Home / Militer

Selasa, 9 November 2021 - 16:57 WIB

Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Panen Kacang Panjang Bersama Warga Perbatasan RI-PNG

Prajurit Yonmek 403/WP bersama warga panen kacang panjang. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Prajurit Yonmek 403/WP bersama warga panen kacang panjang. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

NYATANYA.COM, Keerom – Dalam rangka membantu masyarakat di bidang perkebunan, pada momen bulan November yang baik ini dimanfaatkan oleh Pos KM 140 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP  untuk berbagi kepada masyarakat dengan mengajak masyarakat memanen hasil kebun kacang panjang Pos KM 140 di Kampung Monggoefi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., Selasa, (9/11/2021).

Dansatgas menuturkan bahwa kendala yang masih dihadapi masyarakat pribumi di wilayah perbatasan RI-PNG ini adalah keterbatasan pangan salah satunya sayur mayur, oleh karena itu jajaran Pos Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP di wilayah perbatasan turut membantu dalam hal penyediaannya, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pos KM 140 dengan memanfaatkan lahan tidur disekitar pos menjadi lahan produktif dengan menanam berbagai macam jenis bibit sayur-sayuran yang hasilnya dimanfaatkan untuk membantu masyarakat di wilayah perbatasan.

Baca juga   Peduli Wilayah Binaan, Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana Bagikan Sembako

“Kegiatan ini merupakan Bentuk pembinaan Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/WP kepada masyarakat dengan memberikan pengetahuan dan pengalaman secara langsung di bidang perkebunan sayur-mayur selain itu juga untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah, sehingga diharapkan nanti dapat memenuhi kebutuhan sayur mayur bagi masyarakat di wilayah perbatasan ini,” ucap Dansatgas.

Terpisah, Danpos KM 140 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Letda Inf Hengky Dwi C mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat setempat bahwa lahan yang ada disekitar rumah kita bisa produktif dan menghasilkan kebutuhan pangan apabila diolah dengan baik sehingga dapat mengatasi kebutuhan pangan bagi masyarakat.

“Kami yakin melalui program kegiatan binter dibidang perkebunan seperti kegiatan panen kacang panjang ini dan nantinya akan disusul dengan panen mentimun serta sayur mayur lainnya apabila dilakukan bersama masyarakat dapat menggugah semangat dan kreatifitas masyarakat setempat dalam mengentaskan permasalahan kesulitan pangan khususnya sayur mayur bagi masyarakat di wilayah perbatasan ini, dan pada kesempatan yang baik ini kami mengajak masyarakat untuk sama-sama panen kacang panjang,” ujar Hengki.

Baca juga   Satgas Yonif 512/QY Bersama Kepala Distrik Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Perbatasan Papua

Sementara itu, salah satu warga kampung Monggoefi Mama Evelin (48), mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Pos KM 140 yang telah berbagi hasil panen kacang panjang dan beberapa hasil kebun lainnya kepada masyarakat kami, terimakasih juga atas dukungan semangat dan pengetahuannya kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat ikut bercocok tanam dan panen sayur mayur bersama bapak-bapak Satgas TNI.  (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit Yon 512/QY lakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Covid-19 di Wilayah Perbatasan NKRI.
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura Rapat Bulanan Bersama Pihak Terkait
Kepala BKKBN RI dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyematkan selendang Duta Bapak Asuh Anak Stunting Provinsi DIY kepada Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono S.I.P., M.Si. Foto: Penrem 072PMK

Militer

Danrem 072/Pamungkas Dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Provinsi DIY
Prajurit kesehatan Yon 512/QY cek kesehatan warga perbatasan. (Foto: Penerangan 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Berikan Pelayan Kesehatan Keliling di Perbatasan RI-PNG
Dalam rangka meningkatkan soliditas dan sinergitas TNI dan Polri, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si. menggelar olahraga bersama engan Dansat Brimob Polda DIY Kombes Pol Imam Suhadi S.I.K, Jumat (15/7/2022). Foto: Penrem 072/PMK

Militer

Jadi Ajang Silaturahmi, Danrem 072/Pamungkas Olahraga Bersama Dansat Brimob Polda DIY
Foto: Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad

Militer

Konflik Kembali Pecah, Pasukan Kostrad Gelorakan Perdamaian di Kei Besar
Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Gelar Patroli Bersama, KN Pulau Dana-323 Tiba di Darwin Australia
Foto: Dispenal

Militer

Satgas TNI AL Peduli Cianjur Temukan Lagi Warga yang Hilang