Home / Peristiwa

Minggu, 21 November 2021 - 19:27 WIB

Sebanyak 2.259.270 Dosis Vaksin Pfizer Kembali Tiba di Indonesia

Pasokan vaksin Covid-19 merek Pfizer sebanyak 2.259.270 dosis telah tiba ke Indonesia kembali pada Minggu (21/11/2021). (Foto: Taofiq Raof/InfoPublik)

Pasokan vaksin Covid-19 merek Pfizer sebanyak 2.259.270 dosis telah tiba ke Indonesia kembali pada Minggu (21/11/2021). (Foto: Taofiq Raof/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pasokan vaksin Covid-19 merek Pfizer sebanyak 2.259.270 dosis telah tiba ke Indonesia kembali pada Minggu (21/11/2021). Vaksin ini didatangkan melalui kerja sama pembelian langsung atau direct purchases dengan pemangku kepentingan yang terkait.

Berdasarkan informasi yang didapatkan oleh InfoPublik, kedatangan vaksin ini akan masuk dalam tahap ke-125 kedatangan vaksin ke tanah air. Diperkirakan tiba di tanah air pada pukul sekitar pukul 10.44 WIB di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Menggunakan maskapai penerbangan My Indo Airline dengan nomor penerbangan 2Y-2201.

Vaksin Pfizer dalam jumlah tersebut pada hari yang sama juga langsung dibagikan ke sejumlah wilayah lainnya di tanah air melalui Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang di Jawa Tengah, Bandara Juanda, Kota Surabaya di Jawa Timur, dan Bandara Sepinggan, Kota Balikpapan di Kalimantan Timur.

Vaksin yang tiba kali ini merupakan vaksin jadi atau siap pakai. Nantinya, vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat luas yang mengikuti program vaksinasi massal yang selenggarakan oleh pemerintah pada beberapa waktu ke depan.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 14 Juli 2021, telah menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk jenis vaksin ini. Hal tersebut didasari oleh, data uji klinik fase 3, efikasi vaksin Pfizer pada usia 16 tahun ke atas menunjukan keberhasilan sebanyak 95,5 persen dan pada remaja usia 12-15 tahun sebesar 100 persen. Data imunogenisitas menunjukkan pemberian 2 dosis vaksin itu dalam selang 3 minggu menghasilkan respons imun yang baik.

Baca juga   93% Pelaku Parekraf DIY Telah Divaksin, 3 Obwis Ini Sudah Dibuka

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, ada tiga cara pemerintah mengamankan pasokan vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, penanganan wabah global Covid-19 dapat dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan dapat efektif.

Pertama, dengan cara kerja sama bisnis yakni pembelian langsung dosis vaksin Covid-19 dengan perusahaan farmasi terkemuka di dunia. Sehingga, vaksin yang didapatkan tersebut dapat berkhasiat mencegah infeksi berat dari wabah global Covid-19.

“Perjanjian yang sifatnya bussines to bussines yang dilakukan oleh pemerintah,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, melalui konferensi pers secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga   Pendaftaran Ditutup, Pelamar CASN Kabupaten Magelang Tembus 11 Ribu Orang

Kedua, pemerintah melakukan kerja sama yang melibatkan berbagai pihak dari mulai organisasi internasional maupun negara yang disebut dengan multilateral. Melalui kerja sama itu, Indonesia mendapatkan dosis vaksin dari berbagai merek dalam beberapa waktu ke depan.

Ketiga, pemerintah mendapatkan pasokan vaksin dari bantuan atau hibah dari negara lain. Yang termasuk dalam berbagi dosis atau dose sharing yang saat ini sedang dilakukan oleh seluruh negara untuk mendorong kesetaraan akses vaksin.

Berdasarkan data kedatangan yang dihimpun oleh InfoPublik.id di lokasi kedatangan vaksin, tibanya vaksin tahap ke-125 ini akan membuat stok vaksin Indonesia semakin bertambah melimpah. Dengan total vaksin yang dimiliki oleh Indonesia mencapai sebanyak 346.867.830 dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi maupun bentuk mentah (bulk).

Rincian vaksin Covid-19 yang dimiliki Indonesia yaitu sebanyak 260.476.280 dosis vaksin Sinovac dalam bentuk jadi maupun bulk, sebanyak 40.051.560 dosis vaksin AstraZeneca, sebanyak 8.200.000 dosis vaksin Sinopharm, 9.500.160 dosis vaksin Moderna, 27.900.230 dosis vaksin Pfizer, dan 500.000 dosis vaksin Janssen (Johnson & Johnson).

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Wagub DIY sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY, KGPAA Paku Alam X tinjau pelaksanaan vaksinasi di Rest Area SPBU Ambarketawang, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak
Pemerintah Kota Surakarta, PMI Surakarta dan Rotary Club Solo Area mengadakan skrining donor plasma untuk para penyintas. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Solo Lakukan Screening Donor Sukarela Plasma Konvalesen
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM melantik 415 pejabat secara virtual di lima lokasi berbeda untuk menghindari terjadinya kerumunan. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Bupati Sukoharjo Lantik 415 Pejabat Secara Virtual
Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN yang bertema Tegakkan Prokes, Industri Hiburan Aman dari Covid-19, Selasa (16/11/2021). (Foto: Tangkapan Layar/Putri)

Peristiwa

Perlu Kejujuran Pengelola Tempat Hiburan Tegakkan Prokes
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil DIY mensosialisasikan 4 Pilar kepada elemen masyarakat di Bokoharjo, Prambanan, Sleman. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya Sosialisasikan 4 Pilar di Bokoharjo Prambanan
Empat pemuda ini dihukum push up setelah kedapatan mancing tengah malam di saat PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Mancing Tengah Malam Kena Operasi PPKM Darurat, Push Up Dehh…
Ganjar Pranowo mendampingi kunjungan kerja Menteri Kesehatan RI, Panglima TNI, dan Kapolri, di Asrama Haji Donohudan, Sabtu (17/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

RS Darurat Covid-19 Donohudan Ditarget Rampung Dua Pekan
Gibran usai penandatanganan memorandum dengan Mr. Li Chong, Wakil Walikota Zhuhai, dilakukan secara virtual melalui zoom meeting, Kamis (19/8/2021). (Foto:Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Terima Bantuan 50 unit Hepa Ventilasi dari Pemerintah Kota Zhuhai