Home / Militer

Selasa, 24 Agustus 2021 - 13:12 WIB

Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Gemakan Merah Putih dan Doa Bersama di Perbatasan RI-PNG

Kegiatan chef  dan doa bersama, mempererat tali persaudaraan di tapal perbatasan Indonesia-PNG. (Foto: Dokumentasi Pen Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

Kegiatan chef dan doa bersama, mempererat tali persaudaraan di tapal perbatasan Indonesia-PNG. (Foto: Dokumentasi Pen Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

NYATANYA.COM, Pegunungan Bintang  – Dalam rangka meramaikan HUT RI ke-76, Pos Serambakon Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bersama-sama dengan Kepala Distrik Serambakon dan Masyarakat Kampung Wanbakon serta Kampung Seramkatop menggelar acara chef (bakar batu) doa bersama.

Acara yang digelar di lapangan Kampung Wanbakon, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua ini makin meriah dengan dinyanyikannya lagu-lagu perjuangan dan lagu khas Papua, diteruskan makan bersama.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya dari Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (23/8/2021).

Dansatgas menyampaikan, Selain mengamankan perbatasan negara, tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista adalah melaksanakan pembinaan teritorial terhadap warga binaan salah satunya dengan menggelar kegiatan bakar batu doa bersama masyarakat dan pemerintah setempat.

Hal ini juga dalam rangka mengisi momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, dan menjadi salah satu cara mengajak warga setempat untuk lebih cinta terhadap tanah air Indonesia dan juga lebih dekat dengan personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista.

Baca juga   Perbaiki Jalur Perkampungan, Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/WP Benahi Jalan Rusak di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Dengan kegiatan ini diharapkan warga dan prajurit dapat saling bekerja sama dan saling melengkapi dalam menghadapi kendala-kendala yang ada, baik sekarang ataupun dikemudian hari.

“Melalui kegiatan chef  ini Personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Serambakon bekerjasama dengan pemerintah Serambakon, masyarakat kampung Wanbakon dan masyarakat kampung Seramkatop untuk mengajak seluruh masyarakat distrik Serambakon melaksanakan doa bersama mengisi hari kemerdekaan republik Indonesia dilanjutkan dengan makan bersama dalam satu tempat yang menunjukan bahwa masyarakat Boven Digoel yang berada di ujung timur Indonesia akan tetap bersatu menjaga keutuhan Bangsa dan Negara dalam bingkai NKRI tanpa membeda-bedakan suku, agama dan menjunjung tinggi toleransi serta norma-norma adat,” ujar Dansatgas.

Ditempat terpisah, Danpos Serambakon Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Prayitno mengatakan bahwa melalui momentum kegiatan ini  dengan maksud untuk menciptakan rasa damai dan nyaman kepada masyarakat.

Selain itu juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan hubungan kepercayaan yang baik antara masyarakat dengan TNI khususnya Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Serambakon dan Pemerintah.

Baca juga   Dandim Kota Yogya Hadiri Launching 'Jogja Merdeka Vaksin'

“Kegiatan chef  ini merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam program pembinaan teritorial yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, bertujuan untuk melakukan pendekatan secara komunikatif dan simpatik agar dapat menyentuh hati masyarakat sehingga dapat menumbuh kembangkan rasa nasionalisme, cinta tanah air dan toleransi sesama umat beragama,” ucap Prayitno.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Kampung Wanbakon, Veto Oktemka (42) mengucapkan terimakasih kepada personel Pos Serambakon Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista yang telah banyak membantu masyarakat dan rutin berkunjung ke rumah-rumah warga di kampung Wanbakon sehingga masyarakat merasa senang, dekat dan merasa aman.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan secara terus-menerus sehingga dapat semakin memupuk tali persaudaraan antara masyarakat dengan bapak-bapak TNI Pos Serambakon dan menambah hubungan yang harmonis antara kita, untuk itu saya atas nama warga kampung Wanbakon mengucapkan terimakasih,” ujar Veto. (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit Yonif 512 beri penyuluhan pertanian. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Tingkatkan Hasil Panen, TNI Gelar Penyuluhan Pertanian di Perbatasan RI-PNG
Darmini tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat mendapat kabar rumahnya akan direhab Tim Satgas TMMD. (Foto:nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Satgas TMMD ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Rehab Rumah Darmini
Prajurit Yonif 512/QI sosialisaikan Prokes kepada warga perbatasan. (Foto : dokumentasi Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Bersama Kepala Distrik Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Perbatasan Papua
Pembukaan TMMD Reguler 212 dan Sengkuyung Tahun 2021 Kodim 0705 Magelang yang akan fokus membuka akses warga di Desa Ketep. (Foto: Humas/beritamagelang)

Militer

TMMD Reguler 112 Buka Akses Antar Desa Menuju Ketep Pass
Prajurit Yonif 403/WP lakukan sweeping. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Cegah Barang Ilegal, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Gelar Sweeping
Warga secara sukarela menyerahkan barang terlarang berupa narkoba jenis ganja kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Warga di Wilayah Perbatasan RI-PNG Serahkan Barang Ilegal Kepada Satgas Pamtas Yonif 403/WP
Wadan Satgas Yon 403/WP siaran melalui RRI Papua. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Militer

Dukung Program Satgas Pamtas Papua-PNG, TNI Yonif 403/WP Menyapa Pendengar Setia RRI
Saat stirahat lepas pengerjaan rehab rumah tidak layak huni Serda Warimin melakukan komunikasi sosial dengan Ngatemin. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Komsos Bagian dari Tugas Anggota Satgas TMMD Reguler Kodim 0726 Sukoharjo