Home / Militer

Rabu, 22 September 2021 - 21:59 WIB

Satgas TMMD Berjibaku Hadapi Medan Sulit di Ketep

Satgas TMMD Kodim 0705/Magelang yang terdiri dari beberapa satuan militer di wilayah Magelang dan masyarakat setempat masih terus berjibaku dengan medan yang cukup sulit. (Foto: Humas/beritamagelang)

Satgas TMMD Kodim 0705/Magelang yang terdiri dari beberapa satuan militer di wilayah Magelang dan masyarakat setempat masih terus berjibaku dengan medan yang cukup sulit. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Di hari ketujuh setelah dibuka secara resmi, dalam giat TMMD Reguler 112 Tahun 2021, Satgas TMMD Kodim 0705/Magelang yang terdiri dari beberapa satuan militer di wilayah Magelang dan masyarakat setempat masih terus berjibaku dengan medan yang cukup sulit. Mereka dalam misi melanjutkan pengecoran jalan di wilayah Ketep, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Rabu (22/9/2021).

Danramil 12 Sawangan Kapten Arh Suhadi saat ditemui di lokasi pengecoran menjelaskan, Satgas TMMD dengan penuh semangat masih terus melanjutkan pengerjaan di semua sasaran baik betonisasi, pembuatan talut maupun RTLH.

Pada kegiatan yang akan berlangsung selama satu bulan ke depan, Kodim 0705/ Magelang juga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang. Ditambahkan Suhadi, kendala di sini adalah medannya yang cukup sulit belum lagi cuaca mulai sering turun hujan.

Baca juga   Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

“Namun begitu TNI dan masyarakat seperti tidak mengenal lelah dan tampak bersemangat,” imbuh Suhadi.

Pengerasan jalan di Desa Ketep sepanjang 1.400 meter dan lebar 3 meter tersebut juga untuk mempermudah evakuasi penduduk setempat, bila Gunung Merapi erupsi.

Adapun sasaran fisik dari program TMMD regular 112 lainnya yakni pembuatan saluran air sepanjang 585 meter dan lebar 0,5 meter. Selain itu juga membuat senderan (talut) sepanjang 50 meter dengan ketinggian 1,5 meter.

Selain itu, perbaikan jalan tersebut juga untuk mendukung sektor pariwisata, yakni objek wisata Ketep Pass. Karena, di saat objek wisata yang ada di tengah-tengah Gunung Merbabu dan Merapi tersebut ramai pengunjung, bisa dijadikan jalur alternatif.

Baca juga   Satgas Yonif 512/QY Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Covid-19 di Wilayah Perbatasan NKRI.

Menurut Suhadi, semangat gotong royong masyarakat setempat sangat luar biasa dilandasi keinginan mempunyai akses jalan yang layak sehingga bisa mengabaikan rasa lelah di tengah medan yang sulit.

Bahkan, semangat gotong royong dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat sangat luar biasa.

“Kita berharap program TMMD kali ini bisa terus berjalan lancar dan aman, bisa selesai tepat waktu dan nantinya bisa menambah kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Kegiatan lain dari TMMD ini adalah melalukan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 10 unit di Desa Ketep. Sedangkan kegiatan non fisik yakni pengendalian stunting bagi ibu hamil dan anak-anak, penyuluhan kesehatan berupa peningkatan protokol kesehatan, penyuluhan hukum, vaksinasi Covid-19, serta penyuluhan bahaya narkoba. (*)

Share :

Baca Juga

Prajurit Yonif 403/WP laksanakan penyembelihan hewan kurban. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Momen Idul Adha Tingkatkan Keimanan, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Sembelih Hewan Kurban
Danramil Gamping menerima hadiah tumpeng dari Polsek Gamping. (Foto: Koramil 17/Gamping)

Militer

HUT TNI Ke-76, Polsek dan Camat Hadiahi Tumpeng Koramil Gamping
Brigadir Jenderal TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,.M.M. menutup kegiatan Serbuan Teritorial TNI Korem 072/Pamungkas. (Foto: nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Serbuan Teritorial TNI Resmi di Tutup Danrem 072/Pamungkas
Prajurit Yonmek 512/QY bersama warga bersihkan jalan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonif 512/QY Ajak Masyarakat Bersihkan Jalan Poros Kampung Perbatasan
Prajurit Yonmek 403/WP tiba di patok perbatasan RI-PNG. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Satgas Yonif Mekanis 403/WP Laksanakan Patroli Patok Perbatasan RI-PNG
Almarhum Praka (Anumerta) Ida Bagu Putu gugur saat menjalankan tugas oleh kekejaman KKB. (Foto: Dokumen Yonif 403/WP)

Militer

Diserang KKB Secara Brutal, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/WP Gugur sebagai Kusuma Bangsa
Kegiatan TMMD 111 di Kemantren Wirobrajan. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Kegiatan TMMD 111, Bukti Nyata Pengabdian TNI Kepada Rakyat
Danrem 072/Pamungkas (Danrem 072/Pmk) Brigjen TNI Afianto mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 TNI di wilayah DIY secara virtual di Akademi Angkatan Udara. (Foto: Penrem 072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Secara Virtual