Home / Buku

Rabu, 23 Juni 2021 - 16:23 WIB

Saludin Muis, Peraih Rekor MURI Pengarang Buku TI Terbanyak 2021

Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Penulis buku Dr. Ir. Saludin Muis, M.Kom. meraih rekor MURI sebagai pengarang buku Teknologi Informasi Terbanyak tahun 2021. Sebuah pencapaian yang bukan saja membanggakan bagi Saludin Muis, tetapi juga dunia pustaka di Tanah Air.

Sampai saat ini, penulis kelahiran Pulau Halang (Riau) pada tahun 1965 sudah mengarang buku Teknik Informasi dan bidang lain sebanyak 105 judul, dan masih terus produktif melahirkan buku-buku baru untuk memperkaya khasanah pustaka di Indonesia.

Saludin Muis menyelesaikan pendidikan Six Sigma black belt (Motorola) pada 2009, dan memperoleh penghargaan Egret Friendship Award dari pemerinah Xiamen (China) pada 2014.

Penghargaan lain yang pernah diterima Saludin Muis. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta, termasuk salah satu yang banyak menerbitkan buku-buku karya Saludin Muis. Direktur Graha Ilmu, Jozep Edyanto menjelaskan, Saludin Muis termasuk penulis yang produktif.

Baca juga   Perpustakaan Kota Yogya Kembali Layani Peminjaman Buku 'Drive Thru'

“Sampai sekarang sudah puluhan buku kami terbitkan, dan sejumlah buku baru beliau sedang kami persiapkan terbit,” terang Jozep Edyanto di kantornya, di kawasan Jambusari Sleman Yogyakarta belum lama ini.

Salah satu buku Saludin Muis yang masih dalam proses produksi dan siap diterbitkan Graha Ilmu adalah ‘Strategi Persaingan Bisnis Dalam Lingkungan Industri Manufaktur – Antara Teori Modern dan Seni Perang Sun Tzu’, yang merupakan pengalaman berharganya bekerja di perusahaan kelas dunia.

Sejumlah buku Saludin Muis yang diterbitkan penerbit Graha Ilmu. (Foto:nyatanya.com/Graha Ilmu)

Saludin Muis menyelesaikan pendidikan strata-1 di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Strata-2 di STTIBI Jakarta dan strata-3 di Universitas Borobudur Jakarta. Saludin Muis memiliki segudang pengalaman di bidang elektronika maupun manajemen produksi, terutama di lingkungan perusahaan asing. Dimulai pada 1989 bekerja di lingkungan produksi sampai 2008 hingga dipindahkan ke kantor pusat di luar negeri yang merupakan salah satu produsen terbesar dunia pada bidang layar sentuh/touch screen sebagai Sr Principal Engineer. Saludin Muis bertanggung jawab pada failure analysis dan solusi permasalahan.

Baca juga   Data Satelit Bisa Diperoleh Secara Gratis

Pada 2011-2016 Saludin Muis menjabat sebagai direktur teknis pada bagian yang sama (LAB) dan merangkap sebagai konsultan untuk dept. QC. Tahun 2018 sampai sekarang sebagai dosen. (N1)

Share :

Baca Juga

Buku Diplomasi Indonesia di Era Global yang ditulis Desy Nur Aini Fajri bersama mahasiswanya. (Ilustrasi/Foto: dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Meski Pandemi, KBRI Beijing Terus Lakukan Diplomasi
Christanti Zaenal Arifin menggelar 'Bunda PAUD Mengajar' dengan membacakan dongeng bagi anak-anak. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Buku

Tingkatkan Literasi Anak, Bunda PAUD Bacakan Dongeng Secara Daring
Prof. Ir. Supriharyono. M.S., PhD. dan buku Manajemen Sumberdaya Perairan. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Pencemaran Perairan Semakin Parah! Diperlukan Upaya Ekstra Penyelamatan
Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung secara virtual. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Buku

Tingkatkan Literasi, TP PKK Temanggung Dorong Pojok Baca untuk Masyarakat
Buku Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Buku

Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis
Buku Pembangunan Ekonomi Daerah dan Desa. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Pembangunan Ekonomi Daerah dan Desa Masih Banyak Kendala
Buku Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan penulis Ir. Anizar, M.Kes. (Foto:dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Angka Kecelakaan Kerja Masih Tinggi
Vini Indriasari dan bukunya Citra Digital dengan Remote Sensing. (Ilustrasi grafis: nyatanya.com/Foto: dokumentasi Teknosain)

Buku

Data Satelit Bisa Diperoleh Secara Gratis