Home / News

Jumat, 29 April 2022 - 13:01 WIB

Selain Mudik, Ganjar Siapkan Angkutan Balik Gratis bagi Warga Jateng

Ganjar Pranowo saat melepas 320 pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen Jakarta, Jumat (29/4/2022). Foto: Humas Jateng

Ganjar Pranowo saat melepas 320 pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen Jakarta, Jumat (29/4/2022). Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan akan ada program balik gratis bagi warganya yang bekerja di Jabodetabek.

“Untuk arus balik nanti, kami sudah menyiapkan angkutan gratis. Rencana sama, ada pakai kereta api dan bus,” kata Ganjar, saat melepas 320 pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Ditambahkan, sebanyak 145 bus dan empat gerbong kereta api disiapkan untuk program balik gratis. Terkait jadwal keberangkatan, pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

“Mudah-mudahan masyarakat yang akan balik lagi ke Jabodetabek, bisa memanfaatkan program ini,” ucap gubernur.

Ganjar Pranowo saat melepas 320 pemudik menggunakan kereta api di Stasiun Senen Jakarta, Jumat (29/4/2022). Foto: Humas Jateng

Penyediaan angkutan balik gratis ini, lanjut Ganjar, tak terlepas dari antusiasme masyarakat mengikuti program mudik gratis. Saat melepas 5.748 pemudik via bus di Taman Mini Indonesia Indah Kamis (28/4/2022), dia melihat masyarakat sangat bersemangat.

Baca juga   Dokter di Semarang Ini Pastikan Hepatitis Akut Tak Berhubungan dengan Vaksin Covid-19

“Sampai-sampai tadi malam saya ditelpon, pak ini ada yang masih tertinggal. Padahal kita sudah memberangkatkan 126 bus. Akhirnya malam-malam saya carikan lagi tambahan tiga bus untuk memfasilitasi saudara-saudara kita mudik lebaran,” katanya.

Sementara itu, kabar adanya angkutan balik gratis ini disambut antusias masyarakat. Mereka sangat bersyukur mendapat fasilitas mudik dan balik gratis dari Ganjar.

“Alhamdulillah, seneng banget kalau nanti baliknya gratis lagi. Ini sangat membantu sekali buat kami wong cilik yang ingin berlebaran di kampung. Ya nanti pasti ikut, kan lumayan,” kata Abdul Wahid (54), buruh serabutan asal Demak.

Hal yang sama disampaikan Aldi Bagus (30), pemudik asal Brebes. Ia mengatakan lega dengan adanya program angkutan balik gratis untuk kembali ke Jakarta.

Baca juga   Cegah Kerugian Peternak, Pemerintah Minta BUMN Jaga Stabilitas Harga Telur Ayam

“Kalau ada angkutan balik gratis, ya sangat bersyukur. Ini membantu sekali buat kami. Bayangkan saja kalau ongkos sendiri habis berapa ini, satu orang saja bisa Rp300.000. Kalau sekeluarga sudah berapa,” katanya.

Aldi mengapresiasi Ganjar yang tak hanya menyediakan mudik gratis menggunakan bus, tapi juga kereta api. Ia yang mudik bersama istri yang sedang hamil tua, memang lebih nyaman naik moda transportasi kereta api.

“Lebih aman dan nyaman pakai kereta api, karena istri sedang hamil tua. Nanti kalau ada angkutan balik gratis lagi, ya kami akan naik kereta api juga,” ucapnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Pemotor yang menggunakan knalpot brong terjaring razia Tim URC Presisi Polresta Yogyakarta. (Foto: Humas Polresta Yogya)

News

Kedapatan Pakai Knalpot Brong, Tujuh Pemotor Terjaring Razia
Mendagri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Mendagri Terbitkan Dua Instruksi Perpanjangan PPKM
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada Senin (28/3/2022) pukul 15.09 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter ke Arah Barat Daya
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Biro Humas DPD RI

News

Ketua DPD Minta Polisi Tangkap Bos Judi Besar, Bukan Kejar Operator Lapangan
Ganjar Pranowo memantau pencairan BLT minyak goreng di Kabupaten Boyolali, Jumat (15/4/2022). Foto: Humas Jateng

News

Pantau Pencairan BLT Minyak Goreng, Ganjar Pastikan Masyarakat Paham Penggunaannya
Bupati Kendal Dico M Ganinduto memantau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Utama Kebondalem. (Foto:Diskominfo Kendal)

News

Baru 50 Persen, Kendal Kejar Target Vaksinasi 800 Ribu Orang
Foto: Istimewa

News

Dukung Brigjen Asep, para Pegawai Protes Minta Pimpinan KPK Mundur
Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (9/9/2022). Foto: Istimewa

News

Dunia Berduka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun