Home / Buku

Rabu, 23 Juni 2021 - 16:23 WIB

Saludin Muis, Peraih Rekor MURI Pengarang Buku TI Terbanyak 2021

Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Saludin Muis dan penghargaan MURI yang diterimanya. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Penulis buku Dr. Ir. Saludin Muis, M.Kom. meraih rekor MURI sebagai pengarang buku Teknologi Informasi Terbanyak tahun 2021. Sebuah pencapaian yang bukan saja membanggakan bagi Saludin Muis, tetapi juga dunia pustaka di Tanah Air.

Sampai saat ini, penulis kelahiran Pulau Halang (Riau) pada tahun 1965 sudah mengarang buku Teknik Informasi dan bidang lain sebanyak 105 judul, dan masih terus produktif melahirkan buku-buku baru untuk memperkaya khasanah pustaka di Indonesia.

Saludin Muis menyelesaikan pendidikan Six Sigma black belt (Motorola) pada 2009, dan memperoleh penghargaan Egret Friendship Award dari pemerinah Xiamen (China) pada 2014.

Penghargaan lain yang pernah diterima Saludin Muis. (Foto:nyatanya.com/Istimewa)

Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta, termasuk salah satu yang banyak menerbitkan buku-buku karya Saludin Muis. Direktur Graha Ilmu, Jozep Edyanto menjelaskan, Saludin Muis termasuk penulis yang produktif.

Baca juga   Indonesia Melawan Corona Ala Kartunis

“Sampai sekarang sudah puluhan buku kami terbitkan, dan sejumlah buku baru beliau sedang kami persiapkan terbit,” terang Jozep Edyanto di kantornya, di kawasan Jambusari Sleman Yogyakarta belum lama ini.

Salah satu buku Saludin Muis yang masih dalam proses produksi dan siap diterbitkan Graha Ilmu adalah ‘Strategi Persaingan Bisnis Dalam Lingkungan Industri Manufaktur – Antara Teori Modern dan Seni Perang Sun Tzu’, yang merupakan pengalaman berharganya bekerja di perusahaan kelas dunia.

Sejumlah buku Saludin Muis yang diterbitkan penerbit Graha Ilmu. (Foto:nyatanya.com/Graha Ilmu)

Saludin Muis menyelesaikan pendidikan strata-1 di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Strata-2 di STTIBI Jakarta dan strata-3 di Universitas Borobudur Jakarta. Saludin Muis memiliki segudang pengalaman di bidang elektronika maupun manajemen produksi, terutama di lingkungan perusahaan asing. Dimulai pada 1989 bekerja di lingkungan produksi sampai 2008 hingga dipindahkan ke kantor pusat di luar negeri yang merupakan salah satu produsen terbesar dunia pada bidang layar sentuh/touch screen sebagai Sr Principal Engineer. Saludin Muis bertanggung jawab pada failure analysis dan solusi permasalahan.

Baca juga   Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara

Pada 2011-2016 Saludin Muis menjabat sebagai direktur teknis pada bagian yang sama (LAB) dan merangkap sebagai konsultan untuk dept. QC. Tahun 2018 sampai sekarang sebagai dosen. (N1)

Share :

Baca Juga

Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung secara virtual. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Buku

Tingkatkan Literasi, TP PKK Temanggung Dorong Pojok Baca untuk Masyarakat
Selain penghargaan untuk Sri Sultan, Daerah Istimewa Yogyakarta juga menerima penghargaan sebagai Provinsi Pencapai Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Tertinggi se-Indonesia Tahun 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Buku

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2021

Buku

Walikota Yogya Raih Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021
Bupati Kudus HM Hartopo saat mengunjungi perpustakaan daerah di Desa Tumpangkrasak dan Loram Wetan. (Foto: Diskominfo Kudus)

Buku

Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meninjau pembangunan Diorama Kearsipan yang telah sampai pada tahap akhir, Selasa (16/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Buku

Diorama Kearsipan, Rangkum Sejarah Yogyakarta Selama 430 Tahun
Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Buku

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten
Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten akan dikembalikan ke arsitektur aslinya bergaya kraton Surakarta dan Yogyakarta. (Foto: MC Kab Klaten)

Buku

Asyiknya Baca Buku di Perpustakaan Klaten yang Bernuansa Kraton
Melaty Anggraini, Nadia Fransiska, dan Jesica Nikita Rachel. (Foto: dokumentasi pribadi)

Buku

Menyiasati Isu Lingkungan Masyarakat Eropa