Home / News

Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:52 WIB

Sebanyak 155 Calon Jamaah Haji Kota Yogya Ikuti Manasik

Wakil Walikota Heroe Poerwadi saat membuka bimbingan manasik haji 1443 Hijriyah / 2022 Masehi di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta Jumat (20/5/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Wakil Walikota Heroe Poerwadi saat membuka bimbingan manasik haji 1443 Hijriyah / 2022 Masehi di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta Jumat (20/5/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sebanyak 155 orang calon Jamaah Haji Kota Yogyakarta mengikuti bimbingan manasik haji 1443 Hijriyah / 2022 Masehi di Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta Jumat (20/5/2022).

Bimbingan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Heroe Poerwadi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2022.

Penyelenggaraan bimbingan manasik haji ini diharapkan jamaah haji memiliki bekal kemandirian di bidang kesehatan, ilmu manasik baik teori maupun praktik serta kemandirian dalam menjalankan seluruh rangkaian penyelenggaraan ibadah haji di Tahun 2022.

“Ibadah haji tidak hanya membutuhkan kesiapan mental dan fisik tetapi juga harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan,” jelas Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat sambutan.

Heroe juga mengatakan, ikut berbahagia bagi para jamaah haji yang dapat beribadah haji setelah tertunda selama 2-3 tahun akibat musibah pandemi Covid-19.

Baca juga   IKN, Lokomotif Menuju Indonesia Berbasis Inovasi dan Teknologi Ekonomi Hijau

Dari 317 jamaah haji hanya akan diberangkatkan sebantak 155 orang saja dengan cadangan 27 orang. Para jamaah haji diberikan bingkisan berupa tas, sajadah, kanebo( pengganti handuk ), masker, vitamin c botol, serta handsanitizer.

“Wajib kita bersyukur di Tahun 2022 sebagian warga Kota Yogyakarta bisa berangkat haji meskipun yang harusnya bisa berangkat itu lebih banyak namun karena masih ada keterbatasan, maka tahun ini pun yang berangkat baru separuh dari kuota yang sudah kita miliki. Jadi 150 calon jamaah haji yang bisa diberangkatkan,” ujarnya.

Ia berharap untuk ke depannya agar lebih memperbanyak kuota keberangkatan haji agar para jamaah haji tidak terlalu lama menunggu.

Baca juga   Dinkes Mimika Pastikan Tak Ada Klaster Covid-19 di PON Papua

“Harapannya dapat kuota yang banyak tidak tertunda sampai dengan 2-3 tahun mendatang” ujarnya.

Sementara itu, salah satu jamaah haji Tri Mardoyo (57) mengatakan, sangat terharu karena keberangkatan haji yang ditunda selama dua tahun bisa diberangkatkan pada tahun ini.

“Di Tahun 2019 kemarin sebenarnya sudah disiapkan namun dengan adanya pandemi belum bisa terlaksana. Maka tahun ini kami semua siap untuk berangkat karena memang sudah siap sejak tahun-tahun kemarin dan harapannya bisa menjadi haji yang mabrur dan bisa menjadi suri tauladan. Semoga teman-teman yang belum bisa haji atau umroh segera diperlancar jalannya,” ungkapannya.

(Hes/N1)

Share :

Baca Juga

Menko Marves Luhut B Pandjaitan. (Foto: InfoPublik.id)

News

Evaluasi PPKM, 26 Kabupaten/ Kota Masuk Level 1
Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan KementerianPPN/Bappenas, Vivi Yulaswati. (Foto: Istimewa)

News

Pemerintah Susun Peraturan Pelaksanaan UU IKN, Ini Rinciannya
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

PPKM Dicabut, Masyarakat Tambah Ayem karena Bansos Jalan Terus
Menteri Luhut Binsar Pandjaitan kunjungi Malioboro dan bertemu sejumlah PKL. (Foto: dokumentasi Kodim Yogya)

News

Luhut Binsar Pandjaitan Sambangi Malioboro
Presiden Jokowi. Foto: Tangkapan Layar BPMI SETPRES

News

IndoVac, Ini Vaksin Covid-19 Hasil Karya Anak Bangsa Diproduksi Biofarma
Foto Ilustrasi: Warga Negara Asing (WNA) berjalan melintasi papan jadwal informasi penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (29/11/2021). Pemerintah memberlakukan larangan WNA dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong untuk masuk ke wilayah Indonesia guna mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron dan mewajibkan karantina selama 14 hari bagi penumpang yang berkunjung dari negara tersebut, sedangkan penumpang dari selain negara tersebut wajib karantina selama tujuh hari. (ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)

News

Waspadai Lur, Hoaks Covid-19 Varian Baru Omicron
Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya mewujudkan Masterplan Sleman Smart City, dengan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap III di Ruang Rapat Sembada Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, pada Senin (18/10/21). (Foto: MC Kab Sleman)

News

Gelar Bimtek Tahap 3, Pemkab Sleman Siapkan Masterplan Smart City
Letusan Merapi pada 2021 dimulai sejak 4 Januari 2021 dan berlangsung hingga saat ini berupa pertumbuhan kubah lava, pembentukan awan panas dan guguran lava. (Foto: BPPTKG)

News

BPPTKG: Status Siaga, Belum Ada Tanda Letusan Gunung Merapi Berakhir