Home / News

Rabu, 6 Oktober 2021 - 17:30 WIB

Sasar Kemantren Umbulharjo, Pemkot Yogya Tuntaskan Vaksinasi Wilayah

Vaksinasi di Kantor Kemantren Umbulharjo, Rabu (6/10/2021). Dalam kegiatan ini 1.500 orang dari Kelurahan Tahunan, Warungboto dan Sorosutan jadi sasaran vaksinasi yang digelar Pemkot Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Vaksinasi di Kantor Kemantren Umbulharjo, Rabu (6/10/2021). Dalam kegiatan ini 1.500 orang dari Kelurahan Tahunan, Warungboto dan Sorosutan jadi sasaran vaksinasi yang digelar Pemkot Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat menggencarkan penuntasan vaksinasi Covid-19 di wilayah. Vaksinasi menyasar penduduk Kota Yogyakarta dan warga domisili di kota, membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

Hari ini kegiatan penuntasan vaksinasi diadakan di wilayah Kemantren Umbulharjo yang selama ini memiliki jumlah penduduk cukup banyak. Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo Rumpis Trimintarta menyebut kegiatan vaksinasi itu menyasar sekitar 1.500 orang dari Kelurahan Tahunan, Warungboto dan Sorosutan.

“Vaksinasi ini menyasar hasil penyisiran data warga yang belum vaksin di Umbulharjo. Di samping penduduk Umbulharjo, warga yang berdomisili di sini tapi bukan NIK kota juga kami prioritaskan,” kata Rumpis di sela vaksinasi di Kantor Kemantren Umbulharjo, Rabu (6/10/2021).

Dia mencontohkan salah satu warga domisili di Umbulharjo tapi bukan pemilik Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kota Yogyakarta adalah asisten rumah tangga. Rata-rata asisten rumah tangga tersebut berasal dari luar Kota Yogyakarta. Namun untuk menciptakan herd immunity maka masyarakat dalam satu wilayah harus divaksin.

Baca juga   Pemkot Surakarta Gencarkan Bus Vaksinasi di Tiap Kelurahan

“Rata-rata asisten rumah tangga ini luar kota tapi kami prioritaskan juga divaksin karena beraktivitas di sini,” ujarnya.

Rumpis menyatakan sampai Rabu (6/10/2021) capaian vaksinasi di Kemantren Umbulharjo sudah di atas 80 persen. Tiga kelurahan di Umbulharjo yang tuntas vaksin yaitu Giwangan, Tahunan dan Warungboto. Sedangkan sisanya seperti Muja Muju , Semaki, Pandeyan dan Sorosutan akan segera dituntaskan.

“Kami undang semua warga yang sudah layak vaksin untuk vaksinasi. Untuk yang tidak layak vaksin karena memiliki komorbid dan penyintas Covid-19 serta penyandang disabilitas yang kesulitan akses akan ada penyisiran program jemput bola dari puskesmas,” jelas Rumpis.

Menurutnya masyarakat di Umbulharjo lebih nyaman mengikuti vaksinasi yang diadakan di wilayah karena dalam satu lingkungan warga. Sebagian warga sebelumnya diundang untuk vaksinasi di sentra vaksinasi di Xt-Square, tapi hanya sebagian yang hadir. Oleh sebab itu vaksinasi perlu diadakan di wilayah tingkat kemantren maupun kelurahan.

Baca juga   1.300 Anak di Salatiga Ikuti Vaksinasi GPIB

Sementara itu salah seorang warga yang mengikuti vaksin Dwi Inang Maryono (34) mengaku selama ini menghindar dari vaksinasi karena takut jarum suntik. Tapi demi kesehatan bersama dari Covid-19, dirinya akhirnya menghadiri undangan vaksin di Kemantren Umbulharjo.

“Terus terang saya takut jarum suntik. Saya harap teman-teman dan saudara-saudara ayolah vaksin. Tidak sakit, cuma merinding sedikit,” tutur Inang.

Sebelumnya Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun menyampaikan akan menyisir warga yang belum vaksin untuk divaksinasi Covid-19.
Kegiatan vaksinasi akan diadakan di wilayah yang jumlah warga belum divaksin masih banyak. Terutama di Kemantren Umbulharjo dan Mergangsan dengan penduduk yang cukup banyak.

“Kami sudah sisir dan akan adakan vaksin setiap hari serempak sampai dengan tanggal 7 Oktober,” ucap Tri Kirana. (*)

Share :

Baca Juga

Pelaku (tengah) diamankan bersama barang bukti diapit prajurit Kodim 0734/Yogyakarta. FOTO : nyatanya.com/Ahmad Zain

News

Minta Sumbangan Catut Institusi Korem 072/Pamungkas, Pensiunan ASN Ditangkap Intel Kodim Yogyakarta
(Foto: citilink.co.id)

News

Akhir Oktober 2021, Citilink Buka Penerbangan di Bandara Ngloram Cepu
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai provinsi yang Tepat Waktu dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Untuk Kedua Kalinya, DIY Terima Penghargaan Tepat Waktu TLHP
Tim Penegakan Hukum Kabupaten Demak intensif lakukan operasi peredaran rokok ilegal. (Foto: Diskominfo Demak)

News

Ribuan Rokok Bodong Ditemukan di Kecamatan Gajah
Gambar visual aktivitas Gunung Merapi, Sabtu (14/8/2021) pukul 07.40 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Pukul 07.40 WIB
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

PPKM Masih Diperpanjang, Hari Ini DIY Tambah 237 Kasus Positif Covid-19
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Bantu Tangani Pasien Isoman, Pemda DIY Rekrut Nakes dari Fakultas Kedokteran
Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Kementerian Pertanian siapkan lahan seluas 300 hektare sebagai lumbung pangan hortikultura. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Antisipasi Anjloknya Harga Cabai, Temanggung Siapkan Lumbung Pangan Hortikultura