Home / News

Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:40 WIB

Satgas Covid-19 Kapanewon Depok Pantau Uji Coba PTMT

Satgas Covid-19 Kapanewon Depok pantau uji coba PTMT di wilayahnya. (Foto: Humas Sleman)

Satgas Covid-19 Kapanewon Depok pantau uji coba PTMT di wilayahnya. (Foto: Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Kabupaten Sleman telah dilaksanakan sejak Senin (11/10/2021). PTMT dilaksanakan untuk jenjang SMP dan SD. Untuk jenjang SMP, dilaksanakan di semua SMP, sedangkan PTMT SD baru dilaksanakan oleh 5 SD per kapanewon.

Guna mencegah klaster baru penularan Covid-19 di sekolah yang sudah menerapkan PTMT tersebut, Satgas Covid-19 Kapanewon Depok memantau proses kegiatan belajar di sejumlah sekolah yang menjadi sampel acak tes swab antigen.

“Untuk SMP yang menjadi sampel adalah SMP Negeri 5 Depok dan SD Negeri Samirono, untuk jenjang SD,” jelas Subiyantara, Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Depok saat memantau PTMT, Kamis (21/10/2021).

Tim Satgas mengunjungi kedua sekolah tersebut lantaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman melakukan tes acak swab antigen untuk mendeteksi dini jika ada siswa, guru maupun karyawan yang terkonfirmasi positif.

Baca juga   Tingkat Kesembuhan Covid-19 di DIY Hari Ini 94,02%

“Selain itu kami juga diberi tugas untuk memantau, memastikan sudah sesuai SOP PTMT dan Prokes,” imbuh Subiyantara.

Sekolah sudah menerapkan sarana dan prasarana sesuai protokol kesehatan (prokes) seperti pengecekan suhu ketika siswa datang, sarana cuci tangan dengan sabun dan penyediaan hand sanitizer, pembedaan jalur keluar masuk, pembatasan jumlah siswa yang masuk per kelas, dan mekanisme pengkloteran peserta didik. Hal tersebut seperti yang sudah diterapkan di SD Negeri Samirono, Kalurahan Caturtunggal, Depok, Sleman.

“Hari ini siswa yang masuk ada 69 siswa kelas 1 dan 6. Siswa dikloter untuk PTMT. Untuk guru tadi sudah di swab ada 10 guru. Sementara yang dijadikan sampel tes swab antigen siswa kelas 6 sejumlah 30 siswa,” terang Isti Yunaidah, Kepala Sekolah SD Negeri Samirono.

Baca juga   Sri Sultan Tegas! Penyaluran Bansos Harus Bebas Potongan Liar

Isti Yunaidah sudah menerapkan kuota siswa per kelas seperti yang sudah ditentukan yaitu 30 persen dari kapasitas ruangan. Ia berharap hasil swab negatif semua, sehingga PTMT dapat berjalan dengan kondusif dan lancar.

Selain itu, Tim Satgas Covid-19 sekolah juga sudah menerapkan prokes antara lain sebelum siswa datang maupun usai pembelajaran dan pergantian kloter, ruangan sudah disemprot disinfektan.

“Petugas swab dari Dinas Kesehatan, sistemnya juga dikloter untuk mengurani kerumunan. Siswa yang sudah di-swab, segera kembali ke kelas masing-masing,” pungkas Isti Yunaidah.

SD yang menjadi uji coba PTMT di Kapanewon Depok sendiri, baru ada 5 sekolah. Sekolah tersebut yaitu SD N Tajem dan SD N Ringinsari di Kalurahan Maguwoharjo, SD N Samirono di Kalurahan Caturtunggal, SD N Bhaktikarya, dan SD Muhammadiyah Kayen di Kalurahan Condongcatur. (*)

Share :

Baca Juga

PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang melakukan rapat pleno secara daring. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Muhammadiyah Imbau Warga Salat Idul Adha di Rumah
Kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA/ Ari Bowo Sucipto

News

Update! Korban Meninggal Dunia Rusuh Suporter di Stadion Kanjuruhan Menjadi 174 Orang
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta dalam periode angkutan lebaran 2024. (Foto: Kemehub)

News

Pergerakan Pesawat Angkutan Lebaran di Soetta pada 2024 Capai 1.236 Penerbangan
Kedatangan vaksin Sinovac diangkut maskapai China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ 8089, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 10:45 WIB. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik).

News

4 Juta Vaksin Sinovac dan 1.263.600 Dosis Pfizer Mendarat di Bandara Soetta
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Covid-19 Harian Bertambah 2.576, Sembuh Bertambah 1.973 Orang
Foto: Diskominfo Kab Semarang

News

Pembebasan Tanah Proyek Tol Yogya – Bawen di Kandangan Tercepat
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers. (Foto: Kemenhub)

News

Hindari Terjebak Kemacetan Parah, Ini Tanggal Baik untuk Mudik
Menkominfo Jhonny G. Plate di Media Center KTT G20 Nusa Dua Bali, Rabu (16/11/2022). Foto: Jhon/InfoPublik

News

Menkominfo: Isu Digital Jadi Perhatian dan Kesepahaman di KTT G20 Bali