Home / Militer

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:08 WIB

Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Obati Warga Penderita Malaria di Perbatasan RI-PNG

Prajurit Yonif 403/WP mengobati warga penderita malaria.  (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Prajurit Yonif 403/WP mengobati warga penderita malaria. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom – Maraknya kasus penderita malaria di Indonesia salah satunya berada di wilayah Jayapura yang karena wilayahnya memang termasuk kategori daerah endemis tinggi. Perlu diketahui bahwa malaria itu sendiri adalah penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina yang dapat menularkan parasite Plasmodium, yang apabila tidak segera mendapatkan penanganan medis akan membawa efek yang lebih buruk kepada si penderita.

Oleh karena itu sebagai bentuk kepedulian atas kesehatan warga binaannya di wilayah endemis tinggi malaria, tim kesehatan Pos Towe Hitam Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP mengunjungi rumah warga yang mengalami sakit malaria untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua.

Baca juga   Bersama Warga Perbatasan, Satgas Yonmek 512/QY Peringati Maulid Nabi 1443 H

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., S.Mi., Sabtu, (23/10/2021).

Dansatgas menuturkan bahwa berdasarkan informasi yang terdapat di beberapa media berita salah satunya dari Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI yang menyampaikan bahwa parasit dari malaria tersebut memiliki kemampuan berkembang biak pada organ hati seseorang yang terkena gigitan saat kondisi imun sedang lemah, beliau juga mengungkapkan bahwa kendala yang dihadapi dalam mencapai Indonesia bebas malaria diantaranya masyarakat yang menganggap bahwa malaria adalah penyakit yang biasa, sehingga kurang mendapat perhatian.

“Gejala yang ditimbulkan akibat kondisi penderita malaria itu umumnya berupa demam, kepala pusing hingga mual yang muncul pada sepekan usai gigitan nyamuk tersebut, bahkan dalam situasi tertentu, kombinasi dari ketiga gejala itu kerap dialami oleh si penderita malaria,” tutur Dansatgas.

Baca juga   Menhan Serahkan Dua Kapal Perang Angkut Tank untuk TNI AL

Terpisah, Danpos Towe Hitam Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Letda Inf Redo mengatakan bahwa tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Pos Towe Hitam telah berupaya untuk selalu mengajak, mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat disetiap aktifitas bersama untuk selalu menggunakan kelambu saat masyarakat akan melaksanakan istirahat malam, dan menghindari keluar rumah di malam hari apabila dirasakan tidak perlu serta menghubungi tim kesehatan Satgas apabila ada yang mengalami demam atau sakit.  (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit Yonmek 512/QY berikan layanan kesehatan kepawa warga perbatasan. (Foto : Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Satgas TNI Yonmek 512/QY Berikan Layanan Kesehatan di Ujung Timur Indonesia
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pendisiplinan pelaksanaan Prokes melalui razia kelengkapan masker di pasar Cuplik, Bulakan, Sukoharjo. (Foto:nyatanya.com/Koramil 01/Skh)

Militer

Kasus Covid-19 Terus Naik, Anggota Koramil 01/Sukoharjo Gencar Sambangi Keramaian
Korban mendapat perawatan dari prajurit Satgas Yonmek 403/WP. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Sigap Obati Warga Perbatasan yang Terluka
Kunjungan kerja Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/ Wirasada Pratista di Jajaran Pos Satgas Pamtas Jalur Darat dan Udara di Perbatasan RI-PNG. (Foto:Pen Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

Militer

Dansatgas Pamtas Yonmek 403/WP Laksanakan Kunker ke Jajaran Pos Satgas Pamtas Jalur Darat dan Udara di Perbatasan RI-PNG
Gelar Komsos bersama keluarga besar TNI untuk mempererat silahturahmi antara Korem 072/Pmk dengan KBT. (Foto: Penrem 072/Pmk)

Militer

Korem 072/Pamungkas Gelar Komsos Bersama Keluarga Besar TNI
Agenda kegiatan ‘Jam Komandan’ yang digelar di Lapangan Apel Makorem 072/Pamungkas. (Foto:Penrem 072/Pmk)

Militer

Awali Tugas, Danrem 072/ Pamungkas Berikan Jam Komandan
Evakuasi pohon tumbang mengerahkan beberapa prajurit dengan menggunakan kampak, parang dan tali tambang. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Reaksi Cepat, Satgas Yonif 403/WP Sigap Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Trans Papua-Wamena
Danrem 072/Pamungkas dalam gelar Komsos dengan komunitas becak Yogyakarta. (Foto: Penrem 072PMK)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Gelar Komsos dengan Komunitas Becak