Home / Militer

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 14:25 WIB

Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Laksanakan Patroli Patok Perbatasan RI-PNG

Prajurit Yonmek 403/WP laksanakan patrol patok batas.  (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Prajurit Yonmek 403/WP laksanakan patrol patok batas. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom – Dalam rangka melaksanakan tugas pokok satuan tugas pengamanan perbatasan di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/WP Pos Somografi melaksanakan kegiatan patroli menuju ke patok perbatasan antara Negara RI dengan Negara PNG untuk memastikan bahwa patok batas Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam keadaan aman, dalam kondisi yang baik dan terjaga di Kampung Tatakra, Distrik Tatakra, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, (28/8/2021).

Dansatgas mengatakan bahwa salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP yaitu kegiatan patroli di tapal batas negara dengan melaksanakan patroli menuju patok perbatasan antara Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Negara Papua New Guinea.

Baca juga   Target TMMD Sengkuyung Tahap II Selesai Sebelum PPKM Darurat

Selain itu dengan kegiatan patroli ke patok perbatasan negara ini diharapkan dapat mencegah atau meminimalisir dan mengatasi apabila terdeteksi adanya ancaman dari pihak asing maupun kegiatan kriminal lintas batas di wilayah perbatasan antar kedua negara.

“Salah satu tugas Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Mekanis 403/WP demi menjaga keutuhan wilayah perbatasan negara serta mengatasi ancaman pada masa sekarang maupun masa yang akan datang terhadap kedaulatan negara yaitu dengan melaksanakan patroli dengan checkpoint patok perbatasan negara,” ucap Dansatgas.

Terpisah, Danpos Somografi Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Letda Inf  negara ini dilaksanakan sebagai bentuk dari tanggung jawab  posnya.

Patroli ditempuh dengan pasukan berjalan kaki selama kurang lebih 1 (satu) hari 1 (satu) malam dengan jarak tempuh kurang lebih 7 (tujuh) karvak dari pos menuju ke patok perbatasan di kampung Tatakra Distrik Tatakra Kabupaten Keerom, Papua.

Baca juga   Sambangi Lokasi Isolasi di Solo, Kasad Siap Sinergi Penanganan Covid-19

Sementara itu, Ketua Adat atau Ondoafi kampung Tatakra Bapak Anton Balls (55) mengatakan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan, pemberian vitamin dan makanan bergizi ini sangat membantu warga kampungnya yang memang membutuhkan.

Selain itu karena kampung Tatakra berada di wilayah perbatasan maka sangat jarang warga kampungnya yang mengalami sakit dapat berobat ke rumah sakit atau ke klinik kesehatan sebab jarak tempuh yang sangat jauh dan jalur pelintasan baru dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri hutan dan sungai.  (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit kesehatan Yon 512/QY cek kesehatan warga perbatasan. (Foto: Penerangan 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Berikan Pelayan Kesehatan Keliling di Perbatasan RI-PNG
Kerja sama antara Satgas TMMD dan masyarakat. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Kerjasama yang Solid Percepat Target TMMD Reguler ke-111
Prajurit Yon 403/WP laksanakan patroli dan pengecekan patok batas Papua-PNG. (Foto: Penerangan Yon 403/WP)

Militer

Sambut HUT RI Ke-76, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Laksanakan Patroli Patok Wilayah RI-PNG
Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

Militer

Kodim 0723 Klaten Fasilitasi 500 Vaksinasi
Prajurit Satgas Yonmek 512/QY bagikan masker kepada warga. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Bagikan Masker, Satgas Yonif 512/QY Imbau Warga Perbatasan Disiplin Prokes
Darmini tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat mendapat kabar rumahnya akan direhab Tim Satgas TMMD. (Foto:nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Satgas TMMD ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Rehab Rumah Darmini
Prajurit Yonif 403 bagikan alat sekolah. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403 Bagikan Alat Sekolah di Perbatasan RI-PNG
Penyuluhan kesehatan tentang bahaya Covid-19 dan pencegahannya kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Okbibab, Kampung Abmisibil, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto: Pen Yonif Mekanis 403/WP)

Militer

Cegah Covid-19, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Berikan Penyuluhan kepada Siswa di Wilayah Perbatasan RI-PNG