Home / Wisata

Senin, 16 Agustus 2021 - 09:38 WIB

Sambanggo, Andalan Kulonprogo Tata Pariwisata di Tengah Pandemi

Sambanggo, jadi program andalan Pemkab majukan pariwisata di Kulonprogo. (Foto:Humas Kulonprogo)

Sambanggo, jadi program andalan Pemkab majukan pariwisata di Kulonprogo. (Foto:Humas Kulonprogo)

NYATANYA.COM, Kulonprogo – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo melalui Dinas Pariwisata turut memiliki kepedulian tinggi untuk terus berupaya bangkit akibat pandemi Covid-19 yang berimbas juga pada sektor pariwisata.

Hal tersebut dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan Program Gerakan Sambanggo yang digelar di Destinasi Wisata Gunung Kuniran Pandu Hargorejo Kapanewon Kokap, Sabtu (14/08/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kulonprogo Drs. H Sutedjo, Wakil Bupati Fajar Gegana, Ketua DPRD Kabupaten Kulonprogo Akhid Nuryati, SE serta Kepala Dinas Pariwisata Joko Mursito,SSn, MA.

Kepala Dinas Pariwisata Joko Mursito,SSn, MA menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Program Gerakan Sambanggo yang telah bergulir satu tahun yang lalu.

Sambanggo atau Sambang Gisik, Sambang Gawe, Sambang Gunung adalah sebuah upaya dari semangat nyata membenahi dan menata sektor pariwisata ditengah pandemi.

Baca juga   Wisata Candi Prambanan Kembali Ditutup Sampai 5 Juli 2021

“Meskipun saat ini kondisi pariwisata tengah sulit, kita tetap harus semangat, serta melakukan banyak pembenahan selama pandemi ini agar nantinya siap saat sewaktu-waktu dibuka kembali,” kata Joko.

Menurut Joko, saat ini Sambanggo baru mencakup sepuluh titik destinasi wisata. Banyak proposal yang masuk namun pihaknya baru fokus pada destinasi-destinasi wisata yang saat ini sedang melakukan upaya nyata untuk membenahi destinasinya masing-masing dikarenakan keterbatasan dana.

“Situasi masing-masing destinasi berberda-beda, Dinas Pariwisara terus berupaya menfasilitasi kebutuhan pelaku usaha sesuai kebutuhan masing-masing,” imbuhnya.

Ditambahkan Joko, selama ini pihaknya juga terus berkomunikasi dengan para pelaku usaha dalam hal pengelolaan maupun fasilitasi kebutuhan yang mendesak seperti vaksinasi.

Selain itu juga terus melakukan monitoring terkait sarana pendukung protokol kesehatan. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada kesempatan ini antara lain padat karya membersihkan destinasi wisata, penyemprotan disinfektan serta pemberian modal kegiatan promosi wisata. Adapun seluruh anggaran kegiatan berasal dari Dana Keistimewaan DIY.

Baca juga   Teh Talua, Rasanya Nendang Bikin Pria Tambah Garang

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo mengapresiasi kegiatan ini semoga membawa manfaat yang lebih besar utamanya bagi perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Kulon Progo dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, sehingga geliat pariwisata akan kembali terasa dan ekonomi masyarakat kembali pulih saat sudah dibuka kembali.

“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk menyikapi kondisi pariwisata selama pandemi dan guna menjaga destinasi wisata tetap terpelihara, sehingga saat PPKM dicabut nanti, mereka sudah siap tertata dan rapi,” kata Sutedjo. (*)

Share :

Baca Juga

Tak hanya rapat kerja dan rapat pleno nasional. B2W juga gowes bareng di sekitar kawasan wisata Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Komunitas Bike To Work Gowes Bareng di Borobudur
Selama pandemi pengunjung di GLZoo, hanya dibawah 50 orang. Dengan jumlah ini tentu cukup berat bagi GLZoo. (Foto: Dokumentasi GLZoo)

Wisata

Maaf Lur, Mulai Senin 27 September 2021 Gembira Loka Zoo Tutup
Nuryanto mendapatkan penghargaan Satya Lancana Kepariwisataan dari Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Konsisten Kelola Wisata Desa, Nuryanto Raih Satya Lancana Kepariwisataan
Teh Talua, minuman khas Sumatera Barat. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Teh Talua, Rasanya Nendang Bikin Pria Tambah Garang
Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Wisata

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik
Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan
Salah satu objek wisata di Batang yang ditutup sementara selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Membandel, Pengelola Objek Wisata Akan Disanksi Tegas

Wisata

Jadi Syarat Wajib, Destinasi Wisata Harus Melengkapi CHSE dan QR Code PeduliLindungi