Home / Militer

Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:19 WIB

Satgas Yonif 512/QY Bimbing Warga Perbatasan Papua-PNG Berlatih Kesenian Marawis

Prajurit Satgas Yonif 512/QY bimbing ibu-ibu warga perbatasan Papua-PNG berlatih marawis.  (Foto: dokuentasi Penerangan Yonf 512/QY)

Prajurit Satgas Yonif 512/QY bimbing ibu-ibu warga perbatasan Papua-PNG berlatih marawis. (Foto: dokuentasi Penerangan Yonf 512/QY)

NYATANYA.COM, Keerom – Untuk menjaga kelestarian seni dan budaya bangsa, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY membimbing warga binaan berlatih kesenian Marawis di Kampung Naramben, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom,  Papua.

Kampung Naramben tepatnya RT 16/RW 03 merupakan wilayah perbatasan yang banyak dihuni oleh warga pendatang atau transmigran yang sudah tinggal puluhan tahun serta mayoritas penduduk beragama Islam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat dalam rilis tertulisnya. Senin (9/8/2021). Dansatgas mengungkapkan bahwa keragaman budaya di wilayah perbatasan harus selalu dilestarikan, agar adat dan budaya tidak hilang terkikis perkembangan zaman.

Baca juga   Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Membuat Pot dan Tanaman Hias di Perbatasan RI-PNG

Dansatgas juga mengungkapkan bahwa dari anggota Pos Arso XIII yang memiliki keterampilan seni Marawis telah diperintahkan agar selalu mendampingi ketika warga Kampung Naramben sedang berlatih.

“Beberapa anggota kami dari Pos yang memiliki kemampuan di bidang Marawis selalu mendampingi dan memotivasi ibu-ibu agar giat berlatih, agar kedepanya semakin mahir sehingga banyak menarik minat warga lainya untuk ikut bergabung,” ungkap Dansatgas.

“Dimasa pandemi seperti sekarang ini harus banyak melakukan hal yang positif, agar pikiran juga menjadi positif dan imun tubuh selalu terjaga,” imbuhnya.

Baca juga   Kasus Covid-19 Terus Naik, Anggota Koramil 01/Sukoharjo Gencar Sambangi Keramaian

Melestarikan kesenian marawis juga merupakan kegiatan yang positif dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di wilayah perbatasan, karena dapat meningkatkan ketaqwaan warga di kampung Naramben sehingga dapat menjaga kerukunan antar umat beragama.

Jasuti (40) salah satu warga Kampung Naramben yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada anggota Satgas.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada bapak-bapak TNI atas bimbingan yang telah diberikan kepada kami selama ini, kami berharap dengan latihan ini nantinya dapat berguna maupun bermanfaat di kemudian hari,” ucapnya.  (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit Yonmek 512/QY berikan penyuluhan cara menolah hasil kebuh kepada warga perbatasan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Warga Binaan Satgas Yonif 512/QY Mendapat Penyuluhan Cara Pengolahan Hasil Kebun
Personel Yonmek 403/WP berhasil mengevakuasi korban selamat. (Foto: Penerangan Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas 403/WP Evakuasi dan Amankan Korban Kekerasan KSTP di Distrik Kiwirok
Kedatangan Danrem Pamungkas disambut langsung Dandim Magelang. Foto : nyatanya.com/istimewa

Militer

Tinjau Lokasi Program Serbuan Teritorial, Danrem 072/Pamungkas Disambut Dandim Magelang

Militer

Meriahkan HUT RI, Satgas Yonif 512/QY Merah Putihkan Ujung Timur Indonesia
Mayor Arh Asil Harjanta berikan materi Wasbang anggota Relawan Garda Wiratama. (Foto: dokumentasi Koramil Tegalrejo)

Militer

Danramil Tegalrejo Berikan Materi Wasbang Anggota Relawan Garda Wiratama
Prajurit Yonif 512/QY kunjungi Taman Kanak-kanak. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Wujud Cinta Kasih, Satgas Yonif Mekanis 512/QY Kunjungi Taman Kanak-kanak di Perbatasan
Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi Bela Negara Kepada Mahasiswa Baru Afirmasi Dikti se-Indonesia secara online. (Foto: Dokumentasi Pendim 0734/Kota Yogyakarta)

Militer

Dandim Yogya Beri Pembekalan Bela Negara kepada Mahasiswa Baru UNY
Anggota Satgas Yonmek 403/WP mengecat gapura. (Foto: Penerangan Yon 403/WP)

Militer

Satgas Pamtas Yonmek 403/WP Bangun Gapura Selamat Datang di Wilayah Perbatasan RI-PNG