Home / Peristiwa

Kamis, 20 Oktober 2022 - 17:01 WIB

SDN Keputran 1 Yogya Direhabilitasi, Unsur Cagar Budaya Jadi Perhatian Khusus

Salah satu bangunan cagar budaya di bidang pendidikan SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta saat ini sedang dalam masa rehabilisasi. Foto: Humas Pemkot Yogya

Salah satu bangunan cagar budaya di bidang pendidikan SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta saat ini sedang dalam masa rehabilisasi. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Salah satu bangunan cagar budaya di bidang pendidikan SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta saat ini sedang dalam masa rehabilisasi.

Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1910 ini di rehabilisasi sejak tanggal 11 Agustus 2022 hingga 10 Desember 2022. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Warisan Budaya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Susilo Munandar, Kamis (20/10/2022) di SD Negeri Keputran 1 Kota Yogyakarta.

“Ada enam kelas dan satu aula yang direhab seperti atap banyak yang bocor, plafon dan kayu juga mengalami kerusakan sehingga banyak yang harus direhab namun akan dikembalikan seperti semula tanpa adanya perbedaan, agar bangunan cagar budaya tetap asri dan tidak meninggalkan jejak sejarahnya,” jelas Susilo.

Hingga tanggal 16 Oktober 2022 pekerjaan sudah mencapai 66 persen. Padahal target rehabilisasinya hanya 47 persen. Sehingga rehab bangunan SD Negeri 1 Kota Yogyakarta mengalami percepatan perbaikan sebanyak 18 persen.

Baca juga   Gravel Bike Shaggydog Signatures, Terobosan Baru Shaggydog Bersama Takka
Foto: Humas Pemkot Yogya

Untuk biaya Susilo mengatakan, dana berasal dari Dana Keistimewaan (Danais) sebanyak Rp 799 Juta. Pihaknya juga mengatakan, selain SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta bangunan pendidikan yang merupakan bangunan cagar budaya lainnya juga akan direhabilisasi. Yakni antara lain ada di tiga SD dan tiga SMP. Namun rehabilisasi akan dilaksankan pada tahun 2024.

Untuk tiga SD yang akan di rehabilisasi antara lain ada di SD Kintelan, SD Ungaran, dan SD Ngupasan. Selain itu ada rehab untuk bangunan pendidikan tingkat SMP yakni di SMP Negeri 1,6 dan 8 yang akan menjadi target rehabilisasi selanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Yogyajart Aman Yuriadijaya yang meninjau rehabilisasi SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta mengatakan, bangunan pendidikan di Kota Yogyakarta sebagian besar adalah bangunan cagar budaya sehingga kepentingan rehab yang didukung oleh Dinas Kebudayan Kota Yogyakarta sangat perlu dan terus dilakukan terutama juga menggandeng sektor terkait seperti Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta.

Baca juga   Gadaikan Mobil Rental Sebesar Rp22,5 Juta, Warga Gondokusuman Diringkus Polisi di Bandungan

“Pelaksanaan kegiatan rehab ini sudah sesuai dengan harapan dan pekerjaanya sesuai dengan rencana. Saya berharap pihak sekolah maupun Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dapat melakukan branding bangunan cagar budaya agar dapat menjadi bagian magnet budaya dan sumber daya pariwisata,” ungkap Aman.

Aman juga mengatakan, dalam pembangunan ini diperlukan pengecekan secara teknis dan arkeologis untuk melihat bangunan cagar budayanya.

Sehingga apa yang ada didalam bangunan tidak meninggalkan sejarahnya. Salah satu sejarahnya ada di dinding sekolah yang masih menggunakan ‘gedeg’ dengan usia 100 tahun.

Tidak hanya itu, atapnya pun masih sama menggunakan kayu yang lama yang mungkin usianya ratusan tahun.

“Oleh sebab itu, yang terpenting adalah dalam pembangunan ini ada keterkaitan atau integritas dari sektor pendidikan dan kebudayaan. Semoga rehab ini berjalan dengan optimal dan selesai sesuai target yang telah dibuat,” ujarnya.

(Hes/N1)

Share :

Baca Juga

Mahasiswa bergandengan tangan dengan Polres bagikan sembako untuk warga terdampak PPKM. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Bareng Polres, Mahasiswa Rembang Bagikan Sembako pada Warga Terdampak PPKM
Pemkab Sragen fasilitasi penjemputan Vino dari Kutai Kalimantan Timur. (Foto: Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Kedua Ortunya Meninggal Akibat Covid-19 di Kutai, Pemkab Sragen Jemput Vino Pulang Kampung
Kejagung menahan Pengacara PT Palma Satu, DFS setelah ditetapkan sebagai tersangka obstruction of justice. Foto: Istimewa

Peristiwa

Kejagung Tetapkan Pengacara PT Palma Satu Tersangka Obstruction of Justice
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Foto: dok. Divhumas Polri

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Segera Periksa Direktur PT LIB dan Panpel
Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo pantau langsung warga yang lakukan isoman. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Joko Purnomo Kunjungi Warga Isoman di Wilayah Tirtosari
Aksi damai masyarakat tradisi Yogyakarta lewat seni jathilan di Bunderan UGM, Jumat (3/11/2023). Foto: Agoes Jumianto

Peristiwa

Masyarakat Tradisi Yogyakarta Gelar Aksi Damai untuk Pemilu 2024 Lewat Pentas Seni Jathilan
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Kementerian Agama (Kemenag), Zainut Tauhid Sa’adi, menghadiri upacara Tawur Agung Kesanga yang menjadi rangkaian dari perayaan Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1944 di Candi Prambanan, Rabu (2/3/2022). (Foto: Biro Humas Kemenag)

Peristiwa

Tawur Agung Kesanga Nyepi, Wamenag: Jadikan Agama Sumber Inspirasi
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto meninjau pelaksanaan Tes Kompetensi Calon PPPK. (Foto: Diskominfo Kebumen)

Peristiwa

Ribuan Guru Honorer Ikuti Tes Kompetensi Calon PPPK