Home / Peristiwa

Kamis, 23 Juni 2022 - 19:11 WIB

Sebanyak 2.407 Jiwa Terdampak Banjir Bandang yang Terjang Leuwiliang Bogor

Beberapa potongan batang pohon beserta material lumpur yang terbawa arus mengenai beberapa rumah warga sehingga mengakibatkan kerusakan di Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022). Foto:BPBD Kabupaten Bogor

Beberapa potongan batang pohon beserta material lumpur yang terbawa arus mengenai beberapa rumah warga sehingga mengakibatkan kerusakan di Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022). Foto:BPBD Kabupaten Bogor

NYATANYA.COM, Bogor – Banjir bandang menerjang wilayah Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi yang cukup lama mengguyur wilayah tersebut dan mengakibatkan Sungai Cisarua meluap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan sebanyak 602 KK/2.407 jiwa terdampak dan tiga orang warga mengalami luka ringan setelah sempat terseret arus banjir bandang.

Sedikitnya ada 5 KK/20 jiwa yang terpaksa mengungsi ketempat kerabat dekat.

Dari laporan visual BPBD Kabupaten Bogor, beberapa potongan batang pohon beserta material lumpur yang terbawa arus mengenai beberapa rumah warga sehingga mengakibatkan kerusakan.

BPBD Kabupaten Bogor mencatat kurang lebih 600 unit rumah terdampak, 1 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat, akses jalan desa penghubung antara RT 01, 02, 03, 04 dan 06 terputus dan satu gedung pesantren Al-Insyiro terdampak.

Baca juga   Viral Arisan Bodong di Surabaya, Pelaku Bawa Kabur Uang Rp7 Miliar

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, Ph.D. menjelaskan, sebagai upaya percepatan penanganan darurat bencana banjir bandang, tim gabungan segera mengambil tindakan cepat di lapangan dan berkoordinasi dengan lintas instansi terkait.

“Upaya pendataan saat ini terkendala dengan akses jalan yang terputus. Hingga hari ini banjir sudah surut dan masyarakat mulai membersihkan material banjir dari rumah masing-masing,” terang Muhari.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor hingga Jumat (23/6/2022), sebagaimana sesuai prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini.

Baca juga   Update! Banjir Bandang Kota Batu, Tujuh Warga Meninggal Dunia

Menyikapi adanya informasi prakiraan cuaca dari BMKG di atas, maka Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam, maka diimbau agar evakuasi sementara secara mandiri ke lokasi yang lebih aman.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam paparannya saat kunjungan kerja di Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Kunjungi Klaten, Panglima TNI dan Kapolri Minta 3T Diperketat
Sri Sultan saat meresmikan Balai Budaya Panggungharjo, Bantul pada Senin 20 September 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Dibiayai Danais, Balai Budaya Panggungharjo Diresmikan Sri Sultan
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat berharap, dengan diresmikan PC Room tersebut mampu menjadi wadah bagi wartawan untuk mempererat kerjasama antar wartawan dan menjadi tempat berdiskusi yang menyenangkan untuk meningkatkann produktifitas dan kualitas berita. (Foto: Diskominfo Kab.Wonosobo)

Peristiwa

HPN 2022 di Kabupaten Wonosobo Ditandai dengan Persemian Press Conference Room
Jembatan yang rusak diterjang banjir di Desa Sendang Ayu, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada Minggu (23/1/2022). (Foto: BPBD)

Peristiwa

12 Hektare Sawah dan Satu Jembatan Rusak Diterjang Banjir di Lampung Tengah
Foto: BNI

Peristiwa

Akuisisi Bank Mayora, BNI Bagikan Deviden Rp1,63 Triliun
Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas
KGPAA Paku Alam X dan Prof. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D., Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa usai penandatanganan MoU pengembangan kebudayaan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Kadipaten Pakualaman dan UST Tandatangani Kerjasama Kembangkan Budaya DIY
Kondisi pasca abrasi pantai di Kabupaten Minahasa Selatan. Foto: BNPB

Peristiwa

Abrasi Pantai di Minahasa Selatan, Kepala BNPB: Posko Darurat Harus Terorganisir