Home / News

Senin, 7 Maret 2022 - 12:51 WIB

Sejak Awal Maret 2022, Kasus Covid-19 Konsisten Alami Penurunan

Ilustrasi: nyatanya.com

Ilustrasi: nyatanya.com

NYATANYA.COM, Jakarta – Sejak Selasa (1/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022), kasus aktif Covid-19 di Indonesia konsisten menunjukkan tren penurunan dan kini angkanya sudah di bawah 500.000 kasus per hari.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan pada Selasa (1/3/2022) kasus aktif menyentuh angka 568.276, dan pada Minggu (6/3/2022) berada di 475.951, diikuti oleh angka kesembuhan yang juga konsisten meningkat.

Jumlah pasien yang sembuh per hari ini mencapai 49.080 orang, naik dibandingkan Sabtu (5/3/2022) yang ada di posisi 46.669. Kasus konfirmasi pada Minggu (6/3/2022) juga turun ke 24.867, lebih rendah dari Sabtu (5/3/2022) sempat di level 30.156.

Nadia mengatakan pada Minggu pertama di Maret 2022, ketahanan kesehatan nasional di tengah pandemi secara konsisten menunjukkan tren perbaikan. Ia pun berharap Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19.

Baca juga   KPK Tangkap Buron Korupsi Izil Azhar, Mantan Panglima GAM yang Terkait Kasus Gratifikasi Proyek Bareng Gubernur Aceh 2007-2012

“Itu didorong oleh kasus aktif yang mulai turun sejak awal Maret dan angka kesembuhan yang terus naik setiap harinya. Mudah-mudahan tren itu dapat terus kita jaga sehingga kita dapat melewati pandemi ini bersama-sama,” kata Nadia Minggu (6/3/2022).

Selain itu, angka perawatan pasien di rumah sakit (RS) juga masih terus terkendali. Keterisian tempat tidur isolasi dan intensif untuk perawatan Covid-19 hari ini mencapai 29 persen dari total kapasitas nasional, turun dari posisi 31 persen per Sabtu (5/3/2022).

Begitu pula dengan aktivitas testing spesimen yang diupayakan tetap di level 400.150 pada Sabtu (5/3/2022). Angka tersebut naik dari jumlah testing sebelumnya yang sempat di level 341.631 pada Jumat (4/3/2022).

Baca juga   Polda Aceh Sita Uang Fee Pengadaan Wastafel dari Dana Refocusing Covid-19

Nadia mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen mempertahankan fasilitas pelayanan kesehatan nasional dan mempersempit ruang penyebaran virus melalui testing, tracing, dan treatment demi mengontrol pandemi.

“Kolaborasi masyarakat diharapkan bisa terwujud melalui kesediaannya untuk dilakukan testing, tracing, memperketat protokol kesehatan, dan mempertahankan diri lewat vaksinasi lengkap maupun booster,” kata Nadia.

Pemerintah juga telah diperluas cakupan vaksinasi dan menprcepat penyelenggarannya melalui beberapa skenario kebijakan terbaru. Vaksinasi lengkap dan booster mampu mengurangi dampak bergejal berat hingga risiko meninggal akibat Covid-19.

“Lanjut usia (lansia), orang dengan komorbid, hingga anak-anak menjadi yang paling rentan dan paling perlu pertahanan dari Covid-19 dengan melengkapi vaksinasinya dan melakukan vaksinasi booster,” kata Nadia.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek situasi dan kesiapan di beberapa rest area ruas tol Solo-Semarang untuk arus mudik-balik lebaran. (Foto: Humas Jateng)

News

Pantau Rest Area, Ganjar Ingatkan Pedagang Tertib Prokes dan Jaga Kualitas
Ganjar langsung meminta agar panitia segera mengakhiri kegiatan tersebut. Sebab, banyak panitia, peserta, maupun orang tua yang mengikuti atau menyaksikan acara itu, tidak mengenakan masker. (Foto:Humas Jateng)

News

Ganjar Mencak-mencak, Nekat Gelar ‘Pit-pitan Bareng’ Tak Patuh Prokes
Kapolda DIY Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si secara resmi mengukuhkan peningkatan tipe Polres Sleman menjadi Polresta Sleman, Rabu (28/9/2022). Foto: @polresleman

News

Polres Sleman Naik Status Jadi Polresta Sleman, Bakal Dipimpin Perwira Berpangkat Kombes
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara daring menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai provinsi yang Tepat Waktu dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Untuk Kedua Kalinya, DIY Terima Penghargaan Tepat Waktu TLHP
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: Kemlu RI)

News

Menlu Retno: Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Jamaah Asal Indonesia
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Covid-19 Harian Bertambah 2.576, Sembuh Bertambah 1.973 Orang
Sebanyak 51 pengemudi bus mengikuti pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinkes Kota Yogyakarta di Terminal Giwangan, Jumat (23/12/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Puluhan Pengemudi Bus Angkutan Nataru di Terminal Giwangan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan
Populi Center mencatat hanya enam parpol yang elektabilitasnya diatas 4 persen. PDIP menjadi parpol yang memiliki elektabilitas tertinggi sedangkan tiga parpol penghuni Senayan saat ini memiliki elektabilitas kurang dari empat persen. (Foto:Ist)

News

Survei Populi Center: Elektabilitas PDIP Tertinggi, 3 Parpol Kurang dari 4 Persen