Home / Peristiwa

Jumat, 27 Agustus 2021 - 17:33 WIB

“Sego Tiwul”, Aplikasi Layanan Pertanahan di Wonogiri

Sego Tiwul, Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul, aplikasi baru yang diluncurkan BPN Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Sego Tiwul, Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul, aplikasi baru yang diluncurkan BPN Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

NYATANYA.COM, Wonogiri – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Wonogiri meluncurkan aplikasi loket online bernama “Sego Tiwul”, yakni Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul.

Aplikasi yang akan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan pelayanan dokumen pertanahan dari rumah itu diluncurkan secara resmi, Jumat (27/8/2021).

Ditemui di kantornya usai acara peluncuran aplikasi tersebut, Kepala BPN Wonogiri, Heru Muljanto mengatakan, dengan memanfaatkan aplikasi Sego tiwul, masyarakat tidak perlu bolak-balik mengurus kelengkapan dokumen ke kantor BPN Wonogiri.

“Aplikasi yang kami launching hari ini akan mempermudah pelayanan pertanahan di Kabupaten Wonogiri. Mengingat Wonogiri ini sangat luas, terdiri dari 25 kecamatan, dan jarak dari perbatasan cukup jauh dengan kota, serta pandemi yang membuat mobilitas kita dan juga pelayanan tatap muka yang terbatas, kami melakukan inovasi dengan meluncurkan loket online,” ujarnya.

Baca juga   1.126 UKM Yogya Terima Bantuan Produktif Usaha Mikro

Ditambahkan, aplikasi yang dapat diunduh di playstore berbasis android ini memungkinkan masyarakat melakukan pendaftaran loket secara online, mengunggah, merevisi, dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan secara online.

“Dokumen yang diunggah akan tersimpan di server kami. Ada operator kami yang akan memeriksa kelengkapannya, dan kalau sudah lengkap, pemohon tinggal melakukan tindak lanjut dan menyerahkan dokumen fisik ke kantor. Kalau ada kekurangan dokumen tidak perlu bolak balik. Kasihan masyarakat yang ada di pelosok Wonogiri,” imbuh Heru.

Baca juga   Penanganan Rob dan Banjir Pesisir Jateng Sudah “On The Track”

Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno mengapresiasi inovasi yang dilakukan BPN Wonogiri tersebut. Ia mengatakan, aplikasi itu merupakan langkah maju BPN Wonogiri, yang mampu memperlancar kegiatan pelayanan di bidang pertanahan, sesuai tugas pokok dan fungsi yang harus dilaksanakan.

Ia berharap aplikasi “Sego Tiwul” dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, dan mampu meningkatkan kinerja BPN Wonogiri. (*)

Share :

Baca Juga

Wali Kota Salatiga Yuliyanto menyaksikan penandatangan berkas kelengkapan pencairan Hibah Bidang Keagamaan. (Foto: Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Cairkan Dana Hibah Keagamaan Rp439 Juta
Warga Pekalongan terdampak Covid-19 mulai peroleh bantuan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ratusan Paket Bantuan untuk Warga Pekalongan Disalurkan
Ganjar Pranowo bersepeda keliling kampung di Semarang, ingatkan panitia kurban taat prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Usai Salat Idul Adha, Ganjar Keliling Ingatkan Panitia Kurban Taat Prokes
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming melihat langsung pelaksanaan vaksinasi yang difasilitasi Halodoc dam Gojek. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Vaksinasi Halodoc Targetkan 10.000 Selama 10 Hari
Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ketika berdialog dengan salah satu pedagang di PASTY. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pastikan Geliat Ekonomi Pedagang, Haryadi Sambangi PASTY
Logo Pemerintah Kabupaten Sleman. (nyatanya.com)

Peristiwa

PPKM Darurat Dinilai Berhasil Tekan Mobilitas Warga
Desa Gemblegan, Kalikotes Klaten dipilih secara seremonial dilaksanakan program Dashat disaksikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo secara virtual. (Foto:Diskominfo Klaten)

Peristiwa

10 Kampung KB di Klaten Jadi Pioner Program ‘Dashat 2021’
Donasi KORPRI Sleman untuk korban bencana alam NTT. Foto: nyatanya.com/Humas Sleman

News

Donasikan Rp 60 Juta, Korpri Sleman Bantu Korban Bencana Alam NTT