Home / Peristiwa

Minggu, 20 Juni 2021 - 21:03 WIB

Sambil Gowes, Ganjar Pranowo Cek Tempat Isolasi Terpusat di Salatiga

Ganjar Pranowo berbincang dengan nakes di RSUD Salatiga. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Ganjar Pranowo berbincang dengan nakes di RSUD Salatiga. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Salatiga – Untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang tinggi di Kota Salatiga, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sembari gowes mengecek kesiapan RSUD Salatiga dan tempat isolasi terpusat di kompleks Wisma Widya Graha LP3S Sinode Salatiga, Minggu (20/6/2021).

Di sela kunjungan itu Ganjar kembali mengingatkan agar masyarakat terus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Ia juga mengajak para penyintas Covid-19 untuk ikut menyosialisasikan bahaya Covid-19, terutama varian delta yang sudah terdeteksi di beberapa daerah di Jawa Tengah.

“Kita cek persiapan penambahan tempat tidur sudah siap, baik ICU maupun isolasi. Ini saya sedang ada di tempat isolasi terpusat. Tempatnya bagus dan kata teman-teman yang menjalani isolasi, pelayanannya baik. Kita minta mereka untuk ikut menyosialisasikan kepada masyarakat, karena di antara mereka ada yang dari klaster kerja, ibadah, dan ada dari keluarga. Saya berharap mereka bisa bercerita, saya minta ngevlog agar bisa mengedukasi masyarakat,” katanya usai mengunjungi Wisma Widya Graha LP3S Sinode, Salatiga.

Baca juga   Bergejala Covid Tapi Tidak Tes, Jadi Kendala Donor Plasma Konvalesen

Ditambahkan, video yang dibuat oleh para pasien yang sedang menjalani isolasi tersebut, diminta untuk diunggah ke media sosial. Tidak hanya itu, Ganjar juga secara langsung meminta kepada para penyintas agar menjadi agen untuk sosialisasi protokol kesehatan di lingkungannya.

Sebelum mengunjungi tempat isolasi terpusat, Ganjar didampingi Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris menyempatkan mampir di RSUD Salatiga. Di rumah sakit tersebut tingkat keterisian ruang isolasi sudah mencapai 91 persen, dan ruang ICU penuh. Dinas Kesehatan Kota Salatiga dan pihak RSUD sudah siap mengonversi gedung rawat inap VIP, yang terdiri atas tiga lantai, untuk dijadikan ruang isolasi pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif. Untuk ruang ICU rencana akan ditambah enam kamar.

Baca juga   Bulan Dana PMI Terapkan Pembayaran Digital

Adapun untuk tempat isolasi terpusat, selain Wisma Widya Graha LP3S Sinode juga disiapkan tempat di kompleks Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah di Jalan Hasanudin Salatiga.

“Salatiga sampai saat ini masih bisa terkendali, tetapi tetap saya minta untuk menghitung sehingga kalau kasus naik bisa siap-siap untuk antisipasi. Termasuk sudah diterjunkan relawan-relawan dari para perawat yang disiapkan oleh pemkot. Mereka melayani dan cara ini bisa dipakai untuk dukungan SDM yang sifatnya tidak tetap. Perawat ini bisa membantu untuk menyelesaikan persoalan yang ada di sini,” kata Ganjar. (*)

Share :

Baca Juga

Hadiah Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2021 diserahkan oleh Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, beberapa waktu lalu di Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Ini Dia Pemenang Lomba Pemuda Pelopor Tahun 2021 Kota Yogya
Pemasangan fasilitas wifi hingga 100 Mbps di GOR Gelarsena. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Permudah Komunikasi Pasien, GOR Gelarsena Dilengkapi Wifi
Heroe Poerwadi memimpin jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gelar Prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo
Pelakasanaan vaksinasi di Desa Madu Kecamatan Mojosongo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab.Boyolali)

Peristiwa

Warga Lereng Merapi Terima Vaksinasi Tahap Kedua
Patroli malam terus akan digencarkan di wilayah Kabupaten Sukoharjo. (Foto:Humas Kab.Sukoharjo)

Peristiwa

Gencarkan Patroli Malam, Imbau Warga Taat Prokes
Selain melantik pengurus baru KUB Bener, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi MA juga meresmikan mobil ambulans milik KUB Bener. (Foto: Dokumentasi KUB Bener)

Peristiwa

Wawali Lantik Pengurus Baru Forum Kerukunan Umat Beragama Kelurahan Bener
Pojok hijau dan Muria Farm di Desa Besito menghasilkan sayuran berkualitas. (Foto: Diskominfo Kudus)

Peristiwa

PKK Dorong Geliat UMKM dalam Masa Pemulihan Ekonomi
Penyerahan pataka oleh Ketua PWI DIY Hudono kepada Ketua IKWI terpilih Sri Surya Widhati. (Foto: Dokumentasi PWI DIY)

Peristiwa

Sri Surya Widhati Kembali Pimpin IKWI DIY