Home / Militer

Jumat, 17 September 2021 - 20:46 WIB

Satgas TNI Berhasil Evakuasi Jenazah Korban Kekejaman Kelompok Bersenjata Papua

Gabungan prajurit Satgas TNI dari Yonif 751 VSJ dan Yonmek 403/WP berusaha mengevakuasi korban meninggal akibat kekejaman kelompok bersenjata di Papua.  (Foto : Penerangan Kolakopsrem 172/PWY)

Gabungan prajurit Satgas TNI dari Yonif 751 VSJ dan Yonmek 403/WP berusaha mengevakuasi korban meninggal akibat kekejaman kelompok bersenjata di Papua. (Foto : Penerangan Kolakopsrem 172/PWY)

NYATANYA.COM, Kiwirok – Evakuasi jenazah suster Gabriela Maelani (22) korban kekejaman Kelompok Separatis Papua (KSTP) Ngalum Kupel, Papua pimpinan Lamek Taplo berhasil dilakukan oleh TNI dan Polri, Jumat (17/9/2021).

Sebelumnya pada Rabu (15/9/2021), aparat TNI-Polri berhasil menemukan jenazah Suster Gabriela Maelani bersama rekannya suster Kristina Sampe Tonapa yang selamat dari kejaran KKB Ngalum Kupel, Papua pimpinan Lamek Taplo Alipki Taplo. Hingga Kamis kemarin, baru Kristina Sampe yang berhasil dievakuasi dikarenakan cuaca yang tidak mendukung.

Tim evakuasi gabungan TNI dari Yonif RK 751/VJS , Yonif 403/WP dan Polsek Kiwirok  membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk melaksanakan pengangkatan jenazah. Kondisi medan yang terjal dengan kemiringan 90 derajat dan kedalaman 300 meter membuat tim yang bertugas mengalami kesulitan, namun hal tersebut tidak menjadikan halangan dan menurunkan semangat untuk segera melaksanakan evakuasi terhadap korban. Pada pukul 16.30 Wit jenazah korban berhasil di angkat dan diamankan di pos Koramil kiwirok.

Baca juga   Pasukan Elit Bakamla Latihan Menembak Reaksi di Atas RHIB

Selama proses evakuasi, tim mendapatkan gangguan tembakan dari KSTP. Penembakan dilakukan dari seberang jurang lokasi jenazah suster Gabriela ditemukan. Gangguan ini dapat diatasi oleh prajurit TNI, sehingga jenazah dapat diangkat dari dasar jurang dan disemayamkan di Koramil Kiwirok. 

Baca juga   Satgas Yonif 512/QY Bagikan Sembako ke Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Danrem 172/PWY mengatakan, rencananya evakuasi jenazah ke Jayapura akan dilanjutkan pada Sabtu (18/9/2021) dengan mengamati cuaca dan keamanan di Distrik Kiwirok. Saat ini penebalan telah dilakukan dengan menempatkan 1 SST personel Yonif RK 751/VJS.

Perlu diketahui, hari ini helikopter TNI jenis Caracal telah berhasil mengevakuasi 9 tenaga kesehatan dari Kiwirok ke Jayapura serta telah mendapatkan perawatan dan pengobatan.  (N2)

Share :

Baca Juga

Salah satu olahraga yang diminati masyarakat disetiap sore hari yaitu bermain bola voli di lapangan Voli Kampung Workwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom. (Foto: Pen Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

Militer

Jaga Imun, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Ajak Warga Main Voli di Wilayah Perbatasan
Prajurit kesehatan Yonmek 403/WP memeriksa kesehatan warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Berikan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Prajurit Yonmek 512/QY bantu tas dan buku kepada siswa SD di perbatasan RI-PNG. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

HUT TNI Ke-76, Satgas Yonif 512/QY Bagikan Tas dan Alat Tulis
Prajurit Yonmek 512/QY melaksanakan karya bakti. (Foto: Penenrangan Yonmek 512/QY)

Militer

Ciptakan Lingkungan Bersih, Yonif Mekanis 512/QY Karya Bhakti di Perbatasan RI-PNG
Danramil Gamping beserta jajarannya mengikuti upacara pengibaran bendera peringati HUT ke-76 RI. (Foto: dokumentasi Koramil Gamping)

Militer

Danramil Gamping dan Jajaran Ikuti Upacara Pengibaran Bendera HUT Ke-76 RI
Prajurit Yon 512/QY berikan pelajaran tambahan anak-anak perbatasan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonmek 512/QY Berikan Pelajaran Tambahan Kepada Anak-Anak di Perbatasan Papua
Prajurit Yon 512/QY cek kesehatan warga. (Foto : Penerangan Satgas Yon 512/QY)

Militer

Tekan Angka Covid-19 dan Malaria Satgas Yonif 512/QY Layani Kesehatan Masyarakat
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka kegiatan “Serbuan Vaksin Corona” yang digelar Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 413/Bremoro/6/2/Kostrad. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Militer

Serbuan Vaksin Corona Yonif 413 Kostrad Targetkan 2.000 Orang