Home / Militer

Sabtu, 4 September 2021 - 12:32 WIB

Satgas Yonif 512/QY Ajari Masyarakat Olah Pisang Jadi Makanan Ringan

Prajurit Yon 512/QY ajari cara mengolah pisang jadi camilan.  (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Prajurit Yon 512/QY ajari cara mengolah pisang jadi camilan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

NYATANYA.COM, Keerom – Guna meningkatkan perekonomian masyarakat melalui keterampilan, Pos Yabanda Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY berbagi ilmu keterampilan cara pembuatan keripik pisang kepada warga Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (3/9/2021).

Banyaknya buah pisang dari hasil kebun yang dikelola oleh warga, mendorong anggota Pos Yabanda untuk mengajarkan cara pengolahan yang tepat agar lebih bermanfaat untuk jenjang kedepan.  Kegiatan yang dipimpin oleh Wadanpos Yabanda Sertu Nasrulah tersebut bertujuan untuk membangkitkan industri rumah tangga agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sertu Nasrulah menjelaskan bahwa kegiatan dapat berjalan lancar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan, masyarakat sangat antusias dan menyimak dengan baik semua proses pengolahan yang telah diajarkan.

Baca juga   Danrem 072/Pamungkas Pimpin Penyerahan Jabatan Kasilog Kasrem 072/ Pamungkas dan Sertijab Dandim 0730/Gunungkidul

“Kami ajarkan cara pengolahan pisang ini agar masyarakat bisa memanfaatkan hasil kebun dengan lebih baik, karena selama ini saya lihat disini buah pisang hanya dimakan sendiri dan dijual begitu saja,” ungkap Sertu Nasrullah.

Anggota Pos Yabanda mengajarkan warga cara mengolah pisang mulai dari cara memotong, mengolah hingga proses penggorengan menjadi sebuah keripik pisang. Kemudian setelah keripik pisang diajarkan proses pemberian rasa seperti manis, asin, dan lain lain, tujuanya agar lebih menarik minat pembeli dan cepat laku apabila dijua.

Baca juga   Peringati HUT Ke-76 RI, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Gelar Bakti Kesehatan

Sementara itu, Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa penyuluhan yang dilakukan oleh anggota Pos Yabanda tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat wirausaha masyarakat dalam pengolahan hasil kebun.

“Pengolahan keripik pisang ini adalah salah satu cara untuk memanfaatkan hasil kebun yang melimpah agar bertahan lebih lama dan memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga nantinya dapat menjadi pemasukan tambahan dan meningkatkan perekonomian bagian bagi warga di Kampung Yabanda,” pungkas Dansatgas.  (N2)

Share :

Baca Juga

Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sapa warga di Kampung Sopa, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Ciptakan Rasa Damai dan Nyaman, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Mempererat Hubungan Persaudaraan dengan Warga Binaan di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Danramil 02/Tegalrejo Mayor Arh Asil Harjanta menyapa warga. (Foto: dokumen Koramil Tegalrejo)

Militer

Mayor Asil Rutin Sapa Warga Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat
Sri Sultan mengikuti acara pelantikan Perwira TNI dan Polri ini dari Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Militer

Jokowi: TNI-Polri Harus Bersinergi dan Saling Dukung
Brigjend TNI Ibnu Bintang Setiawan. (Foto: Agoes Jumianto)

Militer

Pindah Tugas, Danrem 072/Pamungkas Pamitan Gubernur
Prajurit Yonmek 512/QY lakukan penyemprotan disinfektas guna memutus penyebaran virus. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Cegah Covid-19 di Kampung Perbatasan, Satgas Yonif 512/QY Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Senapan serbu jenis SS-1 R5 produksi Pindad. Nyatanyacom/istimewa

Alutsista

Senapan Serbu Buatan Pindad Jadi Kebanggaan Indonesia
Kodim 0705/Magelang menggelar silaturahmi dengan PWI Magelang Raya melalui program Peduli Wartawan. (Foto:Humas/beritamagelang)

Militer

Kodim 0705/Magelang dan PWI Tingkatkan Sinergi Komunikasi
Pasiter Yonif 512/QY menyerahkan bantuan buku tulis kepada siswa SD Arso Pir. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Militer

Peduli Pendidikan di Papua, Satgas Yonif 512/QY Bagikan Buku Tulis kepada Siswa SD