute kargo internasional perdana Makassar - Singapura. (Foto: Angkasa Pura I)

Peristiwa

AP Logistik Buka Penerbangan Kargo Makasar – Singapura
Pelaksanaan vaksinasi di Graha Bhumi Phala Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Temanggung Gelar Vaksinasi Serentak Tahap 2