Home / Militer

Sabtu, 20 November 2021 - 15:39 WIB

Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Gelar Sosialisasi Kesehatan dan Bantu Kelambu Wilayah Perbatasan RI-PNG

Prajurit Yonmek 403/WP berikan bantuan kelambuh. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Prajurit Yonmek 403/WP berikan bantuan kelambuh. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom – Salah satu upaya mencegah dan mengurangi angka penyebaran penyakit malaria di wilayah perbatasan perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Pos Kalimo menggandeng Dinkes Kabupaten Keerom, Papua untuk memperoleh dukungan baik berupa obat-obatan maupun kelambu anti nyamuk malaria guna melaksanakan sosialisasi pencegahan malaria serta membagikan kelambu kepada warga Kampung Kalimo, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si.,  Sabtu, (20/11/2021)

Dansatgas menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran penyakit malaria yang cukup tinggi khususnya di wilayah Kabupaten Keerom.

Baca juga   Sambut Minggu Damai, Satgas Yonif 512/QY Laksanakan Ibadah dan Berikan Pelayanan Warga Perbatasan

“Banyak program dan kegiatan yang kami lakukan untuk pencegahan dan pengobatan terhadap penderita malaria, diantaranya adalah bekerjasama baik dengan Dinkes Kabupaten Keerom maupun Puskesmas setempat, melakukan penyemprotan lingkungan tempat tinggal dengan insektisida, pemberian kelambu anti nyamuk malaria dan pengobatan dari tim medis, semata mata untuk menurunkan angka penderita malaria di wilayah perbatasan ini,” tutur Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Kalimo Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Letda Inf Sutarto mengatakan bahwa selain membagikan kelambu secara langsung kepada masyarakat, satgas juga melakukan sosialisasi kepada warga mengenai cara mengenali gejala awal, pengobatan dan pencegahan malaria kepada Masyarakat Kampung Kalimo.

“Bentuk preventif atau cara pencegahannya adalah dengan menghindari gigitan nyamuk pembawa parasit malaria, oleh karena itu kami harapkan kepada warga agar memanfaatkan kelambu yang kami berikan dengan baik, jangan sampai setelah diberikan malah tidak dipergunakan, karena kelambu tersebut merupakan dukungan dari Dinkes Kabupaten Keerom yang secara khusus dirancang untuk mencegah nyamuk malaria, karena bahannya yang mengandung zat untuk mematikan nyamuk yang hinggap di kelambu tersebut,” pungkas Sutarto.

Baca juga   Korem Pamungkas Salurkan Beras Bantuan Kementrian Kelautan

“Dikarenakan Kampung Kalimo masih terdapat kendala akses fasilitas kesehatan yang sulit dijangkau dan agar dapat lebih memaksimalkan kegiatan ini kami juga mendatangi rumah-rumah warga untuk memastikan setiap warga binaan kami mendapatkan sosialisasi dari tim kesehatan kami dan memperoleh kelambu guna pencegahan penyakit malaria,” tutup Sutarto.  (N2)

Share :

Baca Juga

Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P.,M.M. (Foto:nyatanya.com/Penrem072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Pimpin Penyerahan Jabatan Kasilog Kasrem 072/ Pamungkas dan Sertijab Dandim 0730/Gunungkidul
Patop Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Lettu Ctp Maskur memberikan beberapa materi dasar tentang pengenalan wilayah NKRI, Cinta Tanah Air kepada anak-anak di wilayah perbatasan. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Jelang HUT Batalyon, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bagikan Seragam Siswa Baru di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sapa warga di Kampung Sopa, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Ciptakan Rasa Damai dan Nyaman, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Mempererat Hubungan Persaudaraan dengan Warga Binaan di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Anggota TNI dan warga gotongroyong merehab MCK Dk. Majasto. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Pra TMMD Reguler Ke 112 Kodim 0726/Sukoharjo Rehab MCK Warga Majasto
Danramil Gamping menerima hadiah tumpeng dari Polsek Gamping. (Foto: Koramil 17/Gamping)

Militer

HUT TNI Ke-76, Polsek dan Camat Hadiahi Tumpeng Koramil Gamping
Anak-anak di perbatasan Papua semangat belajar bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Manfaatkan Waktu Luang, Satgas Yonif 512/QY Ajak Belajar Anak-anak Papua di Pos Perbatasan
Pembukaan TMMD Reguler 212 dan Sengkuyung Tahun 2021 Kodim 0705 Magelang yang akan fokus membuka akses warga di Desa Ketep. (Foto: Humas/beritamagelang)

Militer

TMMD Reguler 112 Buka Akses Antar Desa Menuju Ketep Pass
Ketua Komunitas Banyubening, Sri Wahyuningsih memberikan penjelasan tentang manfaat dan pengelolaan air hujan kepada jajaran Korem 072/Pmk. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Kunjungi Sekolah Air Hujan Banyubening