Home / Peristiwa

Sabtu, 16 Juli 2022 - 10:20 WIB

Sebanyak 71 RT di DKI Jakarta Terendam Banjir, Akibat Hujan Deras dan Kali Meluap

Hujan deras sebabkan banjir di Jakarta. Dilaporkan sebanyak 71 RT di wilayah ini terendam banjir. Foto: Ist

Hujan deras sebabkan banjir di Jakarta. Dilaporkan sebanyak 71 RT di wilayah ini terendam banjir. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Jakarta – Sejumlah kawasan di DKI Jakarta tergenang air pascahujan deras yang menguyur sejak Jumat (16/7/2022) malam.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Muhammad Insyaf, melaporkan setidaknya ada 71 Rukun Tetangga (RT) di DKI Jakarta terendan dengan ketinggian rata-rata 40 centimeter. Data itu dihimpun pada pukul 06.00 WIB.

“Informasi genangan saat ini 71 RT atau 0,233% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta, dengan ketinggian >40 cm,” kata Insyaf, Sabtu (16/7/2022).

Insyaf merinci di Jakarta Selatan terdapat 22 RT yang tergenang. Penyebab akibat luapan air Kali Krukut dan air kali Pesanggrahan serta tingginya curah hujan.

Baca juga   BNPB Kirim TRC ke Lokasi Terdampak Gempa M6,1 di Sumbar

Sementara itu, di wilayah Jakarta Timur terdapat 41 RT yang terendam akibat luapan Kali Ciliwung.

“Kondisi genangan sedang ditangani oleh DSDA, Damkar dan PPSU Kelurahan. Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat,” tandas dia.

Sementara itu, Perumahan Bumi Pesanggrahan Indah (BPI) di Desa Cilebut Barat, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 1,2 meter pada Jumat (15/7/2022) malam.

“Kasihan yang punya bayi terjebak dalam rumah tidak bisa keluar juga karena air di jalan tinggi banget,” uap salah satu warga, Sony Prasetyo di Cilebut, Bogor, Sabtu (16/7/2022) pagi.

Baca juga   Polisi Usut Pembunuhan Perempuan di Kolong Tol Becakayu Bekasi

Menurutnya, lokasi itu mulai digenangi air saat terjadi hujan deras pukul 17.15 WIB. Tapi, kali ini curah hujan lebih tinggi dari biasanya, sehingga tak sampai setengah jam genangan air sudah masuk ke dalam rumah.

Sony menyebutkan bahwa banyak warga kebingungan untuk bertindak ketika permukaan air terus naik. Karena, saat itu belum ada penanganan dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Sekompleks terjebak, tidak bisa keluar, air di jalan sudah tinggi dan naik. Air tambah tinggi, listriknya juga pasti mati,” ungkap Sony.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

TKP seluncuran ambrol di Kenpark, Kenjeran Baru, Surabaya. (Foto: Ist/selalu.id)

Peristiwa

Update! Korban Insiden Ambrolnya Seluncur Kolam Renang Kenpark Surabaya
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima kunjungan Duta Besar Bangladesh. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Jateng, Dubes Bangladesh Dalami Kerja Sama Segala Bidang
Situs Liyangan berada di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Balai Arkeologi Luncurkan Rumah Peradaban Situs Liyangan
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Polisi Buru Pelaku Penusukan Berujung 2 Meninggal di Seturan Sleman
Kementerian Perhubungan memastikan pemerintah daerah untuk memastikan setiap angkutan umum dan barang wajib melakukan UJI KIR untuk memastikan kendaraan yang digunakan layak, aman dan selamat. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/hp)

Peristiwa

Kecelakaan Truk Kontainer di Balikpapan, Kemenhub Ingatkan Soal Uji KIR
UGM mengelola kawasan hutan dengan tujuan khusus atau KHDTK seluas 11 ribu hektar yang ada di Blora, dan sekitar 300 hektar di antaranya berada di Desa Megeri. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Blora dan UGM Rumuskan Program Mewujudkan Peternakan Terpadu
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, menyelenggarakan vaksinasi massal anak usia 6-11 tahun dan masyarakat di Kabupaten Batang. Adapun gerai vaksinasi dipusatkan di Kantor Desa Jrakah Payung Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Rabu (5/1/2022). (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Binda Jateng Buka Gerai Vaksin di Batang
Sego Tiwul, Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul, aplikasi baru yang diluncurkan BPN Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

“Sego Tiwul”, Aplikasi Layanan Pertanahan di Wonogiri