Home / Peristiwa

Senin, 13 Desember 2021 - 19:48 WIB

Sambut Nataru, Bupati Wonosobo Tak Ingin Kecolongan Kasus Covid-19

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat dalam rakor lintas sektor yang digelar Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda di Gedung Korpri, Senin (13/12/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Wonosobo)

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat dalam rakor lintas sektor yang digelar Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda di Gedung Korpri, Senin (13/12/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Wonosobo diprediksi mengundang kehadiran banyak pelancong maupun pemudik dari berbagai Kota besar di Indonesia.

Mengantisipasi sejumlah kerawanan pada event tahunan tersebut, Pemerintah Daerah pun bersiap dengan menjalin kooridinasi lintas sektor, mulai dari unsur TNI-Polri, Perangkat Daerah terkait, hingga jajaran pemangku wilayah.

Serta, relawan siaga kebencanaan, hingga supplier bahan bakar minyak dan kebutuhan pokok masyarakat.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat dalam sambutan pengarahannya pada rakor lintas sektor yang digelar Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda di Gedung Korpri, Senin (13/12/2021), menekankan pentingnya semua pihak terkait bersinergi secara solid sehingga potensi-potensi masalah bisa direduksi ke tingkat paling minimal.

Dalam menyongsong perayaan Nataru, tidak hanya dalam keamanan saja perlu kita siapkan, namun penting juga kita cek ketersediaan bahan pokok, bagaimana stok dan harganya,

“Kemudian juga elpiji jangan sampai ketika kebutuhan masyarakat sedang tinggi persediaan justru langka, lalu BBM jangan sampai terlambat pasokannya, agar tidak sampai menimbulkan antrian panjang di SPBU yang bisa memicu masalah baru,” tegas Afif.

Baca juga   Indonesia Jadi Tuan Rumah Forum PBB untuk Mitigasi Risiko Bencana

Ia meminta semua jajaran yang memiliki keterkaitan langsung dengan langkah antisipatif menyongsong Nataru agar tetap berkoordinasi intensif dan cek langsung kondisi riil di lapangan.

Termasuk jajaran Rumah Sakit beserta kelengkapan dan tenaga medis, RSU, RSI, dan RS PKU Muhamadiyah hingga puskesmas-puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya.

“Saya minta siaga dan bersinergi dengan perangkat daerah lain dan unsur aparat keamanan dari TNI-Polri demi mencegah masuknya virus Covid-19,” lanjutnya.

Situasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Wonosobo yang saat ini dinilai Bupati sudah kondusif, harus terus dijaga agar tidak sampai kecolongan dengan munculnya kasus baru konfirmasi positif Covid-19.

Harapan Bupati selaras dengan kesiapan jajaran TNI-Polri dalam menyambut moment NATARU.

Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi menegaskan jajarannya siap siaga menjelang dua momentum penting di Kabupaten dingin, yaitu kunjungan Presiden RI ke Food Estate Desa Lamuk Kalikajar, dan antisipasi perayaan Natal dan pergantian Tahun.

Baca juga   Sahabat Ganjar Magelang Rutin Gelar Jumat Bersih

Sejumlah kerawanan, seperti potensi perusakan gereja, isu SARA, Intimidasi hingga kemacetan di sejumlah persimpangan utama dan hingga bencana alam maupun tindak kriminal disebut Kapolres telah diantisipasi secara matang dengan jumlah personel memadai.

“Termasuk pos pengamanan di perbatasan seperti di Reco, Dieng dan Sawangan juga telah disiapkan rapid test selektif, cek kesehatan dan kartu vaksinasi, sampai pembagian masker,” bebernya.

Senada, Komandan KODIM 0707 Wonosobo Letkol Inf Rahmat dalam paparannya juga menandaskan para personel baik yang berada di Markas Kodim maupun di Koramil di 15 wilayah siap siaga bersinergi dengan semua pihak dalam rangka mengamankan Kabupaten Wonosobo dari gangguan keamanan dan potensi masuknya virus corona.

“Kondusifitas Kamtibmas dan kesehatan warga masyarakat Kabupaten Wonosobo menyambut Natal dan Tahun Baru 2022 menjadi prioritas utama kami, karena itu jajaran Kodim 0707 siap berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak terkait,” pungkas Dandim.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

GKR Condrokirono selaku penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura yang bertindak sebagai perwakilan dari Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pada Jumat (1/4/2022) pukul 10.30 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan resmi menandatangani MoA (Perjanjian Kerja Sama) dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. (Foto: MC Kraton Jogja)

Peristiwa

Gandeng Akademisi untuk Pelestarian Budaya, Keraton Yogyakarta Tandatangani Kerja Sama dengan FIB UGM
Polisi gadungan yang diamankan di Polsek IB II Palembang. Foto: Tribratanews

Peristiwa

Viral di Media Sosial, Polda Sumsel Amankan Polisi Gadungan Berpangkat Kombes
Foto: Bidhumas Polda Jatim

Peristiwa

Polda Jatim Gagalkan Peredaran 36 Kg Sabu dan 15 Ribu Butir Ekstasi di Jawa Timur
Bertemakan “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, perayaan Natal dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, Ketua PGIW Jawa Tengah Pendeta Heru Purwanta, dan wanita inspirasi Indonesia Anne Avantie. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Puncak Perayaan Natal, Ganjar Ingatkan Masyarakat Pentingnya Guyub
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengukuhkan pengurus Paguyuban Dukuh Kabupaten Sleman Cokro Pamungkas periode 2021-2026, Rabu (5/1/2022), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Diharapkan Jadi Mitra Pemerintah, Paguyuban Dukuh Cokro Pamungkas Dikukuhkan Bupati
DPO asal Kejaksaan Tinggi Maluku ini diamankan di Jalan Sarimulya, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Foto: dok. Puspenkum

Peristiwa

Ditangkap di Karawang, Kejagung Amankan Buronan Korupsi Anggaran Dinas Kehutanan Kabupaten Buru Selatan
Pemerintah Kota Yogyakarta meraih penghargaan Top Digital Award 2021 terkait penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi atau digital. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan Top Digital Award 2021
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungan kerjanya di Yogyakarta, Jumat (16/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Shelter Covid-19 Inisiatif UGM, Alternatif Kurangi Beban Rumah Sakit