Home / News

Jumat, 4 Maret 2022 - 22:31 WIB

Sebanyak 80 WNI dari Ukraina Tiba di Tanah Air, 14 Orang Masih di Bukares karena Terpapar Covid-19

Sebanyak 80 orang warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Ukraina telah tiba di Tanah Air pada Kamis pukul 17.10 WIB melalui penerbangan dengan pesawat Garuda Indonesia, pada Kamis (3/3/2022). (Foto: ANTARA)

Sebanyak 80 orang warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Ukraina telah tiba di Tanah Air pada Kamis pukul 17.10 WIB melalui penerbangan dengan pesawat Garuda Indonesia, pada Kamis (3/3/2022). (Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Jakarta – Sebanyak 80 orang warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Ukraina telah tiba di Tanah Air pada Kamis pukul 17.10 WIB melalui penerbangan dengan pesawat Garuda Indonesia, pada Kamis (3/3/2022).

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, melalui keterangan tertulis, usai penyambutan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Kamis (3/3/2022).

Menlu Retno mengatakan terdapat 80 orang WNI dan tiga orang warga negara asing (WNA) yang merupakan anggota keluarga WNI yang berada dalam rombongan tersebut.

Mereka dijemput dari Bukares, Rumania, usai sebelumnya dievakuasi dari Ukraina mengingat situasi yang masih mencekam lantaran serangan yang dilancarkan oleh Rusia di negara tersebut.

“Tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bukares dari Bandara Soekarno-Hatta pada hari Selasa (2/3/2022) pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bukares, pada 3 Maret pukul 15.10 waktu setempat,” ujar Retno.

Baca juga   Antisipasi Dampak Negatif, KBRI Kuala Lumpur Gelar Pendataan Ulang WNI

Kemudian, pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bukares menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat, atau 5,5 jam setelah mendarat, dengan rute Bukares-Madinah-Jakarta dengan waktu tempuh selama kurang lebih 17 jam.

Adapun sebanyak 14 orang yang dievakuasi dari Ukraina belum dapat ikut dalam rombongan kepulangan dan masih harus tinggal di Bukares, di mana 12 orang diketahui positif Covid-19 dan dua orang lainnya memilih untuk tinggal guna menemani anggota keluarga yang positif Covid-19.

“Empat belas orang tersebut akan terus dipantau dan didampingi oleh KBRI di Bukares. Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial,” kata Retno.

Baca juga   Pastikan Nasib 22 WNI, KBRI Kuala Lumpur Koordinasi dengan Malaysia

Dalam kesempatan tersebut, Retno menyampaikan apresiasi tinggi terhadap Duta Besar RI di Bukares, Warsawa, Kiev, dan Moskow, dan seluruh tim yang terlibat dalam proses pemulangan tersebut.

Selain itu, Menlu Retno juga menyampaikan terima kasih kepada tim penjemput yang terdiri dari Mabes TNI, BIN, Garuda Indonesia, serta instansi lain.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pak Menteri Pertahanan, yang dalam hal ini diwakili oleh Pak Wakil Menteri Pertahanan, yang telah memberikan beberapa advis selama proses evakuasi,” kata Retno.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi BST. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

BST Cair! Cek Siapa Tahu Anda Salah Satunya yang ‘Kecipratan’ Rp300.000/bulan
Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA. (Foto: Kemendagri)

News

Kemendagri: Regulasi Turunan UU IKN Selesai Akhir Maret 2022
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru: Hijau, Tangguh, dan Sejahtera serta Master Plan Pengembangan Kawasan Pariwisata Ulapan di Denpasar, Bali, Jumat (3/12/2021). Peta jalan tersebut disusun berdasarkan Visi Indonesia 2045 dan kearifan lokal Bali yang menjabarkan strategi dan rencana aksi pemulihan ekonomi jangka pendek dan strategi Transformasi Ekonomi Bali dalam jangka menengah-panjang serta mengakomodasi perubahan kehidupan pasca Covid-19 untuk menata kembali perekonomian Bali dengan prinsip memanfaatkan sumber daya lokal baik alam, manusia, maupun budaya secara berkelanjutan. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom)

News

Indonesia Masuk Lima Negara yang Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19
Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau kebutuhan ahan pokok di Pasar Sederhana Bandung. (Foto: Kemendag)

News

Mendag: Stok Pangan Banyak dan Harga Stabil, Iduladha Insya Allah Lancar
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Hari Ini Sejumlah Wilayah di Jateng Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

PPKM Level 4 di Yogya, Turunkan Kasus Covid-19
Saksi korban Rachel berikan keterangan dalam persidangan. (Foto: Istimewa)

News

Sidang Kasus Pidana Pasal 167, Keterangan Saksi BPN Menguatkan Dakwaan JPU
Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: Istimewa)

News

Ketua DPR RI : “Kerja Legislasi DPR Tak Semata Kuantitas Tapi Soal Kualitas…”