Home / Peristiwa

Jumat, 24 Juni 2022 - 12:27 WIB

Satu Orang Hilang Tertimbun Longsor di Bogor, Tim SAR Kesulitan Tembus Medan

Longsor di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada pada Rabu 22 Juni 2022 malam. Foto: BPBD Kab Bogor

Longsor di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada pada Rabu 22 Juni 2022 malam. Foto: BPBD Kab Bogor

NYATANYA.COM, Bogor – Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Bogor, selain mengakibatkan korban 1 orang meninggal dunia, juga masih menyisakan satu korban hilang.

Pencarian satu korban hilang tertimbun longsor di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, masih dilanjutkan pada Jumat (24/6/2022) pagi tadi.

Pencarian korban tadi malam ditunda lantaran medan yang sangat sulit dijangkau tim SAR gabungan serta material longsor cukup tebal.

Korban atas nama Umar (42) dilaporkan hilang setelah tertimbun longsor pada Rabu 22 Juni 2022 malam.

“Evakuasi dilanjut pagi ini oleh tim SAR gabungan. Kemarin pencarian dihentikan karena medannya cukup sulit dan cuaca mendung,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko, Jumat (24/6/2022).

Aris mengatakan, pencarian terkendala alat berat belum bisa masuk ke lokasi karena masih tertutup material longsoran setebal 3 meter.

Baca juga   Hadapi Musim Hujan, BPBD Kabupaten Magelang Lakukan Mitigasi

Untuk mencapai titik lokasi, tim SAR gabungan juga harus berjalan sejauh kurang lebih 1 kilometer.

“Pencarian masih dilakukan secara manual. Tapi kami sedang upayakan membuka akses agar alat berat bisa masuk ke lokasi,” ujar dia soal longsor di Bogor.

BPBD Kabupaten Bogor berencana meminjam dua alat berat dari Dinas PUPR untuk membersihkan meterial longsor yang menutup akses menuju perkampungan.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo menyebutkan ada lebih 8 titik lokasi banjir bandang dan longsor di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan.

Adapun titik lokasi banjir bandang dan longsor tersebar di antaranya di Kampung Pondok Gomong, Cimanggu, Banara Jaya, Bandara Jaya Dua, Pajakan, Kampung Rawa, Limus Badak, dan Kampung Babakan.

Baca juga   Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Jateng Petakan Wilayah Rawan Bencana Alam

“Kalau untuk sekitar Cianten ada 6 titik longsor yang sudah dibersihkan pakai alat berat. Tebal longsoran mencapai 4-5 meter dengan panjang ada yang sampai 50 meter,” ujar Budi.

Data sementara, tercatat 20 unit rumah rusak dan 4 jembatan putus akibat bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Desa Cibunian.

Seorang wanita meninggal dunia atas nama Aam (40) karena tertimbun longsor. Sementara Umar hilang dan masih dalam pencarian. Sedangkan korban luka sebanyak tiga orang, dua di antaranya seorang ibu dan bayi berusia 1 tahun.

“Warga yang rumahnya rusak sudah mengungsi ke saudaranya. Namun sampai pagi tadi listrik masih padam,” kata Budi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Pemberian uang santunan penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan nasional jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 di Pendapa Taman Cerdas Kelurahan Gilingan, Kota Surakarta, Senin (22/11/2021). (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Warga Diharap Gunakan Santunan Jalur Ganda Solo-Semarang Tidak untuk Konsumtif
Ganjar Pranowo mborong dolanan tradisional utnuk dibagikan kepada anak-anak. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pedagang Dolanan Tradisional Ini Tak Menyangka Barangnya Diborong Ganjar
Banjir landa Kota Serang, Provinsi Banten. Dua Warga dilaporkan meninggal dunia, 2 lainnya hilang. (Foto: BPBD Kota Serang)

Peristiwa

Banjir di Kota Serang Akibatkan 2 Warga Meninggal Dunia, 2 Lainnya Hilang
Sebanyak 50 pegawai Diskominfo bersama belasan awak media di Kabupaten Batang mendapatkan vaksinasi Booster, Senin (14/2/2022). (Foto:MC Batang)

Peristiwa

Puluhan Awak Media dan Pegawai Diskominfo Batang Divaksin Booster
Foto: Humas Polri/Tribratanews

Peristiwa

Dirregident Korlantas Polri Wacanakan Pergantian BPKB Elektronik Terintegrasi dengan Finance dan Single Data
Bupati Sukoharjo Etik Suryani bersama Wakil Bupati Agus Santosa usai peletakan batu pertama pembangunan gedung pertemuan. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Setelah MPP, Pemkab Sukoharjo Bangun Gedung Pertemuan
Rakor pengecekan kesiapan penerbangan perdana Bandara Ngloram yang akan dilaksanakan Jumat, 26 November 2021 oleh maskapai penerbangan Citilink dengan pesawat ATR-72. Rakor dipimpin langsung oleh Bupati Blira Arief Rohman yang didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Siap Beroperasi, Bandara Ngloram Dorong Terwujudnya Paris Van Blora
Ilustrasi debt collector. Foto: Ist

Peristiwa

Hindari Intimidasi Debt Collector, Tim Abdimas UPNVJ Lakukan Sosialisasi di Cilandak