Home / Peristiwa

Jumat, 10 September 2021 - 12:14 WIB

Satwa Endemik Merapi-Merbabu Dilepasliarkan

Sejumlah pecinta binatang dan pengelola destinasi Argo Bumi Desa Samiran, Kecamatan Selo melepasliarkan puluhan hewan. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Sejumlah pecinta binatang dan pengelola destinasi Argo Bumi Desa Samiran, Kecamatan Selo melepasliarkan puluhan hewan. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Kabupaten Boyolali khususnya Kecamatan Selo yang berada di kaki Gunung Merapi dan Merbabu memiliki hawa sejuk dengan pemandangan alam yang indah. Hal tersebut menjadikan Kecamatan Selo sebagai rumah bagi beberapa burung endemik Merapi-Merbabu.

Sejumlah pecinta binatang dan pengelola destinasi Argo Bumi Desa Samiran, Kecamatan Selo melepasliarkan puluhan hewan endemik seperti elang jawa, burung kutilang, perkutut dan burung puyuh, Kamis (9/9/2021).

Salah satu pengelola Argo Bumi, Indriyarto mengatakan bahwa pelepasan burung atau satwa endemik di wilayah Kecamatan Selo untuk menjaga kelestarian alam di lereng Gunung Merapi dan Merbabu.

“Sebenarnya awalnya kami (pengelola Argo Bumi) berpikir untuk menyajikan tempat wisata, namun yang lain dari pada yang lain. Ada upaya konservasi alam yang kami lakukan. Sebab basis kami beberapa adalah pecinta binatang dan pecinta alam. Kita berada di sini berarti kita punya kewajiban melestarikan alam di wilayah Selo,” katanya di sela kegiatan pelepasan burung.

Baca juga   Baznas Salurkan 1.100 Paket Sembako untuk Warga Isoman

Ditambahkan, sudah beberapa kali Argo Bumi menggelar kegiatan yang berkaitan dengan konservasi alam dengan melepasliarkan beberapa binatang khususnya yang endemik Merapi-Merbabu. Di waktu sebelumnya, sudah ada sejumlah burung kutilang serta perkutut yang juga dilepasliarkan.

“Mudah-mudahan ke depan kami bisa terus-menerus (menjalankan upaya konservasi alam),” ujar dia.

Baca juga   Ultah di Hari Kemerdekaan, Pasien Covid-19 Ini Dapat Motor dari Ganjar

Ditambahkan Indriyarto, Argo Bumi merupakan sebuah destinasi wisata kuliner yang dipadukan dengan alam. Dengan menu andalan berbagai olahan tahu, seperti tahu madu, puding tahu, minuman berbahan tahu dan sebagainya. Namun ke depan lokasi itu juga akan dikembangkan menjadi destinasi edukasi yang akan dilengkapi kebun binatang mini dan bangunan rumah nusantara.

“Saat ini penataan belum 100 persen. Ada beberapa rumah adat yang rencana didirikan di sini. Salah satunya rumah adat Papua. Sebab dari penelitian kami, wilayah sini hampir sama untuk hawa dengan wilayah ketinggian di Papua,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Penyerahan paket sembako dari Baznas secara simbolis oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Ribuan Paket Sembako untuk PKL Terdampak Corona Disalurkan
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melakukan pantauan vaksinasi bagi pekerja di Puskesmas Sidoharjo. (Foto: Diskominfo Kab Sragen)

Peristiwa

Dikebut! Capaian Vaksinasi di Sragen Terus Bertambah
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming bersama Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.(Foto:Diskominfo Surakarta)

Peristiwa

Sragen Terima Bantuan 100 Oksigen Konsentrator dari Surakarta
Suasana Kota Pekalongan selama PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

PPKM Level 4, Warung Makan Boleh Buka Sampai Pukul 9 Malam
Petani di Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang melakukan okulasi tanaman jeruk untuk meningkatkan kualitas. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kualitas Pertanian Eduwisata, Petani Borobudur Okulasi Tanaman Jeruk Non Biji
Pemerintah Kota Surakarta, PMI Surakarta dan Rotary Club Solo Area mengadakan skrining donor plasma untuk para penyintas. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Solo Lakukan Screening Donor Sukarela Plasma Konvalesen
Penyekatan dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

PPKM Darurat, Dishub dan Satlantas Temanggung Lakukan Penyekatan
Keraton Yogyakarta menghadirkan Rubrik Tamanan sebagai bentuk Kepedulian Keraton Yogyakarta terhadap pendidikan anak. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tamanan, Rubrik Ramah Anak dari Keraton Yogyakarta