Home / Panggung

Jumat, 5 November 2021 - 21:51 WIB

Sarat Pesan, Film “Sun On The Lake” Tak Sekadar Potret Keindahan Danau Sentarum

Film drama dokumenter berjudul “Sun On The Lake” ini hanya menggunakan satu artis profesional, Noviana Sapitri yang berperan sebagai Dara. Sementara pemain lain diperankan oleh para pegawai Balai Taman Nasional Danau Sentarum. (Foto: Biro Humas KLHK)

Film drama dokumenter berjudul “Sun On The Lake” ini hanya menggunakan satu artis profesional, Noviana Sapitri yang berperan sebagai Dara. Sementara pemain lain diperankan oleh para pegawai Balai Taman Nasional Danau Sentarum. (Foto: Biro Humas KLHK)

NYATANYA.COM, Jakarta – Film drama dokumenter berjudul “Sun On The Lake” dinilai menampikan edukasi mengenai perlindungan keanekaragaman hayati dan keindahan alam, dengan bahasa sederhana penuh makna dan istilah lokal masyarakat setempat.

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkugan Hidp dan Kehutanan (Dirjen KSDAE KLHK), Wiratno, mengatakan film ini bercerita tentang keindahan Danau Sentarum di Provinsi Kalimantan Barat dan ragam budaya masyarakat Dayak Iban yang hidup berdampingan dengan alam,

“Film ini berusaha menumbuhkan kesan mendalam tentang Danau Sentarum dengan segala sisi kehidupan sehari-harinya,” ujar Dirjen KSDAE KLHK dalam kerangan resmi yang diterima InfoPublik terkait penayangan perdana film Sun On The Lake di Bioskop CGV, Mall Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Baca juga   Tayang di Bioskop 18 November 2021, Sri Sultan Apresiasi Film Losmen Bu Broto

Lebih lanjut Dirjen KSDAE menjelaskan, film ini merupakan kerjasama Kementerian LHK dengan Forest Investment Projects 1 (FIP-1).

Film ini, kata dia, mengambil latar cerita tentang Dara, seorang remaja perempuan dengan jiwa petualang berusaha mencari tahu sosok sang nenek, dari suku Dayak Iban yang tinggal di sekitar Danau Sentarum.

“Perjalanan Dara tersebut sekaligus memotret keindahan Danau Sentarum, memiliki keindahan alam dan ragam budaya yang menarik untuk diketahui dan dikunjungi,” imbuh dia.

Menurut Dirjen KSDAE, materi visual yang tersaji dalam film tersebut bisa membawa penonton untuk mengenal lebih dalam Danau Sentarum yang memiliki berbagai macam potensi jasa lingkungan bernilai tinggi, seperti madu, ikan red arwana.

Baca juga   Ini Dia Pemenang Lomba Kartun Pakarti “Merdeka Guyonan, Guyonan Merdeka”

Selan itu Danau Sentarum diilai memiliki keindahan dan keunikan alam yang bisa menjadi ekowisata, yang mengundang keinginan untuk datang berwisata ke Danau ini.

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Ditjen KSDAE KLHK, Nandang Prihadi menambahkan, produksi film ini terbilang unik karena hanya menggunakan satu artis profesional, yaitu Noviana Sapitri yang berperan sebagai Dara.

Sementara seluruh pemain figuran diperankan oleh para pegawai Balai Taman Nasional Danau Sentarum.

“Film Sun on the Lake akan tayang di platform Telkomsel Maxtrim,” tutur dia. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kartun karya Damianus Novianto Wibisono yang menjadi juara pertama 'Petroka International Cartoon Contest 2021'. (Foto: dokumentasi pribadi)

Panggung

Dua Kartunis Yogya Menangi Lomba ‘Petroka International Cartoon Contest 2021’
Perupa Agus Merapi menyelesaikan lukisan pandemi di koper kuno. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Panggung

Agus Merapi Lahirkan Lukisan Mistisistme di Atas Koper Kuno
Happy Asmara. (Foto:nyatanya.com/Instagram happy_asmara77)

Panggung

Happy Asmara Kembali Rilis Single ‘Siji Wektu’

Panggung

Biennale Jogja XVI Equator #6 Mempertemukan Indonesia-Oseania
Karya Agung Kurniawan di ARTJOG MMXXI berjudul 'Maukah Engkau Menari Denganku Sekali Ini Saja'. (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

ARTJOG MMXXI Time (to) Wonder Berakhir Hari Ini
Pemeran yang digelar dalam rangka merayakan Hari Pahlawan 2021 ini sekaligus penganugerahan Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional. (MC Padang/April/)

Panggung

Pameran 100 Tahun Umar Ismail Digelar di Padang
Film "Andong (Arisan Bodong)" karya Candradimuka Production, Kebumen, meraih penghargaan “Special Mention” dari Kategori Film Fiksi Kompetisi Ide Cerita. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube KPK/Untung Sutomo/InfoPublik)

Panggung

Ini Dia Pemenang Festival Film Antikorupsi 2021, Siapa Tau Kamu Salah Satunya
Salah satu karya perupa di acara live painting on the spot saat berlangsung vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika di Sasana Hinggil, Kompleks Alun-alun Selatan. (Foto: Instagram @gkr_indonesia)

Panggung

Sri Sultan Dorong Perupa Lahirkan Karya Berkelas Internasional