Home / Wisata

Kamis, 7 Oktober 2021 - 12:17 WIB

Sandiaga Uno Rembug Santai dengan Pelaku Wisata Temanggung

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno melakukan Rembug Santai bersama pelaku wisata, desa wisata dan ekonomi kreatif, bertempat di Kantor Eks Kawedana Parakan. (Foto:MC Kab Temanggung)

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno melakukan Rembug Santai bersama pelaku wisata, desa wisata dan ekonomi kreatif, bertempat di Kantor Eks Kawedana Parakan. (Foto:MC Kab Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno melakukan Rembug Santai bersama pelaku wisata, desa wisata dan ekonomi kreatif, bertempat di Kantor Eks Kawedana Parakan, Rabu (6/10/2021).

Bupati Temanggung HM. Al Khadziq menyampaikan di Kabupaten Temanggung memiliki 92 destinasi yang sudah terdaftar, di mana sekitar 20 destinasi yang aktif, dan kebanyakan destinasi desa wisata.

Desa wisata tersebut masih berupa wisata desa yang perlu arahan dan pembinaan dari agar desa-desa wisata di Temanggung berkembang lebih bagus lagi. Kabupaten Temanggung sejak abad 2 Masehi juga sudah ada peradaban, yaitu dengan ditemukannya Situs Liyangan.

Terkait dengan kesenian di Kabupaten Temanggung terdapat sekitar 1.750 kelompok kesenian berupa seni tradisional yang terdiri dari 60 jenis kesenian.

Baca juga   Horeee, Anak di Bawah 12 Tahun Sudah Bolek Masuk Artos Mall

“Cita-cita dan ambisi Kabupaten Temanggung adalah menjadikan Labupaten Temanggung menjadi kota Festival, mengingat begitu banyaknya potensi seni dan budaya di tengah nasyarkat, hampir di setiap desa punya event kesenian, bahkan tidak hanya sekali bahkan sampai dua kali event kesenian,” tambahnya.

Bahkan, di Temanggung juga potensial untuk “sport tourism”, khususnya olahraga yang terkait dengan gunung, bisa dalam sepeda downhill, motor cross, dan offroad. Selanjutnya Temanggung siap untuk dikembangkan menjadi tempat untuk “sport tourism”.

Menparekraf menyampaikan bahwa Temanggung sebagai daerah yang sangat memiliki pontesi untuk dikembangkan pariwisata dan ekonomi kreatifnya karena langsung bersebelahan dengan destinasi super prioritas Borobudur.

Dengan pembangunan jalan tol dan adanya bandara internasional di Yogyakarta, maka Temanggung bersiap-siap untuk menampung 4-5 juta kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Borobudur yang harus kita buatkan peta perjalanan alternatif yang berkaitan dengan wisata berbasis lingkungan hidup atau wisata berbasis olahraga.

Baca juga   Dukung Konservasi, PT TWC Dukung Pembatasan Akses Naik ke Candi Borobudur

Menurut Menparekraf, ini suatu semangat baru untuk kebangkitan dan Temanggung mempunyai produk-produk ekonomi kreatif seperti kopi terbaik, kuliner, dan pemandangan yang luar biasa. untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Salah satu peserta rembug santai menyampaikan bahwa pelaku wisata DIY, Jateng Jawa barat dan Jawa Timur akan mengadakan tour bersama di Kabupaten Temanggung tanggal 27 dan 28 oktober 2021, berharap kepada bapak Menteri untuk bisa hadir untuk memeriahkan acara tersebut. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Instagram @kratonjogja

Wisata

Tutup Selama Idulfitri dan Prosesi Ngabekten, Keraton Yogyakarta dan Wisata Tamansari Dibuka Besok
Salah satu penampil di Wayang Jogja Night Carnival #7 tahun 2022. (Foto: Dok.Humas Pemkot Yogya)

Wisata

WJNC #8 Puncak HUT ke-267 Kota Yogyakarta Angkat Kisah Pandawa Mahabisekha
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin menjajal offroad di Krasak, Kecamatan Mojotengah, Wonosobo, Selasa (15/2/2022). (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kenakan Sarung Batik, Gus Yasin Jajal Offroad di Krasak Wonosobo
Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr.(H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja ke kawasan Borobudur, Kamis (21/4/2022). Foto: Dok.TWC

Wisata

Libur Lebaran 2022, TWC Borobudur Pastikan Kesiapan Sambut Wisatawan
Jembatan gantung dan gondola menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mengunjungi Girpasang. (Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Viral Usai Dikunjungi Ganjar, Girpasang Raup Pendapatan Hingga Rp75 Juta per Bulan
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno. (Foto: Kemenparekraf)

Wisata

Menparekraf Ingatkan, Covid-19 Naik Wisata Bakal Ditutup Lagi
Pawai Karnaval Budaya dalam rangkaian acara Festival Adat Budaya Nusantara II di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (10/12/2022). Foto: Diskominfo Jateng

Wisata

Pawai Karnaval Budaya Meriah, Indonesia “Tumplek-blek” di Borobudur
Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora didorong untuk menjadi desa wisata hortikultura. Foto: Diskominfo Blora

Wisata

Desa Tempellemahbang Blora Didorong Jadi Destinasi Wisata Petik Jeruk