Home / Militer

Rabu, 11 Agustus 2021 - 15:55 WIB

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Ajak Masyarakat Tingkatkan Hasil Bumi di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidur agar dapat diolah menjadi lahan produktif.  (Foto: Pen Satgas Yonif 403/WP)

Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidur agar dapat diolah menjadi lahan produktif. (Foto: Pen Satgas Yonif 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom  –  Dalam rangka menyambut datangnya hari proklamasi kemerdekaan RI ke-76 dan demi meningkatkan ekonomi serta ketahanan pangan masyarakat di wilayah perbatasan, Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidur agar dapat diolah menjadi lahan produktif untuk ditanami berbagai macam jenis bibit sayur-mayur dan umbi-umbian di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua,  Rabu  (11/8/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa demi mencegah krisis pangan sebagai dampak dari pandemi Covid-19, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Yuruf melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar kekhawatiran itu tidak terjadi.

Saat ini Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mensiasatinya bersama masyarakat setempat dengan memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong menjadi lahan produktif agar dapat ditanami bibit singkong, sayur-mayur dan kacang-kacangan.

Baca juga   Korem 072/Pamungkas Gelar Komsos Bersama Keluarga Besar TNI

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk ikut serta mendukung program pemerintah bidang ketahanan pangan, memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur untuk bercocok tanam berbagai jenis sayur-sayuran seperti terong, cabai, kacang pancang, buncis, kangkung, tomat dan bibit umbi-umbian seperti kacang-kacangan serta bibit singkong. Selain sebagai wujud mandiri dari prajurit Satgas dan masyarakat, hasil panennyapun dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” ucap Dansatgas.

Ditempat terpisah, Dankipur 1 (satu) Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Sugiman menyampaikan bahwa kegiatan ini sekaligus menjadi momentum untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai manfaat sayur-mayur dan umbi-umbian, karena keduanya mengandung vitamin, kalori, serat, serta protein yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

“Hal ini merupakan wujud nyata dari sinergitas kemanunggalan TNI-Rakyat, dalam upaya memberikan peluang dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat apalagi yang terdampak Covid-19, khususnya di wilayah perbatasan, salah satu dampak positif kegiatan ini adalah terciptanya situasi kehidupan bermasyarakat yang aman dan kondusif,” ujar Sugiman.

Baca juga   Pra TMMD Reguler Ke 112 Kodim 0726/Sukoharjo Rehab MCK Warga Majasto

Sejalan dengan hal tersebut, Salah satu tokoh masyarakat kampung Yuruf,  Yance (46) menyampaikan rasa trimakasihnya kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Yuruf yang telah mau berbagi ilmu dan pengalamannya untuk mengatasi keterbatasan masyarakat kampung Yuruf, melalui kegiatan membuka lahan perkebunan ini sehingga dapat mengatasi kesulitan masyarakat.

“Kami mewakili masyarakat kampung Yuruf mengucapkan rasa bangga dan senang kepada bapak-bapak TNI serta mengucapkan terimakasih kepada Satgas Yonif Mekanis 403 Pos Yuruf yang telah mengajarkan, membimbing dan mengajak kami bersama-sama membuka lahan untuk perkebunan masyarakat di kampung Yuruf, semoga nantinya dapat sama-sama kita rasakan manfaat dari hasil perkebunan ini,” ucap Yance. (N2)

Share :

Baca Juga

Danrem 072/Pmk Ibnu Bintang Setiawan,, S.I.P,. M.M. dalam sambutannya. Foto:nyatanya.com/Dok Penrem 072/Pmk

Militer

Korem 072/Pamungkas Laksanakan Komsos dengan Masyarakat, Jalin Kekompakan dan Kebersamaan
Prajurit Yonif 512 datang ke sekolah berikan motivasi belajar. (Foto: dokumentasi Yonif 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Semangati Anak-anak Perbatasan Rajin Belajar di Tengah Pandemi
Prajurit Yon 403/WP dan warga keja bakti siapkan lahan perkebunan. (Foto: dokumentasi Yon 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonif 403/WP Ajak Warga Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Perkebunan
Prajurit Koramil Tegalrejo dan Satgas BKO Armed bagikan nasi kepada warga dalam program Jumat Berkah. (Foto: dokumentasi Koramil 02/Tegalrejo)

Militer

Program Jumat Berkah Koramil Tegalrejo dan Satgas BKO Armed Bagikan Nasi
Prajurit Satgas Yonmek 512/QY bagikan masker kepada warga. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Bagikan Masker, Satgas Yonif 512/QY Imbau Warga Perbatasan Disiplin Prokes
Prajurit Yonmek 512/QY bagikan pakaian kepada warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY

Militer

Satgas Yonif Mekanis 512/QY Bagikan Pakaian di Tapal Batas Papua
Anggota Babinsa Koramil Tegalrejo memberikan edukasi masyarakat untuk disiplin Prokes. (Foto: Koramil Tegalrejo)

Militer

Meski PPKM Turun ke Level 3, Koramil Tegalrejo Imbau Warga Disiplin Prokes
Sri Sultan mengikuti acara pelantikan Perwira TNI dan Polri ini dari Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Militer

Jokowi: TNI-Polri Harus Bersinergi dan Saling Dukung