Home / Olga

Sabtu, 4 September 2021 - 21:03 WIB

Sejarah! Leani Ratri/Khalimatus Raih Medali Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Pasangan ganda putri, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah mencatat sejarah di pesta Paralimpiade dengan medali emas pertama untuk Indonesia melalui cabang para bulutangkis. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Pasangan ganda putri, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah mencatat sejarah di pesta Paralimpiade dengan medali emas pertama untuk Indonesia melalui cabang para bulutangkis. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

NYATANYA.COM, Tokyo – Sejarah baru bagi Indonesia tercipta di pentas Paralimpiade. Untuk pertama kalinya selama mengikuti pesta olahraga kelas dunia disabilitas Indonesia akhirnya meraih medali emas.

Raihan medali emas perdana kontingen Merah-Putih akhirnya disumbangkan oleh ganda putri SL3-SU5 melalui cabang olahraga para bulutangkis di Paralimpiade Tokyo 2020 melalui ganda putri, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Yoyogi National Stadium, Sabtu (4/9/2021), Ratri/Khalimatus menang atas pasangan Tiongkok, Cheng Hefang/Ma Huihui dua gim langsung 21-18, 21-12.

Kemenangan ini memastikan Ratri/Khalimatus meraih medali emas pertama bagi Indonesia. Sumbangan emas Ratri/Khalimatus disambut gembira oleh Chef de Mission kontingen Indonesia, Andi Herman.

Baca juga   Capaska 2021 Jalani Latihan Gabungan Bersama Paspampres

“Luar biasa, luar biasa dan luar biasa. Itulah hasil maksimal yang diraih pemain Indonesia karena berhasil meraih medali emas pertama bagi kontingen Indonesia,” ucap Andi Herman.

Ungkapan kegembiraan dan rasa syukur juga terucap dari mulut Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun.

“Luar biasa. Sejak kita pertama kali datang ke Tokyo, medali emas inilah yang kita harapkan. Akhirnya kita pecah telor dengan berhasil meraih emas,” kata Senny Marbun.

“Terima kasih kepada Tuhan dan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Indonesia atas raihan medali emas ini. Semoga besok atas ijin Tuhan, kita akan meraih medali emas lagi,” tambah Senny.

Baca juga   Pasangan Hary Susanto/Leani Ratri Persembahkan Emas Kedua Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Sebelum medali emas yang diraih Ratri/Khalimatus, Indonesia telah menambah satu medali perak juga dari para bulutangkis tunggal putra SU5 melalui Dheva Anrimusti dan perunggu dari Suryo Nugroho.

Kesempatan Indonesia untuk menambah medali emas masih terbuka lebar. Masih ada dua wakil Indonesia yang akan tampil di dua nomor final.

Ratri akan tampil di final tunggal putri SL4 melawan pemain Tiongkok, Cheng Hefang pada pukul 07.00 WIB. Ratri kemudian akan kembali tampil di final ganda campuran SL3-SU5 berpasangan dangan Hary Susanto untuk melawan pasangan Prancis, Mazur Lucas/ Noel Faustine pada pukul 10.15 WIB besok. (*)

Share :

Baca Juga

Hary Susanto/Leani Ratri Oktila berhasil meraih medali emas usai mengalahkan pasangan Perancis Lucaz Mazur/Faustine Noel. (Foto: dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Pasangan Hary Susanto/Leani Ratri Persembahkan Emas Kedua Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020
Ganjar Pranowo saat menyapa atlet di Pelatda Jateng untuk PON XX/2021 Papua, di kompleks GOR Jatidiri Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Gowes ke Jatidiri, Ganjar Semangati Atlet Pelatda PON Jateng
Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2021 yang berasal dari 34 provinsi, menjalani latihan gabungan pertama bersama Paspampres. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Capaska 2021 Jalani Latihan Gabungan Bersama Paspampres
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 rencanannya akan bergulir kembali 20 Agutus mendatang. (Foto:dokumentasi kemenpora.go.id)

Olga

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Digelar 20 Agustus 2021
Kowad Korem Pamungkas dan Ajenrem gelar voli persahabatan. (Foto: nyatanya.com/ahmad zain)

Olga

Voli Persahabatan, Kowad Korem Ditundukkan Ajenrem 3-2
Gregoria Mariska Tunjung berhasil melaju ke babak berikutnya sebagai juara grup M . (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Juara Grup M, Gregoria Tantang Ratchanok Intanon di 16 Besar
Leani Ratri Oktila menjadi penerima bonus paling besar dari pemerintah Indonesia. (Foto: Dokumentasi NPC Indonesia)

Olga

Bonus Rp13,5 Miliar dari Pemerintah untuk Leani Ratri Oktila
David Jacobs sukses mempersembahkan medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok npcindonesia/kemenpora)

Olga

Giliran David Jacobs Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia