Home / Militer

Selasa, 3 Agustus 2021 - 13:18 WIB

Satgas Pamtas Yonif 403/WP Ajarkan Warga Papua Bikin Makanan Olahan Singkong

Prajurit Yon 403/WP ajarkan perempuan perbatasan Papua-PNG bikin olahan singkong. (Foto : dokumentasi Yon 403/WP)

Prajurit Yon 403/WP ajarkan perempuan perbatasan Papua-PNG bikin olahan singkong. (Foto : dokumentasi Yon 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom, – Pos Ubrub Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista setelah memperkenalkan salah satu kuliner olahan dari Sisgkong dan ubi kepada masyarakat dilanjutkan dengan mengajak para mama untuk membuat aneka makanan olahan kreatifitas masyarakat di Kampung Umuaf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, dalam rilis tertulisnya. Selasa, (3/8/2021).

Dansatgas mengatakan kegiatan ini selain merupakan salah satu wujud pembinaan teritorial yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 403/WP juga sebagai bentuk penyaluran minat dan bakat mama-mama di wilayah perbatasan agar semakin kreatif dalam membuat makanan olahan yang bahan dasarnya bisa di dapatkan dari sekitar lingkungannya, pemanfaatan sumber daya alam yaitu singkong atau umbi-umbian sering dijumpai.

Baca juga   Tingkatkan Layanan Kesehatan, Satgas Yonif 512/QY Lakukan Pengobatan Keliling

“Manfaat singkong untuk kesehatan selain mampu menurunkan berat badan dapat juga menambah energi, mengandung antioksidan, meminimalisir penyakit jantung dan mencegah kanker. Singkong fermentasi dapat menimbulkan efek hangat, apabila diolah menjadi makanan akan memiliki cita rasa yang khas, oleh karena itu kami ingin memperkenalkan dan mengajarkan kepada warga binaan kami yang ada di wilayah perbatasan ini tentang tata cara membuat makanan olahan yang menarik dari singkong,” ucap Dansatgas.

Terpisah, Dankipur II Poskoki Ubrub Lettu Inf Fatkhur Greha W, S.T.Han. yang mengarahkan langsung kegiatan ini mengungkapkan kampung Yamrab 1 (satu), Kampung Yamrab 2 (dua), Kampung Batu Pecah dan Kampung Umuaf  merupakan salah satu desa yang memiliki potensi hasil pertanian yang melimpah salah satunya singkong atau tanaman yang memiliki umbi.

Baca juga   Amankan Batas Negara, Satgas Yonif 512/QY Patroli Patok Perbatasan

Melihat potensi tersebut maka terbesit ide untuk berbagi informasi untuk pengolahan singkong atau ubi yang lebih menarik tidak hanya direbus atau digoreng.

“Sekitar 60 (enam puluh) orang para mama dan adik-adik perempuan yang hadir dalam kegiatan ini, Setelah mereka mencoba contoh makanan olahan yang kami buat kemudian bersama-sama mulai memperaktikannya dengan dituntun oleh personel Pos Ubrub menggunakan bahan dasar berbekal ragi dan singkong yang difermentasi maupun singkong mentah, alhamdulillah hasilnya sesuai dengan harpan rasanya gurih dan enak,” jelas Fatkhur.  (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit Satgas Yonif 403/WP perbaiki jalan di wilayah perbatasan. (Foto: PeneranganYon 403/WP)

Militer

Perbaiki Jalur Perkampungan, Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/WP Benahi Jalan Rusak di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Warga perbatasan Papua-PNG menerima bantuan sembako dari prajurit Yonmek 512/QY. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Program Jumat Berkah, Satgas Yonif 512/QY Bagikan Sembako Kepada Warga Perbatasan Papua
Prajurit Yonif 512 bersama warga bersihkan gereja. (Foto : dokumentasi Yonif 512/QY

Militer

Satgas Yonif 512/QY Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Gereja
Babinsa Koramil Tegalrejo Serma Mulyono lakukan sambang pos kampling. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Militer

Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Babinsa Koramil Tegalrejo Sambang Pos Kamling
Kerja sama antara Satgas TMMD dan masyarakat. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Kerjasama yang Solid Percepat Target TMMD Reguler ke-111
Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Kemenhan RI meninjau Lokasi TMMD Ke 111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Tim Wasev Kemenhan RI Kunjungi Lokasi TMMD di Yogya
Komandan Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Afianto menerima Audiensi Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) D.I Yogyakarta. (Foto: Dokumentasi Penrem072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Terima Audiensi Pewarna DIY
Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si didampingi Bapak Hasto meninjau langsung Prosesi pelaksanaan Vaksin ini. (Foto:Pendim 0734/yka)

Militer

Dandim 0734/Kota Yogyakarta Kunjungi Vaksin Dosis II di Sasana Hinggil