Home / News

Sabtu, 7 Mei 2022 - 21:11 WIB

Sebanyak 1.495 Warga Soloraya Balik Rantau Gratis

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini tidak hanya menyelenggarakan program mudik gratis bagi warganya yang merantau di Jakarta dan sekitarnya. (Foto: Humas Jateng)

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini tidak hanya menyelenggarakan program mudik gratis bagi warganya yang merantau di Jakarta dan sekitarnya. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Boyolali – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini tidak hanya menyelenggarakan program mudik gratis bagi warganya yang merantau di Jakarta dan sekitarnya.

Bekerja sama dengan Baznas Jateng, BUMD Jateng, Sido Muncul, NCM, Batubara Mandiri, dan Jasa Raharja, Pemprov Jateng juga menyediakan fasilitas Balik Rantau.

Program itu diselenggarakan di beberapa titik, salah satunya di Asrama Haji Donohudan. Sebanyak 32 bus pariwisata disiapkan untuk mengangkut 1.495 orang penumpang, yang merupakan warga Soloraya. Setiap bus berisi antara 44-50 orang penumpang.

Saat memberikan laporan kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, Sabtu (7/5/2022), Asisten Pemerintahan Sekda Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, semua penumpang maupun kru bus sudah melalui skrining kesehatan.

Baca juga   Dianggap Tak Logis, Bawaslu Cek Dana Kampanye PSI yang Hanya Rp180.000

“Semua (kesehatan) sudah (dikontrol) Pak. Jadi para kru bus juga sudah semua kita periksa. Semuanya sehat. Dan para penumpang semua sudah divaksin booster. Semuanya sehat dan semangat sekali ini,” kata Yulianto, melalui streaming kepada Sekda Sumarno, yang berada di Terminal Mangkang.

Selain penumpang dan kru bus, moda transportasi yang digunakan pun sudah dicek. Yuli memastikan, 32 bus yang digunakan, laik dioperasionalkan.
“Kendaraan 32 bus yang ada di sini, sudah dicek semuanya. Semuanya layak jalan,” ujarnya.

Program Balik Rantau itu mendapat sambutan positif masyarakat. Rochim, warga Boyolali yang biasanya mengeluarkan biaya transport untuk kembali ke Jakarta, kini bisa menyimpan uangnya.

“Terima kasih banyak saya sampaikan kepada Pemprov Jateng, kepada Pak Ganjar (Gubernur) yang sudah mengadakan program balik ini. Saya sangat terbantu,” kata Rochim yang balik ke Jakarta bersama dua anaknya.

Baca juga   One Way Jalan Tol Diperpanjang, Dimulai dari Simpang Susun Bawen sampai GT Halim

Penghasilannya sebagai kuli bangunan yang tak seberapa, sangat terasa jika mesti dikeluarkan untuk biaya transportasi. Rochim mengatakan, saat lebaran, tiket per orang paling tidak Rp400.000. Itu belum tiket pulang pergi.

Senada disampaikan Sri, warga Andong Boyolali yang hendak kembali ke Pluit Jakarta Utara. Dia merasa terbantu dengan program Balik Rantau. Apalagi dia kini tengah memiliki bayi berusia dua bulan.

Dengan memanfaatkan Balik Rantau, dia tidak mengeluarkan ongkos transport dan berulang kali pindah moda transportasi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi saat meninjau aktivitas perdagangan dan mengecek harga komoditas di Pasar Sentul, Kota Yogyakarta, pada Minggu (8/1/2023). Foto: BPMI Setpres

News

Sambangi Pedagang di Pasar Sentul, Presiden: Harga Kebutuhan Pokok di DIY Cenderung Stabil
Mendagri M. Tito Karnavian memandu pembacaan sumpah pelantikan tiga penjabat gubernur DOB Papua di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022). Foto: ANTARA/Tri Meilani Ameliya

News

Mendagri Lantik Tiga Pejabat Gubernur di DOB Papua, Rektor Universitas Cenderawasih Salah Satunya
Pawai pembangunan memperingati HUT Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia berlangsung meriah (Foto: istimewa)

News

Pawai Pembangunan Sukoharjo Meriah dan Dipenuhi Ribuan Penonton
Jaksa Agung Muda tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah, dalam konferensi pers, Jumat (14/1/2022). (Foto: Tangkapan Layar Kejagung)

News

Naik ke Penyidikan, Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Korupsi Proyek Satelit Kemhan
Sebagai duta stunting nasional, Ketua TP PKK Kabupaten Kendal Wynne Frederica berkomitmen menurunkan angka stunting di Kendal. (Foto: Diskominfo Kendal)

News

Turunkan Angka Stunting, Kendal Dorong Perubahan Pola Asuh Anak
Sebagai antisipasi untuk membantu pelayanan dan konsultasi seputar PPDB, Dindikpora Kabupaten Temanggung menyediakan empat helpdesk. (Foto: MC.TMG)

News

Bantu Permasalahan Seputar PPDB, Dindikpora Temanggung Sediakan Helpdesk
Foto: Angkasa Pura II

News

Mulai Besok, Terminal 1 Bandara Soetta Beroperasi Penuh Lagi
Foto: Kemenkes

News

Positivity Rate Meningkat, Satgas Covid-19 Minta Kepala Daerah Awasi Prokes